Indo Blog Net

blog

Teknik Storytelling yang Bisa Dicoba oleh Blogger untuk Memulai Artikel Naratif

Beberapa Teknik Storytelling yang Bisa Dicoba oleh Blogger untuk Memulai Artikel Naratif

Blogger dan cerita, itu ibaratnya “pabrik” dan “produk”-nya. Biasanya blogger memang suka bercerita di setiap konten yang dibuatnya. Dan, teknik storytelling pun menjadi faktor penentu, apakah cerita yang dibuat oleh blogger menarik untuk disimak atau enggak.

Kemampuan storytelling ini sebenarnya dimiliki oleh setiap orang. Coba deh kalau kita lagi ngobrol. Lebih banyak kita akan storytelling kan? Cerita. Tadi aku begini, hari ini aku mengalami itu, dan seterusnya.

Tapi berbeda dengan ngobrol biasa, menulis cerita atau artikel naratif itu agak sedikit lebih rumit. Karena kaitannya sama perilaku para pembaca online, seperti yang sudah saya tuliskan di sini juga. Sudah perilakunya kayak gitu, ditambah lagi dengan kecenderungan artikel berstruktur storytelling–yang memang punya struktur berbeda dengan listicle–ini bisa membosankan, kalau si penulisnya kurang gape mengemasnya.

Padahal kalau memang bisa menulis storytelling dengan baik, jenis tulisan naratif seperti ini tuh bisa sangat menyentuh pembaca lo. Apalagi yang sarat dengan emosi. Berpotensi viral. Lagi pula, setiap orang tuh suka sama cerita. Cerita juga menjadi salah satu elemen penting dalam blog post. Bahkan di situlah yang membedakan bloger dengan wartawan, misalnya. Seharusnya, narasi menjadi keunggulan bloger.

Tapi ya gitu deh. Ternyata nggak mudah juga bikin cerita yang menarik. Mesti tahu teknik-tekniknya.

Nah, berikut ada beberapa teknik storytelling yang mungkin bisa dipakai untuk membantu teman-teman menulis cerita naratif di blog dengan lebih baik.

Berikut beberapa teknik menulis storytelling untuk membangun cerita yang related dan engaged untuk para bloger

1. Mulai dengan foto

Kalau teman-teman kesusahan untuk memulai, foto bisa jadi salah satu alat pijak pertama untuk mulai bercerita.

Beberapa Teknik Storytelling yang Bisa Dicoba oleh Blogger untuk Memulai Artikel Naratif

Misalnya nih, mau bahas kebutuhan berkomunikasi manusia. Dan, kebetulan juga menemukan foto di atas. Maka, untuk membangun cerita, teman-teman bisa mulai dari foto ini.

Contoh.

Sebuah kafe di ruang tunggu bandara. Cukup padat. Aku masuk demi bisa menikmati secangkir kopi dulu, sebelum akhirnya mengudara selama 13 jam. Ternyata, hampir semua kursi sudah diduduki. Tinggal area yang ada di pojok, yang justru sepertinya memang paling nyaman untukku.

Kulihat semua orang tampak asyik mengobrol satu sama lain. Kecuali aku. Merasa sepi, aku menenggelamkan diri pada smartphone di tanganku, selepas aku memesan secangkir coffee latte.

Begitulah kita. Kadang mati gaya kalau tiada teman. Akhirnya mengalihkan perhatian pada handphone.

Nah, sampai di sini, bisa dilanjutkan dengan “betapa kita butuh berkomunikasi”, lalu lanjutkan lagi dengan tip berkomunikasi yang baik, misalnya.

2. Related to people

Cerita yang digemari adalah cerita yang related to people. Jadi, cerita yang orang lain juga mengalaminya. Cerita yang membumi.

Jadi, pastikan cerita teman-teman ini real ya, meski mungkin agak dipoles-poles sana sini biar agak dramatis. Nggak papa. Boleh kok memoles cerita supaya lebih menarik. Tapi pastikan tetap fokus pada masalah, dan juga ya harus tetap logis.

