Blogging

Belajar Teknik Dasar SEO ini dan Saya Belajar Soal Menulis

teknik dasar seo untuk blogger dari tulisan blogger indonesia

Awal ngeblog, saya termasuk yang hanya ngeblog untuk curhat dan nulis diari online. Bukan untuk belajar menulis yang baik dan benar ataupun tujuan ngeblog lainnya, termasuk mendapatkan uang dari blog.

Tapi kemudian…

Satu kejadian dalam hidup, membuat saya berpikir ulang dan akhirnya bertemu dengan artikel-artikel baik dari dalam maupun luar negeri terkait blogging. Salah satunya adalah bermain SEO dasar untuk blogger. Bagaimana Search Engine Optimization ini memperbaiki traffic blog.

Awal saya bermain SEO dasar ini ya untuk menaikkan traffic blog saya. Tapi semakin ke sini bermain SEO ternyata mengajarkan hal lain terkait kegiatan ngeblog saya.

Bermain SEO Dasar untuk Blogger Berarti…

Mempelajari hal-hal baru terkait blogging dan tidak hanya fokus pada mendapatkan traffic.

Seriusan!

Dengan bermain SEO, saya belajar bahwa, struktur tulisan itu penting dan sangat membantu pembaca.

Dan ini yang diajarkan melalui teknik dasar SEO, yaitu menggunakan Subheading dalam tulisan.

Perhatikan kalimat “Bermain SEO Dasar untuk Blogger Berarti…” di atas.

Itu subheading. Dan saat menggunakan Subheading seperti itu, pembaca bisa langsung tahu bahwa bahasannya apa.

Teknik Dasar SEO untuk Blogger

Sebenarnya teknik dasar SEO untuk blogger ini pernah saya tuliskan dalam blog Tulisan Blogger Indonesia, yang memang saya fokuskan untuk tips blogging Indonesia.

teknik dasar seo untuk blogger

Untuk blogger Indonesia, bermain SEO dasar itu hanya perlu perhatikan hal-hal berikut:

1. Judul dan URL Mengandung Keywords

Memang, kita harus melakukan research keywords jika ingin hasil maksimal. Keywords atau long tailed keywords mana yang menghasilkan traffic tinggi dan saingannya sedikit dan lainnya.

Tapi kalau enggan melakukan research, bisa ajukan pertanyaan berikut:

Apa yang kira-kira diketikkan pembaca di Google terkait artikel yang saya tulis ini #Keywords

Misalnya, kamu menulis soal kuliner di daerah Jakarta Selatan. Nah, yang biasa dicari oleh pembaca itu:

  • kuliner enak di jakarta selatan
  • kuliner wajib santap di jakarta (selatan)
  • (kuliner) di jakarta selatan – kulinernya diganti dengan jenis kuliner atau restorannya.

Ketiga di atas sih hanya contoh ya. Dan pada saat menggunakan keywords di atas, kamu sudah melakukan long tailed keywords dan juga kata kunci lokal dengan “Jakarta Selatan”nya.

2. Pakai Subheading – Keywords pada Subheading

Gunakan subheading dalam setiap postingan. Dan usahakan dalam subheading itu ada keywords yang kita tuju. Setidaknya dalam 1 subheading tulisan.

Nah… untuk bisa menggunakan subheading ini, kamu bisa menerapkan prinsip struktur postingan sebagai berikut:

  1. Pembukaan – pengantar singkat. Biasakan 3-4 paragraf dan menjelaskan isi dalam tulisan kali ini.
  2. Isi – fokus tulisan kamu. Bisa beberapa bagian – pecah dengan subheading atau sub dari subheading.
  3. Penutup – kasih kesimpulan dan ajakan.

Dengan menggunakan struktur seperti itu, pembaca juga sebenarnya menikmati tulisan kita dengan lebih baik. Dan kita tanpa disadari menerapkan teknik dasar SEO untuk blogger.

3. Alt Teks Image

Maksimalkan semua konten yang ada dalam tulisan kita. Termasuk gambar. Berikan informasi yang jelas pada setiap gambar yang kita masukkan dalam tulisan kita.

Menggunakan caption pada gambar dalam tulisan, memberikan informasi kepada pembaca

Sedangkan memberikan alt text image description alias deskripsi meta alt teks gambar, memberikan informasi kepada mesin pencari.

Caranya? Untuk pengguna blogspot, bisa baca:

Cara setting alt teks pada gambar postingan

Kalau kamu pengguna wordpress, saat kamu upload gambar di blog kamu, pastikan kotak di bagian bawah caption gambar itu kamu isi. Itulah alt teks gambar yang merupakan teknik dasar SEO untuk blogger.

setting alt teks image description di wordpress seo

Ini salah satu teknik dasar SEO – mengisi alt teks image di wordpress

4. Kasih Kesimpulan Tulisan

Kenapa harus kasih kesimpulan ini? Seperti yang saya sebutkan di bagian subheading di atas tadi? Biar pembaca juga bisa langsung mengetahui isi artikel dan pentingnya artikel ini apa.

Dan di bagian penutup ini juga kamu bisa mengajak pembaca kamu untuk berkomentar ataupun meninggalkan Call To Action lain. CTA (bukan Cukup Tahu Aja) ini tergantung jenis tulisan kita. Bisa mengajak orang berkomentar, mengajak mereka untuk membeli dan lainnya.

Sebenarnya CTA ini penting ditanyakan oleh blogger setiap mendapatkan “pekerjaan” dari brand. Apakah mereka hanya ingin Brand Awareness atau Brand Acquisition. 

Pusing?

Well… jujur pas pertama kali saya baca tentang SEO ini, saya merasa pusing. Tapi kemudian, saya sadar, kalau saya memang perlu belajar dan memahami teknik dasar SEO untuk blogger seperti saya.

Karena waktu itu tujuan saya sebenarnya mendaftar Google Adsense. Well, Adsense gagal tapi saya dapat banyak pembelajaran dari sini.

Dengan belajar teknik dasar SEO, saya malah belajar menulis dengan struktur yang lebih enak untuk dibaca

Untuk sekarang sih saya masih belum berhasil menerapkan 5W+1H sebagaimana yang Mbak Carra tulis, tapi masih mau terus belajarlah soal ini dan mengkombinasikannya dengan teknik dasar SEO untuk blogger yang sudah saya dapatkan selama ini.

Kalau kamu sendiri… apakah mau belajar teknik dasar SEO ini ataukah gak? Atau gak perlu sama sekali? Karena sing penting nulis gitu… share dong.

Febriyan Lukito

Seorang blogger Indonesia yang suka menulis dan berbagi melalui tulisan. Sejak Maret 2016, acting asProject leader Indoblognet

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top