Indo Blog Net

Kesehatan

Temulawak Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

temulawak tingkatkan imunitas

Sejak merebaknya pandemik Covid-19 beberapa bulan belakangan ini, Anda pasti jadi lebih akrab dengan kata “Imunitas”, bukan? Tapi tahukah Anda apa itu Imunitas dan mengapa ia begitu penting untuk kesehatan? 

Imunitas merupakan mekanisme tubuh untuk melawan, mengusir, serta memusnahkan virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan imunitas yang kuat maka tubuh Anda tak mudah terserang penyakit. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga imunitas agar tak mudah sakit.

Apalagi di saat sekarang ini, cara terampuh bagi kita supaya terhindar dari virus Corona adalah dengan menjaga imunitas. Menggunakan masker, hand sanitizer, maupun physical distancing saja tak cukup. Sebab jika imunitas Anda lemah, virus bisa mudah menyerang tubuh. 

Tingkatkan Imunitas Tubuh Agar Tak Mudah Sakit dengen Temulawak

Lalu bagaimana caranya meningkatkan imunitas tubuh? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen alami seperti Temulawak.

Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma xanthorriza Roxb ini mengandung Curcumin yang mempunyai efek untuk meningkatkan imunitas atau sebagai agen imunomodulator. 

Sebuah penelitian menyatakan bahwa Curcumin yang menimbulkan warna oranye pada Temulawak ini bisa memodulasi sistem daya tahan tubuh. Sebagai agen imunomodulator yang kuat, Curcumin dapat memodulasi aktivasi sel T, sel B, makrofag, neutrofil, sel pembunuh alami, dan sel dendritik.

Baca juga: Manfaat Temulawak untuk Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan

Curcumin juga berfungsi untuk mengendalikan produksi sitokin akibat dari adanya sel yang terinfeksi virus. Sitokin ini merupakan protein yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh kita.

Saat tubuh kita terserang virus, maka akan terjadi ‘badai’ sitokin yang dapat membuat paru-paru menjadi kaku, sesak nafas, bahkan gagal nafas. Nah, Curcumin ini mampu mengendalikan produksi sitokin sehingga tidak terjadi badai sitokin.

Berdasarkan empirical experiental evidence, scientific evidence, serta clinical evidence, Temulawak terbukti dapat memberikan manfaat terhadap imunitas dan juga aman untuk dikonsumsi.

Berbagai penelitian in vitro maupun praklinis di dunia menyatakan bahwa Curcumin memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, antivirus, antibakteri, serta antijamur. 

Bisa dibilang kandungan Curcumin inilah yang membuat Temulawak menjadi salah satu tanaman herbal yang  populer dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia.

Jadi, agar tak mudah sakit Anda bisa coba untuk rutin mengonsumsi Temulawak, yang memang telah terbukti melalui berbagai penelitian dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tips Meningkatkan Imunitas

Namun, selain dengan Temulawak, untuk meningkatkan imunitas juga perlu didukung dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Mari kita bahas beberapa pola makan serta pola hidup yang dapat meningkatkan imunitas:

Konsumsi makanan bernutrisi

Ingat, tujuan utama makan bukanlah untuk membuat kita kenyang, tapi agar tubuh sehat. Jadi makan bukan asal makan. Makanlah makanan yang bernutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Makanan bernutrisi merupakan makanan yang mengandung vitamin, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, serta produk hewani (kaldu tulang, telur, daging).

Baca juga: 4 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Makanan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, melon, nanas, dan mangga memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas.

Begitupun dengan makanan yang kaya akan beta karoten, makanan yang umumnya berwarna oranye, merah, atau kuning ini mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan (inflamasi) dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung beta karoten, misalnya wortel, labu kuning, ubi, bayam, sawi hijau.

Tidur yang cukup 

Waktu tidur setiap harinya juga penting untuk diperhatikan jika Anda ingin benar-benar sehat. Bukan hanya berapa jam Anda tidur, kualitas tidur juga perlu diperhatikan.

