Indo Blog Net

kesehatan

Tanaman Bidara yang Dipercaya Bisa Menangkal Gangguan Sihir

Tanaman Bidara yang Dipercaya Bisa Menangkal Gangguan Sihir

Kalau melihat pohon bidara ini atau dikenal dengan nama latinnya Ziziphus mauritiana, merupakan sejenis pohon kecil yang tumbuh di daerah kering.

Bagikan Jika Bermanfaat

Waktu menemani tamu dari Tangerang mengunjungi Taman Gua Sunyaragi, di sana banyak ditanam tanaman bidara. Dan pemandu wisatanya juga menawarkan kalau mau beli pohon bidara ini. Menurutnya pohon bidara ini adalah pohon yang bisa mengusir jin dari tubuh manusia. Karena sibuk menemani tamu, alhasil pohon bidara terlupakan begitu saja. Sampai akhirnya teringat kembali dengan pohon ini saat melewati Taman Gua Sunyaragi.

Ternyata tanaman bidara ini memiliki banyak keunikan tersendiri, banyak manfaatnya serta ada sejarahnya dalam beberapa hadits dan Quran.

Tanaman Daun Bidara

Kalau melihat pohon bidara ini atau dikenal dengan nama latinnya Ziziphus mauritiana, merupakan sejenis pohon kecil yang tumbuh di daerah kering. Pohon bidara ini termasuk tanaman perdu dengan tinggi 15 meter dan panjang batang hanya 40 cm saja.

Cabang-cabang batang menyebar dan menjuntai dengan ranting yang simpang siur tumbuhnya. Batangnya ditumbuhi dengan duri sendiri atau berpasangan. Daun tunggal dan letak berselang seling, helai daunnya berbentuk bulat telur menjorong dan tepi daunya rata.

Dibagian atasnya mengkilap, berbulu halus dengan warna keputihan. Di bagian bawah daun ada tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar dengan tangkai yang pendek. Bunga berbentuk payung dan tumbuh di ketiak daun terdiri dari 7-20 kuntum. Ukuran kecil dengan warna kekuningan dan sedikit harum. Kelopak bunga bertajuk lima dengan bentuk segitiga dan memiliki rambut di bagian luar sedang di bagian dalam tak memiliki rambut.

Buahnya berbentuk bulat telur. Buahnya agak besar pada tanaman bidara yang dibudidayakan, sedang yang tidak dibudidayakan ukurannya lebih kecil. Warna buah kekuningan, kemerahan dan saat matang berwarna kehitaman. Daging buah berwarna putih dengan rasa masam sampai manis.

Manfaat Tanaman Bidara

Tanaman bidara ini sekarang sudah banyak yang dibudidayakan karena ternyata manfaatnya juga banyak, diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan jantung. Biasanya dimakan langsung daunnya atau dibuat jus. Dengan konsumsi rutin dapat mencegah dan mengobati gangguan jantung.
  2. Mempercepat penyembuhan luka. Daun ini diaplikasikan langsung di atas luka karena mempunyai sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menyembuhkan luka sayatan atau goresan. Bisa juga dimanfaatkan untuk luka bakar.
  3. Mengatasi gangguan tidur. Dengan cara minum teh daun bidara. Karena teh daun ini mengandung saponin yang bisa membuat efek menenangkan sehingga membuat kita menjadi lebih mudah tidur.
  4. Baik untuk sistem pencernaan. Bisa dengan cara langsung mengonsumsi daunnya, direbus terlebih dahulu, atau mengkonsumsi teh daun bidara. Daun bidara ini bisa mengeluarkan racun yang ada di pencernaan sehingga dapat mencegah infeksi pencernaan.
  5. Menurunkan resiko diabetes. Dengan cara mengonsumsi rebusan daun bidara bisa menstabilkan gula darah.
  6. Menjaga kesehatan kulit. Daun bidara juga bisa digunakan untuk masker sehingga bisa menghaluskan kulit.
  7. Membersihkan tubuh. Daun bidara bisa untuk membersihkan tubuh sehingga sering dibuat untuk bahan sabun. Selain itu bisa mengatasi keputihan pada wanita.

Dan masih banyak lagi manfaat tanaman bidara. Sekarang sudah banyak dibudidayakan dan dijual di toko-toko tanaman. Pada waktu kunjungan ke Taman Gua Sunyaragi, pemandu wisatanya menawarkan tanaman bidara ini. Dan ternyata lagi tanaman bidara ini juga bisa mengusir jin atau gangguan sihir.

Tanaman Bidara Dalam Al-Qur’an

Pada jaman nabi pun digunakan tanaman ini. Dalam bahasa Arab bidara adalah sidr. Sidr ini ternyata ada di beberapa ayat dalam kitab Quran.

Seperti Surat As-Saba ayat 16:

“Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr/bidara.”

Kemudian Surat Al-Waqi’ah ayat 28:

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak.”

Untuk mengusir jin atau gangguan sihir dengan cara mengambil daun bidara dengan banyak hitungan ganjil dan masukan ke dalam air (dalam gelas). Dan minumkan ke orang yang mendapat gangguan sihir yang sebelumnya dibacakan surat Al Fatihah, ayat kursi dan surat lainnya. Namun agar hasilnya maksimal kita harus berserah diri pada Allah SWT saja.

Bagi yang mau menanam tanaman bidara ini, saat ini sudah banyak dijual dan dibudidayakan, sehingga memudahkan orang yang mau mencoba menanamanya. Dan kelak bisa diambil manfaatnya sebanyak-banyaknya, aamiin.

Sumber gambar: lamosea.co.id

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Sebuah karya yang luar biasa kreatif dibuat karena cintanya yang kuat pada Indonesia.

Semoga karya Kak @ekagustiwana ini benar-benar bisa membawa energi kedamaian bagi bangsa ini.

Baik Pak Jokowi - Amin dan Pak Prabowo - Sandi adalah orang-orang yang hebat, berani maju untuk membangun Indonesia.

Jangan biarkan mereka beradu dan rakyat Indonesia berpecah belah karena adu domba mereka yang tak ingin melihat Indonesia maju.

Mari selamatkan generasi yang akan datang dari mentalitas pecundang yang suka dan senang membuat perpecahan.

Percayalah tak ada keberkahan dan kemajuan, jika bangsa ini dibangun dari kebencian dan dendam.

Salam damai untuk Indonesia terus berjaya ❤

#Indonesiadamai #Indonesiajaya #Indonesiabersatu #pemiludamai

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top