Indo Blog Net

kesehatan

Bukan Sembarang Kumis Kucing

kumis kucing

Tanaman kumis kucing sering dijadikan sebagai obat-obatan. Ternyata tanaman yang satu ini memang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Bagikan Jika Bermanfaat

Kalau inget tanaman kumis kucing ini, ingat pengalaman aku dulu. Saat itu aku melihat anjingku terlihat kesakitan di bagian pinggangnya. Saat aku tekan juga dia merasakan sakit dan mengeluarkan suara rintihan. Karena kebetulan aku seorang dokter hewan, jadi kira-kira aku bisa membuat diagnosa terlebih dulu, karena tentu harus ada pemeriksaan lanjutan. Ginjal. Ya, kali ada radang atau ada batu ginjal.

Nah, herannya anjingku ini suka sekali makan daun kumis kucing yang ada di tetangga sebelahku. Lalu aku ingat kumis kucing kan salah satu manfaatnya ya buat ginjal. Jadilah aku rutin memberikan daun kumis kucing pada anjingku. Dan alhamdulilah beberapa waktu kemudian rasa sakitnya menghilang.

Asyik kan, gak perlu berobat tapi sudah ada solusinya.

Ciri-ciri Tanaman Kumis Kucing

Kalau kita lihat kumis kucing memiliki akar tunggang yang mmepunyai bentuk bulat dan berserabut banyak. Panjangnya mencapai 25-30 cm dan menembus permukaan tanah ke bawah. Batangnya berbentuk segiempat dan memiliki warna keunguan sampai kehijauan. Tingginya mencapai 2-3 meter. Memiliki cabang yang banyak.

Sedangkan daun mempunyai bentuk oval dan memanjang dengan tepi yang rata. Warna daun hijau sampai hijau tua. Bunga ada dua bagian, bunga tunggal dan majemuk. Mahkota bunga tunggal berwarna putih hingga keunguan yang ditutupi dengan bulu-bulu halus yang pendek, sedangkan bunga majemuk mempunyai mahkota yang berwana putih keunguan dan ditutupi dengan rambut halus yang 1-6 mm.

Biji bentuk pipih dengan warna kehitaman dan bisa diperbanyak secara generatif.

Pada dasarnya proses perawatan cukup mudah melalui beberapa tahap. Mulai dari penyulaman yang dilakukan pada tanaman yang mati atau tumbuh tidak normal dengan tumbuhan baru yang seumuran agar seragam pertumbuhannya. Kedua, perlunya disiangi gulmanya saat masih muda. Dan ketiga, pemupukan dilakukan dengan pupuk organik maupun pupuk urea dengan takaran tertentu. Untuk ke empat, penyiraman.

Saat masih kecil disiram dua kali dalam sehari  tapi saat tumbuhan sudah kuat penyiraman bisa dikurangi, yang penting tanah jangan sampai kering.

Penyemprotan pestisida hanya kalau ada hama saja. Nah, untuk bisa menanam tumbuhan ini perlu dilakukan tahap-tahap tertentu. Perbanyakan bisa dilakukan secara vegetatif yaitu dengan stek. Nah kalau sudah bagus bisa ditanam di tanah atau di dalam pot.

Kalau didalam pot maka masukan media tanam yang terdiri dari media tanah yang dicampur dengan sekam, pupuk kandang atau arang. Masukan tanamannya dimana akar masuk hampir sepertiga dari tingi pot.

Manfaat Kumis Kucing

Selain itu kumis kucing ini memang punya aneka manfaat seperti:

  1. Mengontrol kadar gula darah. Sudah terbukti secara ilmiah kalau kumis kucing ini bisa mengontol kadar gula.
  2. Membantu detoksifikasi. Minuman dari daun kumis kucing bisa diguanakan untuk menawarkan racun yang masuk dalam tubuh.
  3. Menyembuhkan gagal ginjal. Dan ini sudah dipercaya dan efektif.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Anti jamur. Ada senyawa anti jamur di dalam kumis kucing.
  6. Meringankan batuk.
  7. Menyembuhkan masalah pernafasan

Nah, jelas tanaman kucing memang banyak manfaat dalam kesehatan. Karena bisa ditanam dalam pot sehingga akan lebih mudah dan tak memakan tempat.

Sumber gambar: hellosehat.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak

Latest posts by Hastira (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 5 Langkah untuk Menjadi Influencer 🤑🤑
.
Saat ini profesi sebagai influencer tak bisa lagi dipandang sebelah mata lho, karena sudah banyak mereka yang sukses menekuni bidang pekerjaan yang satu ini
.
Tentunya butuh usaha sungguh sungguh dan juga kegigihan untuk sukses. Mulai darimana?? Dari sini, Friends! 😉
.
1⃣ Find your NICHE – a field that you’re good at. Whether it’s travelling, beauty, parenthood, cooking, or crafts, your blog needs to have a clear direction. Make sure you choose a niche where you are an expert – only then your blog will have value 💛
.
2⃣ Create a CONTENT STRATEGY for your profile. What exactly do people want to see in your blog? How often will you post? Who are the readers of your posts? Answering these questions will allow you to create a content strategy for up to 3 months
.
3⃣ Remember to post REGULARLY. If you make people wait for days between your posts, soon your followers will turn their attention to bloggers who regularly deliver new content. Even if you can’t be online 24 hours a day and 7 days a week, you can always schedule your posts 🤓
.
4⃣ ENGAGE with your audience. People love Instagram bloggers who are easy to reach. Of course, when you have hundreds of thousands of followers, answering every comment and direct message is hardly possible. But when you’re only getting there, it’s best to be open to your audience 👌
.
5⃣ PROMOTE your blog. You will not get any lucrative deals with brands and other bloggers if no one knows who you are. In addition to working on growing your audience, you also need to get your blog out there for brands and other influencers to see you. Participate in forums, group events, themed internet communities, and comment other people’s posts to get yourself noticed
.
Credit: socialbuzzhive.com
.
💌 For BUSINESS INQUIRIES, please email to mitrabranding@indoblognet.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top