Bukan Hanya Membersihkan Organ Kewanitaan, Daun Sirih Ternyata Banyak Manfaatnya

  • Bagikan

Kalian tahu daun sirih? Dari dulu daun sirih sudah dikenal dengan banyak manfaatnya. Bahkan dari nenek-nenek kita banyak yang menggunakan daun sirih untuk berbagai keperluan. Salah satu yang sering aku lakukan saat mulai remaja adalah memanfaatkan rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian kewanitaan.

Kata ibuku, beliau juga dulu sering disuruh menggunakan rebusan daun sirih untuk membersihkan bagian kewanitaannya, ini menjadi salah satu pengobatan dan perawatan yang diajarkan turun temurun.

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai tanaman merambat dengan panjang sulur bisa mencapai 15 meter. Tanaman ini dikenal ada dua macam yaitu sirih daun hijau dan sirih daun merah. Sirih  dengan daun hijau yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan ibuku juga menanam tanaman sirih hijau di rumah.

Saat booming tanaman sirih merah, ibu juga mencoba menanamnya. Tanaman ini memiliki batang berwarna coklat kehijauan dengan batang berbetuk bulat. Batang-batangnya beruas-ruas dan biasanya dari ruas tersebut keluar akar. Jadi dari daun saja bisa digunakan sebagai alat perkembangbiakan.

Daunnya hijau untuk sirih hijau dengan bentuk seperti jantung dengan ujung runcing. Daunnya tumbuh berselang seling dengan tangkainya, akarnya termasuk akar tunggang dengan bentuk bulat dan warna kecoklatan.

Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada daun sirih ternyata banyak, seperti minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, fenil propana, kavicol, allylpyrokatekol, caryophyllene, kavibetol, cyneole, diastase, tanin, cadinene, seskuiterpena, terpennena, pati, dan gula. Banyaknya kandungan senyawa kimia ini membuat tanaman sirih mempunyai banyak manfaat.

Manfaat Dari Tanaman Sirih 

1. Menghilangkan bau mulut.

Caranya mudah, dengan mengambil daun sirih dan kunyah lalu biarkan beberapa menit dalam mulut. Banyak orang zaman dulu yang suka nyirih, makanya mereka memiliki bau mulut yang harum tanpa perlu menggosok gigi.

2. Mengobati radang tenggorokan.

Cara menggunakannya, rendam 3 lembar daun sirih dalam air panas dan biarkan sampai dingin. Airnya digunakan untuk berkumur dengan cara menengadahkan kepala. Lakukan sebanyak 3x sehari.

3. Menghilangkan bau badan.

Caranya yaitu, ambil 2-3 lembar daun salam, kemudian rendam dalam setengah gelas air panas. Tambahkan gula putih sebanyak satu sendok teh dan biarkan sampai hangat kemudian minum.

4. Obat batuk.

Caranya, air rebusan daun sirih dicampur dengan kapulaga serta kayu manis, ini bisa membantu meredakan batuk yang mengganggu aktivitas. Bisa juga dicampur madu agar rasanya jadi lebih enak.

5. Meredakan Bronkitis

Daun sirih bisa digunakan untuk pengobatan bronkitis pada orang yang sudah lanjut usia maupun anak-anak. Caranya, ambil 7 lembar daun sirih dicincang halus dan direbus dengan satu potong gula batu dengan menggunakan 2 gelas air. Rebus sampai tinggal satu gelas saja, kemudian minum secara rutin setiap hari.

6. Membersihkan organ kewanitaan.

Untuk perawatan yang satu ini, rebus 5 lembar daun sirih dan rebusannya digunakan untuk membasuh bagian kewanitaannya.

Menanam dan Merawat Daun Sirih

Untuk menanam tanaman sirih ini tak terlalu sulit loh, karena daun sirih cukup mudah beradaptasi. Bisa ditanam di halaman rumah baik di tanah maupun di pot besar. Tentu perlu disediakan tempat atau kayu untuk tempat menjalar sulur dari tanaman sirih ini. Beberapa cara menanam tanaman sirih, sebagai berikut:

1. Dengan cara stek. Jadi, polybag atau gelas aqua bekas yang sudah diisi dengan tanah dan kompos. Ambil batang dari tanaman sirih sepanjang ruas pada batang yang sudah tua. Kemudian rendam dalam air kurang lebih 15 menit. Batang tadi ditancapkan di tanah. Lakukan penyiraman rutin dan taruh di temat teduh sampai ada tunas baru. Setelah itu pindahkan ke lahan yang akan ditanami tanaman sirih ini.

2. Dengan teknik merunduk. Pilih batang sulur dan aturlah agar batang sulur tersebut merunduk sampai bertemu dengan media tanam. Media tanam sama dengan cara stek tadi. Penyiraman  harus rutin dilakukan sampai akar akan keluar di bagian sulur yang menempel pada media tanam.

3. Dengan stek air. Caranya, potong batang sulur daun sirih yang sudah tua. Kemudian rendam dalam air. Rendam hanya bagian batang sulurnya saja. Direndam sampai timbul akar baru, baru kemudian dipindahkan.

Cara menanam yang mudah bukan? Jadi, tunggu apa lagi, yuk menanam tanaman ini di halaman rumah. Tanaman sirih ini bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Dengan cara yang mudah kita bisa mengobati berbagai penyakit. Daripada kita berobat dengan obat-obat kimia, lebih baik kita manfaatkan tanaman herbal seperti daun sirih ini.

Sumber gambar: pixabay.com

  • Bagikan