Indo Blog Net

Parenting

Tips Menulis Cerita Anak yang Sebaiknya Kamu Pelajari

Anak-anak senang sekali dibacakan dongeng. Selain mereka mendapatkan cerita yang seru juga membuat anak mampu berimajinasi sendiri mengenai bayangan kisah-kisah yang mereka dengar dalam dongeng. Selain itu membacakan dongeng atau buku cerita menambah kosakata anak-anak.  Manfaat yang tak kalah penting yaitu kedekatan antara orangtua dan anak-anak. Nah, mau tahu cara kreatif bikin cerita untuk anak-anak?

Hari ini saya mau berbagi tips bagaimana proses kreatif menulis cerita Anak. Sebelumnya saya pernah menulis cerpen Gugu dan Salam Persahabatan yang terpilih menjadi pemenang lomba cerpen anak. Kemudian saya menulis buku “Panglima Tangguh” Kisah peperangan heroik Rosulullah SAW diterbitkan  tahun 2015 lalu.

Sekarang yang terbaru dan sudah beredar di toko-toko buku pada bulan april 2016 yaitu buku anak yang berjudul buku “Keren!! Cerita Seru dan Fakta Unik Tentang Burung” penerbit Visi Mandiri.

Cerita anak Rumah kuman juga adalah salah satu cerita anak yang saya tulis disebuah portal ebook untuk anak-anak. Tips dari saya untuk menulis cerita anak, ini juga dapat dari briefing ketika ada pesanan menulis buku paket anak. Menulis buku anak bisa dengan dua genre yaitu fiksi dan nonfiksi. Dimana keduanya memiliki syarat yang sudah pasti mengikuti dunia anak-anak.

Tips Menulis Cerita  Anak

  • Kalimat pendek, sekitar 6-10 kata.
  • Bahasa yang digunakan mudah dimengerti, bahasa anak-anak.
  • Ada unsur mengajarkan kebaikan, mendidik lewat cerita
  • Jika menulis buku pelajaran sumber buku harus jelas.
  • Ketika menulis buku fiksi maka diksi yang dipilih adalah yang mudah dimengerti anak-anak.

Menulis cerita untuk anak bisa dikatakan memiliki tantangan tersendiri. Agar bisa menuliskan dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami anak adalah dengan banyak belajar dari dunia anak, membaca buku anak, serta menempatkan kembali masa-masa menjadi anak sehingga dalam menulis akan menjadi mudah. Tentunya penulis juga menyukai dunia anak-anak

5

Nah, tidak ada salahnya orangtua menyajikan cerita anak yang seru untuk buah hati tercinta. Karena orangtua sudah memahami apa yang disukai anak-anak. Jika anak menyukai kisah-kisah fauna seperti burung,dinosaurus, selain disisipkan ilmu pengetahuan juga bisa disisipkan pengembangan akhlak yang baik untuk anak. Anak-anak pasti sangat senang jika bisa berbagi cerita bersama kedua orangtuanya. 

ernawati lilys

Ibu dua anak, penulis buku, Blogger dan mompreneur

Latest posts by ernawati lilys (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yukk ikutan guys.. langsung  jawab di komen di akun @pasaridea  ya..) Reposted from @pasaridea -  Pasar Idea will be around soon!! Dan kita akan bagi-bagi 5 tiket gratis dan voucher sodexo senilai 200ribu untuk 3 orang beruntung dengan jawaban benar.  Caranya gampang banget!.
.
.
1.Follow Instagram @pasaridea
2.Ikuti game di postingan ini, dan tag 4 orang teman kamu untuk ikutan juga 
3.Pastikan akunmu tidak di-private 
4.Sertakan hashtag #tebakkatapasaridea dan #SobatPasarIdea
5.Pemenang akan di pilih secara acak
6.keputusan panitia adalah mutlak 
7. Pemenang akan diumumkan pada 23 Jul 2019.
.
Yuk ikutan dan jadi yang pertama untuk datang ke Pasar Idea di JCC Senayan!
#infokuis #kuisberhadiah #bursakuis - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top