Indo Blog Net

Menulis Yuk

Gandeng KLIS, Kedutaan Besar Malaysia Selenggarakan Tes MUET di Indonesia

tes muet

Sekarang mau kuliah di Malaysia, sudah tidak repot lagi harus tes MUET di sana. Mulai tahun ini tes kompetensi bahasa Inggris atau Malaysia University English Test (MUET) sebagai prasarat melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia sudah bisa dilakukan di Indonesia.

Knowledge Link Intercultural School (KLIS) dipercaya penuh oleh Kedutaan Besar Malaysia, Education Malaysia Indonesia (EMI) dan Kementerian Pendidikan Malaysia sebagai tempat penyelenggaraan untuk pertama kalinya. Bertempat di K-Link Tower, sebanyak 70 siswa melakukan tes MUET selama 3 hari, mulai tanggal 26 hingga 29 Juni 2019.

“Suatu kebanggaan bagi kami, KLIS mendapatkan kepercayaan penyelenggaraan MUET dari Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia dan Education Malaysia Indonesia. Mereka percaya pada komitmen KLIS, kemampuan dan fasiltas KLIS yang berbasis ICT dan Project-Based Learning memberikan stimulus yang luar biasa untuk kemajuan pendidikan anak,” ungkap Presiden Direktur K-Link Indonesia, Dato Radzi Saleh kepada media (26/6).

suasana tes muet

KLIS sekolah Islam internasional yang dimiiki K-Link Indonesia meski baru pertama kalinya membuka pengajarannya tetapi dinilai mampu menjadi tuan rumah MUET. Menyusul setelah Jakarta, adalah Lombok-Nusa Tenggaa Barat yang rencananaya akan dilaksanakan pada bulan Juli.

Setara dengan TOEL dan IELTS, Tes MUET dirasakan sangat perlu dilakukan sebagai standar kompetensi utama kuliah di kuliah. “English di Malaysia mempunyai sentuhan melayu yang tidak dapat diperoleh dari TOEL dan IELTS.

Pelajar harus menguasai bahasa Inggris-Melayu Malaysia sehingga bisa beradaptasi dengan baik ketika menempuh ilmu,”ujar MPM Deputy CEO En Adnan bin Husin.

Ada empat komponen MUET yaitu  listening 15 persen, speaking 15 persen, reading 40 persen dan writing 30 persen. Menurut Adnan, MUET juga sudah diakui di sejumlah universitas di Amerika, Inggris dan beberapa negara Eropa,” jelasnya.

Salah satu keunggulan lain MUET adalah dari segi biaya yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan sertifikasi kompetensi bahasa lain. Biayanya sekitar RM 600 atau Rp 2 jutaan. Selain itu, MUET bisa digunakan dalam jangka waktu sampai 5 tahun.

Tes MUET di Indonesia

Alasan dibawanya MUET ke Indonesia, menurut Duta Besar Malaysia Zainal Abidin, karena tiap tahun animo pelajar Indonesia untuk belajar di negerinya terus meningkat. Tahun ini saja, Zainal menyebut, setidaknya ada 11 ribu pelajar Indonesia belajar di Malaysia yang tersebar di sejumlah universitas kenamaan, diantaranya Universiti Malaya (UM) yang menduduki peringkat 70 dunia, Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Malaysia, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Teknologi Petronas (Petronas),  Taylor’s University, Management and Science University dan Universiti Utara Malaysia (UUM).

Biaya studi yang terjangkau dibandingkan di Amerika, Inggris atau negara Eropa lainnya, memang menjadi salah satu faktor antusias pelajar berbondong-bondong ke Malaysia. Selain juga kualitas yang berstandar Internasional.

Direktur EMI Prof. Mior Harris Mior Harun “QS University World Rankings baru saja merilis pemeringkatan univeristas dunia dan universitas di Malaysia masuk dalam peringkat 70 besar dunia,” ujar Direktur EMI Prof. Mior Harris Mior Harun.

