Indo Blog Net

Tanaman

7+ Jenis Tanaman Hias yang Lagi Tren dan Cocok untuk Bisnis

tanaman hias monstera yang lagi trend

Sejak beberapa bulan terakhir ini, tepatnya saat Indonesia dilanda pandemi virus Corona, tren tanaman hias kembali mencuat. Tak heran memang, sebab sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dan mempunyai lebih banyak kesempatan berinteraksi dengan tanaman. Hal ini membuat permintaan akan tanaman hias belakang makin meningkat. 

Kabar baiknya bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha di masa pandemi virus Corona ini, bisnis tanaman hias bisa jadi pilihan tepat. Permintaan sedang banyak, tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dan bisa dijalankan dari rumah. Itulah beberapa kelebihan dari bisnis tanaman hias.

Tapi tentunya untuk menjalankan bisnis tanaman hias Anda perlu mengetahui jenis-jenis tanaman hias yang lagi trend saat ini di Indonesia. Dengan mengetahui jenis tanaman hias yang lagi trend akan memudahkan Anda menentukan tanaman apa saja yang akan Anda jual. 

9 Jenis Tanaman Hias yang Lagi Trend dan Cocok untuk Bisnis

Umumnya orang menyukai tanaman hias karena keindahan bentuknya. Namun tak hanya itu kelebihannya, tanaman hias juga bermanfaat meningkatkan penghijauan dalam ruangan sehingga udara jadi lebih bersih. Inilah yang membuat tanaman hias memiliki begitu banyak penggemar.

Yuk, simak apa saja jenis tanaman hias yang lagi trend dan bisa Anda jadikan bisnis.

1. Tanaman hias Aglaonema (sri rejeki)

tanaman hias sri rezeki

Credit: republika.co.id

Jenis tanaman hias yang lagi trend yang pertama adalah aglaonema atau yang biasa disebut sri rejeki. Tanaman hias ini termasuk yang paling banyak digemari dan dimiliki masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, tanaman hias sri rejeki ini melambangkan kemakmuran rejeki. 

Tanaman hias sri rejeki ditetapkan oleh NASA ke dalam kategori tanaman yang efektif untuk menghilangkan polutan udara dalam rumah seperti formaldehida dan benzena. Dengan begitu keberadaan tanaman hias ini tak hanya membuat ruangan jadi cantik tapi juga menjadikan udara lebih bersih. 

Kelebihan lainnya dari tanaman hias sri rejeki yaitu kemudahannya dalam hal perawatan. Anda tak memerlukan perawatan khusus untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan baik di rumah.

2. Tanaman hias Begonia 

tanaman hias begonia

Credit: gardenersdream.co.uk

Tanaman hias yang lagi trend berikutnya yaitu Begonia. Tanaman hias ini cocok dengan iklim tropis Indonesia, lho. Namun, jika ditempatkan di wilayah yang lembab pun tanaman ini tetap dapat tumbuh dengan baik. Itu sebabnya tanaman hias Begonia ini banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias.

Tanaman ini termasuk yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh dengan baik. Jadi Anda bisa dengan aman menempatkannya di ruangan yang tak terkena sinar matahari tanpa khawatir tanaman akan layu. 

Menariknya tanaman hias begonia tak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai obat untuk membantu menyembuhkan luka, bengkak, dan juga demam. 

3. Tanaman hias Earth star (cryptanthus)

tanaman hias earth star

Credit: jordansjungle.net

Tanaman hias yang satu ini termasuk yang memiliki tampilan unik sekaligus cantik. Warnanya mencolok dengan daun berbentuk mirip bintang laut dan terdapat gelombang pada pinggiran daunnya. Dialah earth star atau yang dikenal juga dengan nama cryptanthus.

Earth star juga termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman hias yang lagi trend dan cocok dijadikan bisnis.

Baca juga: 7 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias bagi Pemula Agar Tidak Tekor

Dengan tampilannya yang memukau inilah sehingga banyak kolektor tanaman hias yang mengincarnya.

Tanaman hias earth star ini akan tumbuh dengan optimal jika mendapat sinar matahari yang cukup. Saat kekurangan sinar matahari daunnya akan tampak pudar dan kurang menarik. 

Sedangkan jika terlalu terkena sinar matahari yang berlebihan maka daunnya akan berubah menjadi keputihan. Jadi pastikan tanaman hias ini mendapatkan sinar matahari yang cukup namun tak berlebihan agar Anda dapat menikmati keindahannya secara maksimal. 

4. Tanaman hias Kadaka

tanaman hias kadaka yang lagi trend

Credit: IG idea.grid.id

Kadaka juga termasuk ke dalam jenis tanaman hias yang lagi trend sekaligus dapat Anda jadikan sebagai bisnis. Sebab keindahan tanaman hias yang satu ini memang tak diragukan.