Usahakan agar Anda mendapatkan tidur yang nyenyak minimal 7 jam setiap malamnya. Sebab waktu tidur ini akan memengaruhi imunitas Anda. Saat kurang tidur imunitas tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Baca juga: Masih Suka Ngantuk Padahal Sudah Cukup Tidur? Ini Penyebabnya

Penelitian menyatakan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam permalamnya mempunyai risiko 4 kali lebih tinggi terserang flu dibanding orang dewasa yang mendapat waktu tidur lebih dari 7 jam permalamnya. Hal ini menandakan bahwa mereka yang tidak mendapat waktu tidur cukup akan memiliki imunitas yang lebih lemah. 

Olahraga

Olahraga rutin dapat membuat imunitas Anda kuat dan tak mudah terkena penyakit. Selain untuk memperkuat imunitas, olahraga juga dapat membuat tidur lebih berkualitas, menyehatkan otak, dan membuat suasana hati (mood) lebih baik.

Orang-orang yang olahraga secara rutin akan mempunyai tingkat imunitas yang lebih baik daripada mereka yang tidak pernah berolahraga. 

Tapi tentu saja hal ini diperoleh secara bertahap, artinya Anda harus melakukan olahraga secara rutin selama beberapa waktu terlebih dahulu untuk mendapatkan hasilnya (imunitas meningkat).

Anda bisa memilih jenis olahraga apa saja yang Anda sukai, misalnya senam, jogging, yoga, dan lain-lain. Lakukan olahraga secara rutin sekitar 30 menit beberapa kali dalam seminggu.

Berjemur di pagi hari

Berjemur sekitar 15 menit di pagi hari (sebelum jam 10 pagi) sudah cukup untuk tubuh memperoleh asupan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat membuat imunitas tubuh melemah. Jadi, jika ingin imunitas Anda kuat, rutinlah berjemur di pagi hari untuk mendapat asupan vitamin D yang cukup.

Saat tubuh kekurangan vitamin D, risiko terkena penyakit autoimmune jadi lebih tinggi dan tubuh jadi lebih rentan terhadap infeksi. 

Penelitian membuktikan bahwa mereka yang mempunyai kadar vitamin D rendah lebih rentan terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dibandingkan mereka yang mempunyai kadar vitamin D cukup dalam tubuhnya. 

Minuman Temulawak Gurung Brujul, Membantu Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu solusi agar tubuh Anda selalu terjaga imunitasnya, Anda dapat mengkonsumsi minuman rempah temulawak Gunung Brujul yang diproduksi oleh petani dari yang tinggal di daerah Gunung Brujul, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Rempah temulawak Gunung Brujul ini dibuat secara alami dan homemade oleh masyarakat desa disela-sela waktu luang mereka. Dalam satu bungkus ramuan berisi beragam rempah-rempah yang masing-masing memiliki khasiat ksehatan.

minuman temulawak

ramuan temulawak dalam minuman rempah temulawak Gunung Brujul

Komposisi

– Temulawak
– Kayu sacang
– Alang-alang
– Ketumbar
– Kunyit
– Kapulaga
– Cengkeh
– Serbuk jahe
– Serai
– Kayu manis
– Daun jeruk
– Pandan

Manfaat ramuan temulawak:

  1. Membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh
  2. Menghilangkan nyeri sendi
  3. Membantu menghilangkan demam
  4. Mencegah kanker
  5. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh
  8. Membantu proses metabolisme tubuh
  9. Membantu mengatasi radang sendi
  10. Menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL)
  11. Membantu mengatasi masuk angin
  12. Meringankan nyeri haid
  13. Menghaluskan kulit wajah

Cara menyajikan:

  1. Masukan 1 sachet rempah Temulawak Gunung Brujul dalam wadah
  2. Cuci rempah tersebut dalam air megalir
  3. Rebus ramuan rempah yang sudah dicuci tersebut dalam air sebanyak kurang lebih 200 ml sampai mendidih
  4. Siap dinikmati (jika kurang manis bisa tambahkan gula aren/madu).
minuman temulawak

Rempah temulawak Gunung Bruju

 

ramuan temulawak

Harga : Rp 45 ribu, isi 10 bungkus. 1 bungkus bisa untuk 2-3 gelas

Info pembelian : 081310976735

Chat langsung dengan kami:

Dengan mengonsumsi Temulawak secara rutin disertai dengan tips-tips di atas tentunya akan memberikan hasil yang maksimal. Selamat mencoba, ya!

 

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top