KLIS, Solusi Pendidikan Islam Multikultural Berstandar Internasional

Hadirnya KLIS Primary dan KLIS Secondary adalah lahir dari kepedulian yang tinggi K-Link Indonesia terhadap masalah  pendidikan yang belakangan ini kerap diragukan para orang tua. Sejak 2014, K-Link melalui K-Link Care Centre mendirikan sekolah anak berkebutuhan khusus di Sentul, Bogor.

Founder K-Link mengamati sejumlah permasalahan orang tua yang bingung memilih lembaga pendidikan yang tepat. Dan, sisi lain melihat kondisi kualitas pendidikan yang perlu dibenahi yaitu kualitas lulusan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan global, mampu bersaing, berkarakter, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, berwawasan multukultural dan pondasi akhlak Islam yang kokoh.

suasana belajar di KLIS Secondary

Dari misi tersebut, tercetuslah mendirikan KLIS yang menawarkan solusi pendidikan dengan kurikulum berstandar internasional untuk level dasar (primary) dan menengah (secondary).

“Dengan pengajar yang berkualitas, dan bersertifikaasi internasional, kami siap mencetak generasi penerus bangsa yang berwawasan Internasional, kaya akan pengetahuan dan nilai-nilai Islam, dan juga memiliki rasa kepedulian tinggi sebagai individu yang  berkarakter luhur Indonesia,”tandas Radzi Saleh.

KLIS Secondary yang menjadi tempat dilaksanakannya MUET juga telah  bekerja sama dengan University Sultan Ahlan Shah dan Madina Institute dalam pengaplikasian kurikulum pendidikan Islam yang meliputi tahfiz Quran, bahasa Arab dan Islamic studies. Dalam kurikulum pengajaran, KLIS Secondary menggunakan kurikulum Oxford AQA yang diselaraskan secara dinamis dengan silabus di Indonesia.

Menempati lokasi strategis di K-Link Tower, Jakarta Selatan, KLIS  hadir untuk menjawab keraguan orang tua dalam memilih pendidikan yang tepat. Karena bagi KLIS, siswa yang cerdas itu harus berkembang kecerdasan intektualnya sekaligus bagus pemahaman agama dan keterampilan membaca Al-Qur’annya.

Didukung fasilitas terbaik, berbasis ICT dan Project-Based Learning, semua murid siap untuk belajar secara ilmiah, nyaman dan menyenangkan. Pilihan ekstra kurikulernya juga beragam seperti Golf, Horse Riding, Tennis, Archery dan Swimming menjadi wahana membentuk pribadi tangguh di masa depan. Berkonsep Butique School yang moving class, siswa dibatasi per kelas hanya maksimal 24 anak.

Untuk tahun pertama ajaran ini, KLIS Secondary membuka 2 kelas. Siswa-siswi yang sudah mendaftar untuk angkatan pertama menurut Moch Iqbal, berasal dari berbagai negara. Ada juga yang diantara siswa yang masuk melalui jalur beasiswa. Tiap tahun ajaran, untuk memacu prestasi, KLIS memberikan beasiswa untuk siswa yang berprestasi.

Untuk KLIS Primary, berlokasi di Sentul berkurikulum Cambridge yang menekan pada internalisasi nilai-nilai Islam sejak dini untuk anak.   Kerangka dasar yang membentuk proses belajar mengajar KLIS Primary yaitu :

  1. World class Cambridge Primary Curriculum
  2. World Language Studies
  3. Islamic, Quranic Studies & Moral Education
  4. Young Scientist Program
  5. Social Studies & Life Skills
  6. Physical Education & Endurance Skills

KLIS Primary dilengkapi  dengan fasilitas-fasilitas yang akan memberikan siswa didik pengalaman langsung karena KLIS primary mengutamakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter siswa, sekolah ini dilengkapi dengan perpustakaan, laboratorium komputer, kolam renang, area bermain outdoor, mini soccer field, musholla, ruang musik  dengan alat musik yang lengkap, serta vocational area seperti dapur dan laundry, ruang kesehatan dan kantin.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top