Indo Blog Net

blog

Tipe Artikel Blog yang Bisa Membawa Banyak Traffic Menurut QuickSprout

Beberapa Tipe Artikel Blog yang Bisa Membawa Traffic Banyak Menurut QuickSprout

Ini dia 5 jenis atau tipe artikel blog yang bisa banyak mendatangkan traffic dari search engine. Sudah adakah kelima tipe artikel tersebut di blog?

Bagikan Jika Bermanfaat

Siapa yang mau traffic di blognya membanjir? Ah, bloger mana pun pasti mau deh kalau blognya banyak dikunjungi. Masalahnya, apa yang bisa kita lakukan agar kunjungan ke blog naik? Jawabannya, banyak. Banyak cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan traffic, salah satunya adalah memilih tipe artikel blog yang paling banyak dicari oleh orang.

Nah, Babang Neil Patel pernah bilang begini.

“Blogging about the same thing over and over again is boring. Thatโ€™s why you need to learn how to write different posts to keep your readers interested and engaged.”

Terus, lagi-lagi menurut beliau nih, ada beberapa tipe artikel blog yang dipercayai digemari oleh netizen alias para pencari informasi dari search engine. Dengan menyediakan artikel-artikel yang paling dicari dan digemari oleh para pencari informasi, maka logikanya hal ini bisa membantu jumlah kunjung ke blog juga naik.

Simpel kan ya, logikanya? Iyeslah.

Jadi, mari kita lihat beberapa tipe artikel blog yang paling banyak dicari dan digemari oleh para pencari informasi, menurut data QuickSprout–sebuah situs milik Neil Patel untuk konsultasi seputar pertumbuhan dan performa website.

Beberapa tipe artikel blog yang paling banyak dicari dan digemari oleh netizen

Fakta Perilaku Pembaca Artikel Online dan Bagaimana Menyiasatinya dengan Konten yang Berkualitas

1. Howto atau panduan

Ya, menurut QuickSprout, tipe artikel howto adalah tipe artikel yang paling banyak dicari di search engine setiap harinya. Saat seseorang bingung melakukan sesuatu, maka secara otomatis, ia akan ke search engine dan kemudian mengetikkan frasa, “Bagaimana cara ….”

Jika kita ingin traffic artikel tinggi, ya pastinya kita harus menempatkan artikel tersebut di jajaran tertinggi hasil pencarian. Untuk mencapai jajaran tertinggi, maka artikel kita pun harus helpful. Jadi, pastikan kontennya detail dan jelas, nggak mbulet, mudah dipahami.

2. Video blogs

Sudah tahu kan, kalau kecenderungan pembaca artikel online itu adalah skimming, atau fast reading? Yes, itu dia tuh. Kadang menjadi penyebab mengapa artikel kita nggak banyak yang baca.

Zaman sekarang, ngeblog sudah nggak berarti menulis lagi. Zamannya sudah mulai beralih ke video. Jadi, tak hanya mereka yang bisa menulis yang bisa ngeblog sekarang ini. Jika teman-teman punya kepercayaan diri yang tinggi untuk tampil di depan kamera, maka video blogging adalah cara yang paling baik.

Ditambah lagi dengan kecenderungan orang untuk semakin malas membaca, video blogging lantas bisa menjadi solusi yang tepat.

Ada data yang juga membuktikan, bahwa video blog cenderung meningkatkan traffic sebanyak 157%, dan membuat orang tinggal lebih lama di blog sekitar 105%.

So, pengin menurunkan Bounce Rate? Masukkan video ke dalam blog teman-teman.

3. Listicle

Apa itu listicle? Yaitu artikel yang berformat list atau daftar. Artikel yang sedang teman-teman baca ini termasuk tipe artikel listicle.

Format listicle memudahkan pembaca untuk skimming, dan ini memang risiko terberatnya. Namun, bisa jadi kekuatan, kalau kita bisa memasak tipe artikel ini dengan benar.

Saya sendiri paling suka membuat listicle, dengan alasan di antaranya:

  • Lebih mudah dibuat
  • Lebih cepat ditulis
  • Sumber idenya banyak

4. Review produk

Setiap orang yang akan membeli sesuatu cenderung akan mencari informasi dulu mengenai produk yang diincarnya. Dan, di mana lagi mereka bisa menemukan informasinya kalau enggak di blog kita?

Review produk nggak selalu berarti sponsored posts. Review buku, review film, adalah beberapa jenis review yang juga banyak dicari, tapi belum tentu merupakan sponsored posts.

Banyak juga bloger tekno yang memang mengkhususkan diri untuk menulis review gadget, dan tidak bersponsor.

Jadi, teman-teman pengin menaikkan traffic artikel blog? Cobalah untuk menulis review produk–yang tentunya disesuaikan dengan niche blog masing-masing–meski tanpa bayaran. Anggaplah traffic yang meningkat sebagai “bayaran”-nya.

5. Artikel kontroversi

Di internet banyak sekali kontroversi terjadi. Namanya kontroversi, means kontra dan versi. Yaitu versi-versi akan sesuatu yang saling kontra atau bertabrakan.

Menulis artikel kontroversi itu semacam “menakutkan” ya kan? Ada tuh teman yang bilang, nggak berani angkat isu kontroversial untuk ditulis, karena takut kenapa-napa nantinya.

Padahal, sebenarnya sih kita bisa kok menulis artikel kontroversi ini namun tetap smooth dan nggak ofensif. Salah satu caranya adalah menghindari keberpihakan. Kita angkat saja isunya, tapi nada tulisan kita tetap netral. Justru, bangunlah engagement dan diskusi panjang untuk membahas isu kontroversial ini di komen.

Kalau bisa begini, kan malah bagus. Traffic kita dapat, engagement pun naik.

Nah, itu dia 5 jenis atau tipe artikel blog yang bisa banyak mendatangkan traffic dari search engine. Jadi, apakah sudah ada kelima tipe artikel tersebut di blog teman-teman?

Kalau belum, yuk, ditambah!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Headline styles for your blog post ๐Ÿ‘“๐Ÿ‘“
.
Headlines are important, right? ๐Ÿ˜œ They're the first impression people get of your blog. And they can be the difference between someone clicking through to your post or not! Hehe.. ๐Ÿ™ˆ
.
Try some of these headline styles out for your blog post:
.
๐Ÿ’ฆ NUMBERED headlines - preview how much content is in the blog post: '13 ways to improve your writing'
.
๐Ÿ’ฆ GUIDE headlines - suggest a beginning to end process is contained in the blog post: 'The ultimate guide to becoming a better writer'
.
๐Ÿ’ฆ HOW TO headlines - tell the reader you can solve a problem: 'How to write great headlines'
.
๐Ÿ’ฆ COMPARISON headlines - help readerโ€™s make decisions: 'Why I use a professional instead of editing my own copy (and why my readerโ€™s love it)'
.
๐Ÿ’ฆ URGENCY headlines - compel the reader to get the information or miss out: 'Stop making these writing mistakes or you could lose your loyal readers'
.
๐Ÿ’ฆ CURIOSITY headlines - trigger FOMO (fear of missing out) with readers: 'The secret tricks I use to write a blog article every day'
.
Credit: digitaldecluttered.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright ยฉ 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top