Mau cerita pengalaman pribadi? Boleh banget. Mau cerita pengalaman orang lain? Boleh juga. Yang penting, pastikan terasa real. Meskipun benar-benar terjadi kalau cara kita menceritakannya nonsense, ya jadi nggak dipercaya orang juga, soalnya.

Make it personal, make it related to people.

3. Mulai dengan video

Kita juga bisa memulai cerita dengan video.

Kebetulan saya itu suka banget dengan beberapa video iklan Thailand, yang entah kenapa banyak yang bisa menyentuh gitu. Salah satunya yang ini.

Nah, kalau kebetulan kita mau bahas soal “don’t judge people from their looks”, ini bisa masuk banget. Ajak dulu pembaca untuk nonton video, lalu ceritakan perasaan kita terkait video tersebut. Baru kemudian kita masuk ke inti topik yang ingin kita bahas.

Biasanya sih, kalau memang videonya pas, kita sudah bisa hook pembaca dulu. Tugas selanjutnya lebih gampang.

4. Libatkan pembaca dalam cerita

Buat yang punya anak lebih dari satu nih, pernah nggak sih mengalami, satu saat dua-duanya sakit semua? Gimana rasanya?

Nyesek. Iya banget. Ini yang sedang kejadian nih. Luar biasa banget deh!

Teknik storytelling di atas juga boleh banget dipakai untuk memulai cerita teman-teman. Orang-orang itu kan cenderung narsis? Jadi saat sedari awal kita sudah menarik mereka dan melibatkan mereka dalam cerita, biasanya sih banyak yang akan suka.

Contoh lain.

Bayangkan begini. Suatu kali kamu lagi flu, sedangkan di kos kamu nggak punya obat flu. Tetangga sebelah lagi kuliah. Nggak ada orang di kos. Mau keluar buat beli obat flu di minimarket depan, hujan.

Apa yang kamu lakukan?

Dengan membuat permulaan storytelling seperti ini, terbentuklah plot di  kepala orang-orang yang membaca. Mereka pun terpancing untuk melanjutkan plot yang sudah dibangun. Kelanjutannya–tentu saja kalau memang plotnya bisa menarik–mereka akan terus baca, karena penasaran dengan permasalahan dan solusi yang akan kita tulis.

Bisa jadi, mereka juga penasaran, akhirnya ceritanya sama nggak nih dengan yang mereka susun sendiri di dalam pikiran mereka? Hehehe. Kena deh. Jadi baca sampai selesai.

Demikian beberapa teknik storytelling yang bisa dicoba untuk mulai menulis cerita naratif di blog teman-teman.

Kalau masih butuh tip untuk membuat storytelling teman-teman lebih menarik, saya pernah mengulasnya sedikit di blog. Boleh dicek kalau ada waktu, untuk melengkapi artikel ini ya.

Ada tambahan? Kalau ada, boleh ditulis di kolom komen ya.

Semoga bermanfaat.

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • How To Help Your SMALL BUSINESS Stand Out? 😎
.
You have a small creative business, or a great idea for one, but how do you set yourself apart from the thousands of other small creative businesses out there?
.
This is it, 3 Ways to Help Your Small Business Stand Out! 😍
.
1. Be PROFESSIONAL
.
Wherever you choose to open an online shop, be sure to know your platform and use it to its fullest
.
Have a name, an image or logo, a thorough description and policies in place. You may be small but your shop should reflect a true business that a customer can rely on 🌞
.
Ensure your items are photographed well, and descriptions are detailed. When you receive an order respond and ship in the timeframe you outlined, the earlier the better
.
Package your items safely, and include a handwritten note along with a business card 💌
.
These may sound simple, but a smooth and professional transaction will keep your customers coming back and they will talk about you to their friends
.
2. Be ORGANIZED
.
Not only should you have an organized shop online, but try and keep your supplies organize 📝
.
3. Be CREATIVE
.
Search for your items and see what kind of competition you have. Then figure out how you can creatively set yourself apart. Is it your service?
.
Your speedy delivery, a unique twist on a traditional item? Make sure the packaging is pretty and professional, and always include a handwritten note along with a business card 🏷
.
Also ask for feedback and for customers to share photos of their products in action 😉
.
Credit: creativeramblingsblog.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top