Kadaka yang biasa disebut paku sarang burung ini memang memiliki tampilan yang menyejukkan dan cantik. 

Tanaman hias kadaka mempunyai daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Daunnya tumbuh merata ke segala penjuru arah mata angin dan menyerupai sarang burung. Itu sebabnya tanaman hias ini juga dikenal dengan nama paku sarang burung. 

Berbeda dengan tanaman hias earth star yang membutuhkan cukup sinar matahari agar tumbuh optimal, kadaka justru cocok diletakkan di tempat teduh. Tanaman hias ini dapat tumbuh dengan baik meski tidak terkena sinar matahari, seperti di dalam ruangan rumah. 

5. Tanaman hias Monstera 

tanaman hias monstera yang lagi trend

Credit: haibunda.com

Jika bicara mengenai jenis tanaman hias yang lagi trend dan cocok untuk bisnis pastinya yang satu ini tak boleh dilewatkan. Sebab tanaman monstera ini termasuk yang paling unik dan menawan. Bentuk daun tanaman hias ini sangat unik, ada robekan dan lubang pada setiap daunnya. 

Di Amerika tanaman hias monstera ini juga disebut Swiss cheese karena bentuknya yang mirip dengan keju Swiss yang berlubang. Di Indonesia, jenis yang paling digemari adalah monstera deliciosa dan monstera obliqua. 

Jenis tanaman hias monstera deliciosa dapat tumbuh besar hingga tingginya mencapai 20 cm. Karena ukurannya yang besar serta daunnya yang lebar inilah tanaman hias monstera deliciosa umumnya diletakkan di dalam pot dan ditaruh di lantai.

Sedangkan monstera obliqua ukurannya lebih kecil begitupun daunnya, sehingga Anda dapat meletakkannya di atas meja.

6. Tanaman hias Sansevieria (lidah mertua) 

tanaman hias lidah mertua

Credit: rogersgardens.com

Sebenarnya sansevieria ini merupakan tanaman hias yang lebih dulu menjadi trend dibanding tanaman hias lainnya dalam daftar ini. Namun hingga kini pamornya tak pernah surut meski bermunculan trend tanaman hias baru.

Sansevieria ini termasuk dalam golongan tanaman sukulen yang tahan banting dan mudah perawatannya. Salah satu keunggulan tanaman hias ini yaitu berfungsi menetralisir zat-zat berbahaya (polutan) di udara, salah satunya asap rokok. 

7. Tanaman hias Sukulen (kaktus) 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Souvenir Kaktus & Pot Gerabah (@kaktusqulucu) on

Pastinya, sukulen juga termasuk dalam daftar jenis tanaman hias yang lagi trend belakangan ini. Tanaman sukulen mempunyai daun yang tebal dan berdaging yang berfungsi untuk menyimpan air.

Itu sebabnya tanaman ini sangat hemat air, Anda tak perlu sering-sering menyiramnya. Cukup disiram satu atau dua kali seminggu menggunakan semprotan agar tidak terlalu basah.

Baca juga: 9 Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

Diantara sekian banyak jenis sukulen, kaktus merupakan yang paling banyak digemari. Khususnya untuk jenis kaktus mini yang belakangan banyak dijual dengan berbagai dekorasi pot unik dan menarik. 

8. Tanaman hias Philodendhron 

tanaman hias yang lagi trend

Credit: thespruce.com

Anda menyukai jenis tanaman hias yang cocok untuk dijadikan dekorasi gantung pada teras atau halaman belakang rumah? Nah, jenis tanaman hias yang lagi trend berikut ini bisa jadi pilihan tepat, lho. Anda juga dapat menjadikannya pilihan bagus jika ingin bisnis tanaman hias, sebab tanaman philodendhron ini termasuk yang banyak dicari. 

Philodendhron mempunyai warna yang cantik dengan bentuk daun yang unik. Tanaman hias ini memiliki ratusan spesies di seluruh dunia, dimana setiap spesiesnya mempunyai keunikan masing-masing. 

9. Tanaman hias Wijaya kusuma kupu-kupu

tanaman hias yang lagi trend

Credit: artikel.rumah123.com

Selain philodendhron, jenis tanaman hias yang lagi trend berikut ini juga manis untuk dijadikan dekorasi tanaman gantung. Tanaman hias wijaya kusuma kupu-kupu atau yang dikenal dengan nama epiphyllum chrysocardium ini mempunyai bentuk daun yang panjang melengkung. Pokoknya cantik, deh!

Tak hanya itu yang membuat tanaman hias ini menarik, pada waktu-waktu tertentu tanaman ini pun dapat menghasilkan bunga putih mekar dengan warna keemasan. Maka tak heran bukan jika wijaya kusuma kupu-kupu ini cocok dijadikan bisnis, sebab tampilan kecenya membuat ia banyak diminati. 

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang lagi trend dan cocok untuk Anda jadikan bisnis. Mana nih yang jadi favorit Anda? 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top