Gaya Hidup

Tak Ingin Cepat Tua, Tinggalkan 7 Kebiasaan Ini

 

Menua memang bagian dari hidup manusia. Secara alami hal itu akan terjadi pada siapa saja. Agar terlihat lebih muda banyak orang mengandalkan polesan kosmetika. Belakangan orang bahkan melakukan operasi plastik bernilai jutaan rupiah demi menjaga tampilan tetap awet muda. Asal tahu saja, sesungguhnya ada cara yang lebih sederhana untuk mengatasi problem penuaan tersebut. Berikut ini tujuh kebiasaan yang harus ditinggalkan agar wajah awet muda:

1. Tidak menggunakan tabir surya saat beaktifitas di luar ruangan

Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih bila beraktifitas di luar ruangan. Terutama di jam 10.00-16.00. Tak hanya menimbulkan kerutan, serangan sinar UV pada jam-jam tersebut bisa menimbulkan noda matahari, kulit yang tidak merata, kering, bahkan menggelapkan. Agar perlindungan lebih maksimal jangan lupa untuk mengenakan tabir surya di telinga, leher, lengan, juga tangan.

2. Merokok

Kerut atau keriput memang tak bisa dihindari. Itu merupakan bagian alami dari penuaan. Akan tetapi, keriput akan timbul lebih cepat bagi anda perokok aktif. Ada dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Pertama, produksi kolagen yang penting bagi elastisitas kulit berkurang karena bahan kimia rokok. Kedua, gerakan menghisap yang dilakukan berulang akan menimbulkan kerutan terutama di seputar area mulut dan hidung. Selain itu merokok juga membuat pembuluh darah di lapisan atas kulit menyempit, sehingga wajah jadi pucat dan kusam karena pasokan oksigen dalam darah berkurang. Tidak hanya berefek buruk pada wajah, warna kulit dan kuku juga berubah warna jadi lebih kusam. Ini justru membuat Anda terlihat lebih tua dari seharusnya.

3. Kurang minum air

Kurang minum air menyebabkan kulit kekurangan cairan. Akibatnya kelembaban kulit pun berkurang. Tidak mengherankan bila kulit tampak berkerut, kering, dan kusam. Bahkan garis-garis wajah terlihat lebih dalam. Untuk menanggulangi hal ini biasakan minum air putih sebanyak delapan gelas secara teratur. Selain menyegarkan, minum air yang cukup juga dapat dapat menekan rasa lapar. Apabila Anda melakukan olahraga, jangan ragu untuk minum air lebih banyak agar tubuh tak dehidrasi.

4. Malas membersihkan wajah

Penumpukan kotoran pada kulit akan menyebabkan kulit terlihat kotor dan kusam. Jika dibiarkan terus menerus akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan terjadinya kulit kering, jerawat serta komedo.

5. Kurang Tidur Malam

Kurang tidur malam menyebabkan kelelahan. Bila dibiarkan terus-menerus, tubuh akan melepaskan banyak hormon kortisol (hormon yang membantu mengelola stres). Dalam jumlah berlebih, kortisol akan memecah kolagen atau protein yang dibutuhkan kulit agar tetap halus dan elastis. Akibatnya kulit menjadi kusam, dipenuhi garis-garis halus, dan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

6. Minum Alkohol

Konsumsi alkohol membuat tubuh mengalami kekurangan cairan. Efeknya ginjal bekerja dua kali lipat agar keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Bila dibiarkan terus-menerus kulit akan mengering karena kelembaban alaminya hilang. Tak hanya itu, alkohol juga menjadi penghalang masuknya nutrisi dan mineral masuk ke dalam sel-sel kulit. Efeknya kulit menjadi lebih pucat dan tak segar.

7. Terlalu banyak konsumsi gula

Dalam tubuh, gula akan dikonversi menjadi glukosa. Bila memasuki aliran darah, glukosa akan menyerang protein kulit dan membentuk formula baru yang disebut advanced-glycation end products atau AGEs. Semakin banyak AGEs terbentuk akan merusak kolagen pada kulit yang bertanggung jawab pada kekenyalan kulit. Atau gampangnya semakin banyak konsumsi gula kulit akan semakin mengerut dan mengendur.

 

 

Image source: pixabay.com

Editor: Indoblognet

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo MB Friends, specially kalian BLOGGER PONTIANAK. Ikutan lomba ini yuk πŸŽ‰πŸŽ‰ .
Berikut detail hadiah dan syarat ketentuannya, yahhh πŸ˜‰
.
Hadiah:
.
βœ“ Terbaik 1 : Rp 1 juta, produk sponsor, sertifikat
βœ“ Terbaik 2 : Rp 700 ribu, produk sponsor, sertifikat
βœ“ Terbaik 3 : Rp 500 ribu, produk sponsor, sertifikat
.
Syarat dan ketentuan:

1. Blogger berdomisili di Pontianak dan sekitarnya

2. Follow media sosial Instagram @mbcommunication, @indoblognet @pontianak_creative

3. Bisa menulis di blog personal atau situs netizen seperti Kompasiana,Indonesiana, Indoblognet, dan sebagainya

4. Menuliskan dalam paragraf unsur kalimat berikut ini :

MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing, Β creative branding, dan cyber public relation. (memberikan link pada anchor text ” Jasa SEO Berkualitas dan Terpercaya ” ke http://mbcommunication.co.id)

5. Menyebarkan kata kunci dalam tulisan : profesional blogger, blogger profesional, blogger Indonesia, dan blogger terkenal.

6. Periode lomba : 1 – 25 Juli 2018

7. Pengumuman : 5 Agustus 2018 saat Kopdar SEOWebmaster ke-3

8. Jumlah kata minimal 500 kata

9. Peserta boleh menulis lebih dari satu tulisan

10. Link postingan lomba dikirimkan ke email kami (cek bio)
.
PS: Info selengkapnya bisa dicek di www.indoblognet.com yah (cek bio)
.
Yukkk berpartisipasi πŸ€—πŸ€—
.
#bloggerpontianak #lombablog #mbcommunication

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top