Indo Blog Net

Menulis Yuk

Cara Mudah Mengembangkan Potensi Anak, Kenali Kepribadiannya !

kepribadian anak

Sukses atau tidaknya anak dikemudian hari ditentukan oleh potensi yang dimiliki masing-masing anak. Sangat penting bagi orang tua untuk membina hubungan yang baik dengan lingkungan yang biasa bersinggungan dengan anak, seperti sekolah, rumah, tempat les, agar tercipta keselarasan dalam memberi tempat (wadah) pada anak untuk mengembangkan potensinya. Cara mudah mengembangkan potensi anak, adalah dengan mengenali kepribadiannya, sehingga potensi anak dapat berkembang dengan maksimal.

Beberapa kepribadian umum yang mesti dikenali :

1.Kepribadian Sempurna Melankolis
Anak yang memiliki kepribadian ini biasanya selalu ingin semua hal yang hendak ia lakukan sempurna. Suka mengkritik, perfeksionis. Apabila hasil kerjanya tak sempurna, mereka akan kecewa. Orang lain dituntut untuk peka terhadap anak dengan kepribadian sempurna melankolis. Mereka cenderung membutuhkan dukungan dari semua orang. Mereka juga sangat teratur dalam menyelesaikan tugas dan mengerjakan tugasnya tepat waktu.

Sikap yang harus dilakukan orang tua dalam menghadapi anak dengan kepribadian jenis ini, lakukan   pendekatan komunikasi mengenai hal-hal (pekerjaan) yang telah ia selesaikan dengan baik. Atau terhadap apapun yang mereka hasilkan. Pribadi ini sangat tak kompetitif dan tidak peduli pada hadiah atau segala sesuatu yang orang tua tawarkan saat berhasil menyelesaikan tugasnya. Sampaikan semuanya dengan cara lembut, jika tugas yang diberikan orang tua pada anak tak selesai atau hasilnya kurang memuaskan, orang tua dapat memberi masukan supaya anak termotivasi untuk menyelesaikan tugas tersebut.

 

anak kreatif

2. Kepribadian Sanguinis Populer
Buah hati dengan pribadi sanguinis populer sangat suka bersenang-senang dengan teman-temannya dan supel. Mereka suka mencari perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Mereka juga memiliki energi yang besar. Tidak peduli dalam situasi apa (sedih  atau senang), anak dengan kepribadian jenis ini cenderung tidak larut dalam suasana dan selalu bergembira. Suka menjadi pusat perhatian, pandai berkomunikasi dengan orang lain dan  senang memberi motivasi pada orang lain.

Meskipun begitu mereka sangat sensitif, emosional, cenderung tidak teratur. Sikap yang harus dilakukan orang tua untuk mengembangkan kemampuan sang anak adalah mendukung anak aktif dalam komunitas dengan kegemaran yang sama, misalnya komunitas menulis, komunitas fotografi, sehingga jaringan pertemanan sang anak akan semakin luas. Anak-anak berkepribadian sanguinis populer sangat kreatif, sehingga orang tua hanya perlu memberikan garis besar/ petunjuk saja, mereka akan mampu menyelesaikan semuanya dengan baik.

bakat anak

3. Kepribadian Kuat Koleris
Mereka cenderung mengejar prestasi dan berorientasi pada sasaran yang ia punyai. Selalu menuntut penghargaan serta loyalitas dari orang di lingkungan sekitarnya.Menghadapi anak dengan kepribadian ini,  orang tua harus melakukan pendekatan komunikasi supaya anak tidak tersinggung. Mereka lebih menghargai kejujuran, apa adanya, keadilan, dan logika. Untuk mengembangkan potensinya, sebaiknya langsung paparkan tujuan tugas yang diberikan orang tua pada anak, tanyalah pada sang anak cara ia menyelesaikannya sehingga orang tua dapat mengira apakah hasil yang nanti akan dicapai oleh anak. Berhasilkah ia mengerjakan tugas tersebut dengan baik.

Ketiga kepribadian ini tidak ada yang sepenuhnya “single”, dalam artian murni Koleris, murni Sanguinis, atau Melankolis, tetapi modifikasi atau ada irisan diantara keduanya. Tetapi memang, ada yang mendominasi sehingga orang tua bisa menyikapi dan mengembangkan potensi anak.

Jadi, tetap pantau buah hati kita. Semakin orang tua mengenali kepribadian anak, semakin mudah mengoptimalkan potensinya dan anak-anak pun akan berkembang menjadi pribadi yang matang, dan bijaksana..

 

Referensi tulisan: dari berbagai sumber

 

vandraichi

Ibu dari putri cantik bernama Raisya, suka nulis cerpen anak dan ngeblog.
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • How to build self discipline and break BAD HABITS 💪
.
We all have bad habits which takes our mind and energy off from most important task to least important
.
If you want to break bad habits, you need to be determined to build self discipline, Guys! 😉
.
1. Think about your bad habits
.
If you really want to build self discipline and break your bad habits, you need to REALISE that you have bad habits. Make a list of your bad habits 😜
.
2. Ask your friends about your bad habits
.
Ask your true friends and they will definitely give you a list. Your friends know a lot about yourself. And they will give you a  true picture of your self
.
Make a LIST what they tell you about you and analyse them
.
3. Analyse them for the triggers
.
When you know the TRIGGER, It becomes  easy to figure out that your bad habit will come in your way 😁
.
4. How much you need to do to break them
.
When you know your bad habits and the triggers, you will figure out what you need TO DO to break that habit
.
Calculate how much you will need to push yourself to change that habit
.
5. What you will become after you break bad habits
.
Try to THINK about what you can achieve by breaking that habit 🤔
.
6. Be crystal clear about why you want to break bad habits
.
Be very specific about your GOAL and why you want to accomplish that. Think about the rewards you will get
.
7. Don’t stress too much but take action
.
Go slow on yourself, okaaay! 😅 Because little changes daily makes big difference at the end of the year 😍
.
Credit: aimingthedreams.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top