Indo Blog Net

Kuliner

Thai Bread, Roti Kekinian yang Disukai Banyak Orang

roti thailand

Hari-hari ini di beranda facebook wara-wiri gambar roti yang sedang banyak digemari kaum milenial. Mulai dari korean garlic bread, thai bread dan roti bantal khas Jepang. Semuanya terpampang cantik di beranda facebook dan instagram. Dan itu yang membuat aku penasaran.

Kaum jadul seperti diriku , sudah terbiasa dengan roti yang biasa dijual di toko-toko roti. Dan menurutku memang enak . Mungkin enak di jamannya. Kali ini aku mau bahas Thai Bread yang juga sedang digemari. Penampilannya cukup untuk membuat kita tertarik untuk mencobanya.

Sekilas Tentang Thai Bread

Terutama di kota Jakarta, kuliner Thailand sudah mulai banyak digemari. Contohnya Thai bread atau roti Thailand. Roti ini mirip dengan roti bun, tapi roti Thailand ini bentuknya lebih kotak dan diisi berbagi rasa. Mulai terkenal sejak tahun 2017 dan hal yang bikin menarik para penikmat roti adalah isian roti yang meleleh. Ini yang merupakan daya tariknya. Makanya dikenal dengan roti meleleh.

Tadinya isian roti ini hanya berupa selai yang ditaburi dengan gula putih. Akhirnya isi selai ini dibuat lebih beragam untuk bisa dinikmati pecinta kuliner yang memiliki kesukaan yang berbeda. Ada coklat, susu, thai tea, nanas, strawbery, dan green tea.

Baca juga: Bingka: Kue Manis dan Legit Asal Suku Banjar

Aromanya juga membuat penikmat roti akan tergoda. Cara penyajiannya, roti yang sudah dipilih dengan pilhan isiannya kemudian dibakar dan diisi dengan isian yang dipilh konsumen. Lebih enak jika disajikan dalam keadaan hangat, sehingga selai yang meleleh itu terasa begitu lembut di lidah. Tekstur rotinya juga begitu lembut.

Cara Membuat Thai Bread di Rumah

Walau mau membuat sendiri roti ini membutuhkan keahlian khusus, tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Tentu ada rasa kebanggaan sendiri saat roti yang kita buat ada sentuhan tangan kita, tentu membuat kita lebih merasa bangga.

Bahan yang dibutuhkan.

  1. 250 gr tepung terigu serbaguna
  2. 50 gr gula pasir
  3. 5 gr ragi instan
  4. 1 butir telur
  5. 50 ml susu cair
  6. 60 ml air es
  7. 1 sdt vanilla
  8. 50 gr mentega / margarine
  9. Sejumput garam
  10. Olesan :
  11. 1 kuning telur
  12. 1 sdm susu kental manis
  13. Filling Susu :
  14. 150 ml susu cair
  15. 1 sachet susu kental manis
  16. 8 gr tepung maizena
  17. 10 gr mentega
  18. 20 gr gula pasir
  19. 120 ml whipped cream

Cara Membuatnya

  1. Pertama buat bahan roti : campur semua bahan kering (tepung terigu,gula pasir dan ragi instan) aduk rata. Setelah bahan kering sudah tercampur rata masukan cairan (telur, susu cair, air es dan vanilla) uleni sampai kalis. Setelah Kalis tambahkan mentega / margarine dan sejumput garam. Uleni kembali sampai dengan kalis elastis. Tutup dengan kain bersih, diamkan ± 45 menit. Sampai mengembang 2x lipat
  2. Setelah ± 45menit, kempiskan adonan uleni sebentar saja, bagi menjadi 9 adonan sama rata (bulatkan), tata di loyang yang sudah di alasi dengan kertas roti / dengan margarine tipis tipis. Tutup kembali ± 30menit
  3. Membuat Bahan Olesan : siapkan wadah, masukan kuning telur, dan susu kental manis kocok aduk rata.
  4. Setelah adonan mengembang kembali 2x lipat ± 30menit, oles permukaan roti dengan bahan olesan. (mengoleskan pelan oelan agar tidak merusak permukaan roti). Panggang di oven dengan suhu 190°C ± 10 -15menit, tergantung oven masing masing sampai permukaan berwarna agak kecokelatan. Angat dan dinginkan
  5. Membuat Filling Susu : siapkan wadah, masukan susu cair, susu kental manis dan tepung maizena aduk rata.. Masak di api kecil aduk terus (jangan ditinggal sampai mengental). Angkat, masukan vanilla dan mentega aduk rata. Tuang di wadah, tutup dengan plastik wrap dan dinginkan di kulkas
  6. Setelah filling susu dingin, siapkan wadah masukan whipped cream dan gula pasir, kocok sebentar dengan mixer (tapi jangan sampai kaku, biar fillingnya tetap creamy). Setelah itu tuang filling susu di adonan whipped cream aduk rata dengan spatula dan masukan ke piping bag
  7. Ambil 1 buah roti, buat lubang di pinggiran roti dan olesi semua sisi sisinya dengan margarine, kemudian panggang dengan teflon sampai agak kecokelatan. Lakukan yang sama pada roti yang lain
  8. Setelah semua selesai.. Semprot di bagian lubang dengan filling susu

Begitulah resep yang bisa dicoba tapi kalau ingin menikmati tanpa harus repot membuat, ya tinggal beli di tempat-tempat yang memang menjual thai bread ini.

 Sumber gambar : https://travelingyuk.com

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top