Kesehatan

Terlalu Sering Pakai High Heels Berpengaruh Buruk Pada 5 Bagian Tubuhmu

 

Tak dipungkiri, banyak wanita menyukai high heels. Dinobatkan sebagai salah satu must have item, sepatu jenis ini memang sukses menunjang penampilan. Tak hanya feminin, memakai high heels bisa menambah percaya diri lantaran kaki jadi terlihat lebih seksi dan panjang. Selain itu tubuh pun nampak lebih jenjang. Tidak heran bila wanita rela berlama-lama menggunakannya meski harus menderita. Maklumlah, menggunakan high heels sesungguhnya sangat “menggigit” kaki. Jika hal ini dibiarkan terlampau lama akan memicu timbulnya efek buruk pada lima bagian tubuh berikut ini:

1. Kaki

Memakai sepatu bertumit tinggi membuat kaki tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kondisi ini mendorong timbulnya penyakit pada kaki seperti:

a. Hammertoe deformities

Hammertoe (jari kaki palu) merupakan kelainan bentuk jari kaki, dimana sendi jari kaki bagian tengah melekuk ke dalam dan berada pada posisi kaku yang menetap.

b. Callus (kapalan)

Kapalan merupakan penebalan pada kulit (dalam hal ini kaki) disebabkan oleh tekanan atau gesekan berlebihan. Kulit pada area ini akan berwarna kekuningan, kasar, kering, dan pecah-pecah.

c. Bunion

Bunion (hallux abducto valgus) adalah kelainan bentuk pada sendi yang menyambungkan ibu jari dengan kaki. Gamblangnya, tulangi ibu jari kaki menonjol keluar. Bila mengalami hal ini penderitanya akan mengalami rasa nyeri dan sulit memakai sepatu.

d. Ingrown toenails

Ingrow toenails adalah kondisi dimana kuku jari tumbuh dan melukai jaringan lunak (cantengan) disebabkan oleh alas kaki yang tidak nyaman. Sempit di bagian depan dan menekan jari kaki terus-menerus. Bila dibiarkan akan menyebabkan terjadinya infeksi—bengkak, nyeri, dan kemerahan. Dalam kondisi yang parah bisa menimbulkan osteomielitis, infeksi tulang yang disebabkan oleh masuknya mikroorganisme dalam tubuh melalui luka.

2. Tendon Achiles

Diungkap oleh CNN, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology menunjukkan bahwa pemakaian high heels selama lima hari atau lebih akan memendekkan tendon achiles sebanyak 13% sekaligus menebalkannya sebesar 22%. Efeknya akan menyulitkan Anda berjalan dan memperpanjang langkah meski tanpa alas kaki.

3. Lutut

Sewaktu Anda berjalan memakai high heels, seluruh tubuh akan tertumpu di kaki. Untuk mengimbanginya lutut harus maju ke depan. Hal ini rupanya memberikan tekanan yang lebih pada sendi lutut dan menaikkan resiko terkena penyakit osteoarthritis lebih dini. Terlebih bagi mereka yang overweight.

4. Pinggul

Pemakaian high heels mendorong pinggul untuk maju ke depan. Menyebabkan bagian pinggul dan tulang belakang tidak sejajar. Penyebabnya adalah tekanan berlebih pada bantalan kaki. Bila hal ini terus terjadi akan memicu timbulnya rasa sakit di bagian pinggang juga leher.

5. Punggung

Saat Anda memakai high heels pinggul dan lutut akan maju sementara bagian punggung akan terdorong ke belakang untuk mengimbangi bobot tubuh yang bertumpu pada kaki. Hal ini menyebabkan postur Anda menjadi tegak. Sayangnya, hal ini justru berakibat buruk bagi Anda. Karena tekanan yang terus menerus pada punggung akan memicu timbulnya penyakit seperti Low back pain. Low back pain (nyeri punggung bawah) terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami rasa nyeri atau ketidaknyamanan di bagian pinggang (lumbar region) yang terkadang bisa menjalar hingga ke kaki dan punggung.

Agar high heels tak menyiksa, selang-seling pemakaiannya dengan sepatu berhak rendah. Jangan berlama-lama memakainya karena batas toleransi menggunakan hak tinggi hanya dua jam. Jika Anda pekerja kantoran bisa menyiasatinya dengan memakai hak rendah saat tengah menyetir mobil, di balik meja kerja, atau sekedar makan siang. Bila hendak bertemu klien penting, barulah sepatu bertumit tinggi digunakan.

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top