Indo Blog Net

kesehatan

4 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

cara meningkatkan imunitas

Merebaknya wabah virus Corona di Indonesia sejak awal Bulan Maret ini memang menghadirkan kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah dekat dengan mereka yang dinyatakan positif Corona.

Memang ada beberapa cara pencegahan yang belakangan ini sangat sering kita dengar, mulai dari rajin mencuci tangan, menggunakan masker, sebisa mungkin menghindari tempat keramaian, dan lain-lain. Namun sebenarnya, ada hal yang lebih penting dari itu semua, yaitu memperkuat sistem imunitas tubuh kita sendiri. 

Baca juga: Cegah Corona dengan 8 Tanaman Pembersih Udara Berikut Ini

Pentingnya Menjaga Imunitas Tubuh 

Sistem imun (kekebalan) tubuh sangat penting agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, termasuk virus Corona. Sistem imun tubuh tak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit saja, tapi juga untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Sistem imun ini berperan dalam membuang sel-sel tubuh yang tidak normal dan dapat membahayakan tubuh. Selain itu, sistem imun juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan di dalam tubuh sehingga Anda selalu sehat. 

Agar imunitas tubuh selalu terjaga dengan baik Anda perlu menjalankan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat ini meliputi banyak hal, diantaranya: mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga, tidur berkualitas, meminimalisir stress, dan lain-lain.

Di samping itu, Anda juga memerlukan suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebaiknya pilihlah suplemen alami yang berasal dari alam dan tanpa tambahan bahan-bahan kimia sehingga manfaatnya pun akan optimal. 

4 Tanaman Herbal Paling Ampuh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di sekitar kita sebenarnya ada beberapa tanaman herbal yang berfungsi sebagai suplemen alami untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya suplemen alami ini lebih aman bagi tubuh serta minim efek samping. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini mengenai 4 tanaman herbal yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh.

1. Kunyit

Kunyit adalah tanaman herbal yang pertama akan kita bahas. Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica Val atau Curcuma Longa. Kunyit telah digunakan selama 2500 tahun yang awalnya berasal dari wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Saat ini kunyit banyak dijumpai di negara-negara seperti Indonesia, India, Bangladesh, Taiwan, Cina, Jamaika, Sri Langka dan Himalaya. Kandungan utama yang terdapat pada kunyit adalah kurkuminoid dan minyak atsiri. Kurkuminoid inilah yang memberikan warna kuning pada kunyit. 

tanaman herbal meningkatkan imunitas

Credit: pixabay.com

Berdasarkan banyak penelitian, kunyit dinyatakan dapat memperkuat sistem imunitas tubuh. Senyawa yang terdapat dalam kunyit bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri serta virus.

Mengonsumsi kunyit secara rutin akan membuat Anda lebih sehat dan terlindung dari infeksi, khususnya infeksi lambung dan usus. Anda tentu sudah sering dengar mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk maag. 

Senyawa kurkumin yang terkandung pada kunyit bersifat sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan, ada beberapa ilmuwan yang menyatakan bahwa kurkumin ini efektif melawan sel kanker, terutama sel kanker usus. Kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, mengurangi asma, hingga menyehatkan kulit.

Anda bisa mengonsumsi air perasan kunyit yang ditambahkan madu alami atau air putih. 

2. Temulawak

Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorrhiza ini merupakan tanaman herbal asli Indonesia, tepatnya berasal dari wilayah Pulau Jawa. Sekilas warna dan bentuknya memang mirip dengan kunyit, namun Temulawak memiliki warna yang lebih gelap (cenderung oranye). Sama halnya dengan kunyit, temulawak juga mengandung senyawa kurkuminioid dan minyak atsiri sebagai kandungan utamanya. 

tanaman herbal untuk imunitas

Credit: shutterstock.com

Temulawak sejak lama telah dikenal sebagai salah satu suplemen alami yang mengandung antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Temulawak juga kerap dijadikan solusi alami untuk menambah nafsu makan pada anak. Tanaman herbal ini berfungsi sebagai anti inflamasi yang dapat mencegah dan mengobati peradangan dalam tubuh.

Tak hanya itu, Temulawak juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit maag, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda bisa membeli bubuk ekstrak Temulawak alami (yang tanpa menggunakan bahan campuran lain), kemudian meminumnya dengan dicampur madu agar lebih enak. 

3. Jahe Merah

Jika umumnya kita mengenal Jahe Putih sebagai salah satu rempah yang sering dijadikan bumbu masakan, Jahe Merah lebih dikenal sebagai rempah dalam obat-obatan alami. Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale Rosc ini memang ada beberapa macam, dan yang paling populer penggunaannya adalah Jahe Putih dan Jahe Merah.

Namun kali ini kita akan membahas mengenai Jahe Merah sebagai suplemen alami untuk meningkatkan imunitas tubuh.

tanaman herbal

Credit: shutterstock.com

Jahe Merah mengandung sejumlah senyawa alami seperti shogaol, gingerol, dan zingeron yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Jahe Merah dapat membantu penyembuhan penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat, diantaranya: mengatasi mual dan muntah, meredakan nyeri, mengurangi peradangan, mengatasi sakit kepala, mengatasi batuk, dan lain-lain.

Untuk menjaga imunitas tubuh, Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe yang ditambahkan gula merah atau madu alami sebagai pemanisnya. 

4. Bawang Putih

Jenis tanaman herbal yang satu ini sepertinya jadi yang paling familiar di antara yang lainnya dalam daftar ini. Bawang Putih merupakan salah satu bumbu wajib yang terdapat pada masakan sehari-hari.

Namun, ternyata Bawang Putih ini tak hanya membuat masakan jadi lebih sedap dan harum, tapi juga bermanfaat sebagai obat alami berbagai penyakit, termasuk untuk meningkatkan imunitas tubuh. 

meningkatkan imunitas

Credit: pixabay.com

Bawang Putih yang memiliki nama latin Allium Sativum ini diperkaya dengan kandungan sulfur serta antioksidan. Tak hanya itu, Bawang Putih juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Bawang Putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengendalikan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak, menurunkan risiko kanker, dan lain-lain. 

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, Anda dapat mengonsumsi bawang putih mentah yang dicampur dengan madu alami untuk mengurangi bau dan rasa yang kurang enak. Bagi Anda yang memiliki lambung sensitif sebaiknya hindari mengonsumsi Bawang Putih mentah saat perut kosong. 

Keempat tanaman herbal di atas sangat mudah kita temukan, bukan? Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa membeli jahe, kunyit, serta temulawak yang dijual dalam bentuk ekstrak.

Bawang Putih pun saat ini banyak dijual dalam bentuk bubuk, sehingga memudahkan Anda mengonsumsinya. Namun, pilihlah suplemen alami yang tanpa menggunakan bahan campuran lain. Ini bisa Anda peroleh di toko-toko yang menjual produk-produk sehat atau organik. 

Nah, dari keempat tanaman herbal di atas, yang mana pilihanmu dan apa alasannya? Silakan share di kolom komentar, ya 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top