Indo Blog Net

Kuliner

Thai Tea: Minuman Hits yang Disukai Banyak Orang

Sekarang banyak variasi teh yang bermunculan di resto, kafe, warung atau di penjual kaki lima. Dulu yang aku tahu yang minum teh itu yang teh biasa seperti teh tubruk atau teh celup. Awal mengenal thai tea juga karena diajak anak-anak. Sekali nyoba langsung suka.

Memang sih thai tea ini bisa diterima banyak lidah orang kita sehingga banyak sekali yang suka. Makanya banyak peluang berbisnis thai tea.

Tinggal divariasikan agar tak sama dengan yang lain. Rasa thai tea yang dijual di tempat berbeda juga bisa lain. Ada yang tehnya terasa, ada yang malah susunya lebih terasa dibanding tehnya.

Menurut anakku sih yang betul adalah teh yang lebih terasa dibanding susunya.

Sekilas Tentang Thai Tea

Thai tea ini memang berasal dari Thailand dan sudah ada sejak tahun 1980-an. Pedagang Cina mengirim teh ke Thailand berupa teh hitam yang dikenal dengan Cha Yen tea sebagai bahan bakunya.

Hanya karena harganya yang mahal, makanya cha yen diganti dengan teh ceylon yang sama-sama teh hitam tapi lebih pekat yang berasal dari Srilangka. Thai tea itu aromanya harus kuat  dan rasa teh hitamnya juga kuat.

Baca juga: Mengenal Boba yang Sedang Tren

Thai tea punya kandungan gizi yang bagus sehingga punya banyak manfaat buat tubuh. Seperti karbohidrat yang berasal dari gula dan susu kental manis. Ada isofalvon yang berasal dari teh hitamnya.

Manfaat Thai Tea

Kandungan protein dan kaslium berasal dari susu yang digunakan.Dan yang terakhir terdapat lemak yang berasal dari susu.Dan kalau dilihat dari komposisi thai tea ini juga punya manfaat bagi tubuh seperti

  1. Mencegah penyakit kronis. Kandungan teh hitam ada polifenol yang terdiri dari katekin, theaflavin, epikatekin, kaempferol, myricetin, dan thearubigins.
  2. Meningkatakn kesehatan jantung dan arteri. Antioksidan pada teh hitam dan adas membantu kinerja pembuluh darah yang mengalir ke jantung.
  3. Meningkatkan stamina. Ini karena ada kafein sebagai stimulan.
  4. Menurunkan berat badan. Hal ini karena bisa meningktakan metabolisme tubuh dengan baik
  5. Mencegah pertumbuhan bakteri. Karena ada senyawa tanin dan fenolik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Dari atas jelas terlihat banyak manfaat dari minum thai tea tapi hati-hati, bukan berarti bisa minum thai tea sepuasnya.

Hal ini karena thai tea yang dijual banyak kandungan gula dan lemaknya yang bila terlalu banyak akan berbahaya bagi tubuh. Jadi konsumsi thai tea itu ini juga harus diperhitungkan. Pilih thai tea yang tak pakai gula terlalu banyak.

Baca juga: Menikmati Kesegaran Es Doger Asli Cirebon, Yuk Cobain!

Cara Membuat Thai Tea Sendiri di Rumah

Daripada takut kalau thai tea yang dijual banyak mengandung gula bisa loh kita membuatnya sendiri. Ini resep sederhana membuat thai tea.

Bahan yang dibutuhkan

  1. Thai tea bubuk
  2. Susu kental mnais
  3. Susu evaporasi
  4. Cincau hitam

Cara membuatnya

  1. 1 sendok makan thai tea bubuk dengan 200 ml air panas. Saring setelah didiamkan beberapa lama.
  2. Ambil gelas saji. Masukan 2 sendok makan susu kental manis dan 250 ml susu yang sudah dipanaskan
  3. Lalu tuangkan sebanyak 150 ml air teh pekat dan aduk rata. Siap untuk dinikmati bisa ditambah dengan cincau hitamnya. Kalau mau dingin bisa tambahkan es batu

Begitulah Thai tea yang semua kalangan bisa menikmati kelezatannya. Rasanya cocok di lidah orang Indonesia. Siapa yang tak suka thai tea ini? Tentunya semua suka dan bisa menikmtainya. Bisa di kafe, restoran, warung makan bahkan di kaki lima.

Sumber gambar : https://www.aimeemars.com

Latest posts by Hastira (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top