Menulis Yuk

Ternyata Berjualan di Market Place dan Online Shop Itu Islami, Lho

MENGAPA MARKET PLACE MUNCUL

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar kata market place. Market place adlah sebuah tempat virtual yang berisi pedagang-pedagang berbagai barang dan ditata dalam etalase virtual secara online. Sekarang bermuculan market place-market place dengan fitur-fitur yang mengacu pada kemudahan dalam bertransaksi dan menimbulkan kepercayaan baik dipihak pedagang mau pun pembeli.

Munculnya market place di negara kita, Indonesia ini terinspirasi dari sistem market place yang telah ada di dunia internasional dan terbukti keandalannya. Market place juga dipicu dari maraknya kasus-kasus penipuan baik dari pedagang mau pun pembeli nakal yang berjualan memanfaatkan media sosial, seperti facebook, dan bbm.
Media sosial yang tidak dirancang untuk traksaksi penjualan, akhirnya mengakibatkan berbagai kasus penipuan yang merugikan salah satu pihak, yang menjual ataupun yang membeli.

Contoh kasus dari penipuan itu bisa berupa barang tidak sesuai dengan gambar, setelah transfer uang-barang tidak sampai ke tangan pembeli. Barang sudah diterima pembeli tetapi uang tidak ditransfer. Ada juga kasus seorang reseller yang menjual produk, yang diminati oleh pembeli, sistemnya reseller harus membeli dulu barang yg sudah di pesan oleh pembelinya, namun setelah di beli, pemesan membatalkan secara sepihak.

Jadi bentuk-bentuk kasus itu menjadi peluang bagi sebagian pihak untuk membuat sebuah market place yang bisa dipercaya oleh publik. Maka beberapa tahun belakangan bermunculan market place dan sekarang kian marak lagi.
Selain mencegah agar tidak terjadi tindak kecurangan dalam bertransaksi, online shop dan market place memberi peranan besar dalam pertumbuhan perekonomian, karena barang-barang yang dulu hanya bisa di jangkau ketika kita mendatangi tempatnya, sekarang hanya tinggal melihat gambarnya, keterangannya dan orang dari seluruh nusantara bisa berbelanja apa kebutuhannya, lebih murah, hemat waktu.

MARKET PLACE VS ONLINE SHOP MANA LEBIH BAIK?

Market place dan online shop sama-sama memerlukan internet dalam pengoperasiannya. Lalu apa perbedaan market place dan onlineshop itu?

Secara definisi, market place adalah tempat di mana banyak pedagang dengan berbagai jenis barang dagangannya melakukan transaksi penjualan di suatu tempat, secara online menggunakan media internet. Sedangkan online shop atau toko online adalah pedagang yang secara mandiri membuat website tokonya untuk produknya sendiri dan dijual secara online.

Di market place seorang pedagang tidak perlu membayar biaya apa pun untuk membuka tokonya, ia hanya harus membuat akun di market place tersebut. Ada beberapa market place yang memberi penawaran lebih seperti promo produk, dan gold member dengan membayar beberapa rupiah. Sedangkan untuk keanggotaan reguler tidak dipungut biaya apa pun, bahkan tidak ada pemotongan biaya administrasi untuk transfer uang karena memang merket place sudah bekerjasama dengan hampir semua bank-bank besar di tanah air. Market place memberi peluang bagi pengusaha UKM Indonesia dan reseller-reseller menjual produknya dan menjangkau pembeli lebih banyak dan lebih luas lagi.

Sementara online shop adalah berbayar, untuk mendirikan atau membuat online shop, seorang pengusaha harus membeli sebuah domain atau website dengan jenjang waktu bervariasi, empat bulan, enam bulan atau tahunan, fitur-fiturnya pun lebih lengkap.

Perusahaan-perusahaan perdagangan besar sekarang yang memiliki merek dengan usia lama di tanah air, berbondong-bondong membuka online shop mereka disamping offline shop. Dengan dan dengan sistem yang terjamin, semakin memudahkan mereka dalam merekrut pembeli. Dengan merek dagang mereka pembeli tidak ragu-ragu membeli secara online.

Sementara untuk pengusaha baru yang sedang merintis usaha ddan ingin menjual prduknya di online shop harus berjuang mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Market place sepertinya lebih cocok untuk pengusaha pemula menjajakan produknya dibanding di online shop.

APAKAH ONLINE SHOP ATAU MARKET PLACE SUDAH ISLAMI

Berbicara islami kita harus memahami dulu apakah islami itu. Islami berarti sesuai kaidah islam, apa itu kaidah islam dalam perdagangan. Perdagangan dalam Islam diatur dalam Fiqh muamalah. Syarat sah berdagang antaranya adalah :

a. Ada penjual dan pembeli dengan syarat,

1. Penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa adanya yang memaksa, berdasarkan sukarela.
2. Penjual dan pembeli berpikiran sehat dan berakal sehat, punya tanggungjawab, atau mukallaf dan rasyid (bisa mengatur uang)

b. Ada barang yang diperjual belikan dengan syarat,

1. Barang yang ada kemanfaatannya bukan barang haram seperti minuman keras, dan hal2 yang diharamkan agama.
2. Barang milik sendiri atau jika barang orang ada ijin pemilik untuk menjualnya
3. Barang bisa diserah terimakan.
4. Pembayaran diketahui jelas oleh kedua belah pihak penjual dan pembeli, untuk menghindari penipuan dan kerugian di satu pihak.
5. Penjual harus jujur mengenai kualitas barang atau produk yang dijualnya, hindari untuk menyembunyikan secara sengaja, cacat dari barang yang dijual. (sumber syarat berdagang: http://muslim.or.id/222-jual-beli-dan-syarat-syaratnya.html)

Dari syarat2 yang diajarkan oleh islam maka dengan ciri-ciri sistem antara Onlineshop dan marketplace sudah memenuhi syarat dan islami. Pilihan di tangan kita sebagai pelaku usaha. Selamat berdagang.

Image source: pexel.com

 

WafaHamda

Saya vegan untuk alasan etis, tertarik pada dunia tulis menulis,juga tanaman hias, obat, dan sayuran

Latest posts by WafaHamda (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Selamat kepada 200 blogger terpilih yang akan membuat berisik jagad maya tentang realitas remaja milllenial : Generasi Z yang begitu kritis menyikapi hidup yang dinilainya tak sesuai dengan pola asuh.. Orang tua...wake up ! jangan lagi memandang anak sebagai objek yang bisa dengan leluasanya diatur. Mereka punya mata, hati dan nurani yang bisa berteriak bahkan memberontak sekiranya melihat prilaku orang tua yang tak sesuai dengan yang dilisankan dengan tameng "mendidik" ... >>> untuk blogger terpilih akan diemail hari ini.

Terima kasih kepada lebih dari 400 pendaftar.. semoga yang belum terpilih masih bisa berkesempatan join program berikutnya.. #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Kami ada 
Dalam peradaban *Berilah kami kepercayaan untuk membuat karya yang bermanfaat
*Berilah kami kesempatan untuk menunjukkan bahwa hidup itu sangat berarti

Walau itu berbeda 
Walau tak semua tersusun rapi

Coming soon "My Generation" : film garapan Sutradara Upi yang layak ditunggu akan banyak sentuhan natural dan ide cerita yang unik serta berisi.

@mygenerationfilm
@upirocks
@Indoblognet

#MyGenerationFilm
#FilmMyGeneration

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top