Menulis Yuk

Ini Lho, Tanda-Tandanya Si Kecil Mulai ABG

 

Aih, siapa yang sudah memiliki putra atau putri berusia 10 tahun? Sebelum kalian ada yang mengacung maka saya akan menunjuk diri saya lebih dahulu. Ya, tanpa saya sadari si sulung sudah 10 tahun dan saya terlupa untuk bertanya ini itu hingga membaca sebuah artikel dari hasil seminar beberapa waktu lalu di Brawijaya Women & Children Hospital.

Kesibukan sehari-hari, keasyikan mengasuh adik-adiknya, dan selalu mengingatnya sebagai gadis kecil saya satu-satunya, itu yang membuat saya lalai…dia sudah bertumbuh. Karena tidak sepesat anak-anak lain yang memiliki tubuh lebih subur (baca: lebih berisi), karena perawakannya langsing dan sikapnya masih sering kekanakan alias tidak mau kalah dengan dua adiknya, maka saya terlupa gadis kecil itu sudah menuju masa pubertas alias ABG.

Saya beruntung memiliki putri yang senang bercerita dan mau jujur akan banyak hal sehingga memudahkan saya tahu..dia kenapa, dia ada apa, dia bagaimana. Jika kemudian saya baru tersadar masa-masa pubertas si sulung, maka saya juga harus siap dengan masa-masa pubertas dua anak lelaki saya, yaitu adiknya putri sulung saya – Lintang.
Ouw, sebagai orangtua memang kita tidak hanya membesarkan mereka dengan mengasihi, menjaga, memberi asupan dan membiayai semua kebutuhannya tapi juga mengawasi masa pertumbuhannya. Mengawalnya, hingga anak-anak benar-benar bertumbuh dengan baik.

Untuk memahami ini, penting dong kita tahu tanda-tanda pubertas pada anak perempuan dan anak cowok supaya tidak kecolongan atau terabaikan. Karena penting loh, mendampingi anak di saat mereka munuju atau tengah mengalami masa pubertas atau masa di satu fase yang menjembatani masa anak dengan masa dewasa. Masa transisi ini ditandai dengan berbagai macam perubahan baik dari segi fisik – biologis maupun psikis. Masa-masa yang harus dilalui oleh semua anak baik perempuan ataupun laki-laki.

Duh du du…jangan sampai terjadi penyesalan karena kita tidak tahu atau melewati masa-masa tersulit buat anak ini. Tidak jarang mereka merasa sulit melewati masa pubertas karena kekurangtahuan akan apa yang dialami dirinya.
Berikut ini tanda-tanda pubertas yang harus dipahami setiap orangtua:

Pubertas Anak Perempuan
– Pubertas pada anak perempuan (perlu dipahami pubertas pada anak harus dialami sesuai tahap secara berurutan):
– Pubertas pada anak perempuan lebih awal dari pada anak laki-laki, yaitu usia 8-13 tahun (OMG! Jadi usia 8 tahun, buat orangtua yang memiliki putri..waspadalah, jangan sampai ada telat mengetahuinya)
-Pertumbuhan payudara atau breast budding. Pada tahap ini biasanya anak perempuan merasakan tidak nyaman pada payudaranya, seperti: sakit jika tersentuh baju. (amati jika usia anak sudah 13 tahun belum tumbuh payudaranya
berarti mengalami pubertas terlambat)
-Tumbuh rambut pubis (rambut kemaluan)
– Menstruasi/haid, tahap ini menunjukkan tahap akhir dari pubertas pada anak perempuan.

Pada masa ini selain ditandai dengan pertumbuhan tanda-tanda seks sekunder seperti keterangan di atas, juga terdapat fenomena pacu tumbuh. Dimana anak perempuan mengalami kepesatan tumbuh maksimal 9 cm/tahun, dengan total pertambahan tinggi selama masa pubertas bisa sekitar 20-25 cm, tergantung juga faktor keturunan dan asupan nutrisinya. Jadi pada masa ini penting juga diperhatikan asupan nutrisi anak dengan baik.

Pubertas pada anak laki-laki

Karena pubertas pada anak laki-laki lebih lambat dari anak perempuan, maka anak laki-laki mengalami masa pubertas usia 9-14 tahun dan tahapannya harus urut. Yang ditandai:
-Pertambahan volume testis
-Pertumbuhan rambut pubis (kemaluan)

Pacu tumbuh
-Timbulnya jerawat, jakun dan kumis menandakan pubertas sudah menuju tahap lanjut
-Mimpi basah, tahap ini menunjukkan mulai aktif proses spermatogenesis dan sudah mencapai tahap akhir pubertas.
Jadi mimpi basah bukan merupakan tanda awal pubertas, tapi akhir dari pubertas.

Sumber:
dr.Frida Soesanti, SpA (K)
Parktek di Brawijaya WOmen&Children Hospital

 

 

Editor: Indoblognet

 

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Bandung kota kreatif makin kreatif dan dinamis dengan hadirnya Rumah Cantik LBC @rumahcantiklbc persembahan dari K-Link Indonesia untuk para perempuan. 
K-Link Indonesia @klink_indonesia_official memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan perempuan Indonesia yang mandiri, cantik, cerdas, enerjik, sosial, cinta keluarga dan pastinya cinta pada Tuhan.

Banyak program edukasi dikemas kreatif dan menyenangkan yang diharapkan bisa menjadi solusi berbagai permasalahan perempuan. 
Mari sahabat perempuan di Bandung yang penasaran ingin mengetahui program-program kreatif Rumah Cantik LBC, bisa datang pada Grand Launching Rumah Cantik LBC - K-Link, Minggu, 27 Agustus 2017 di Jalan Karawitan no.18, Bandung. 
#RumahCantikKlink #RumahcantikLBC #klinksolusihidupmu

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top