Gaya Hidup

Tak Gemar Membaca? 7 Manfaat Ini Terlewat Olehmu

Banyak yang menganggap membaca kegiatan yang membosankan. Hanya duduk bengong sambil membolak-balik bacaaan apa bagusnya? Hanya buang waktu saja. Mending melakukan hal lain yang lebih keren seperti bersepeda, hiking, atau olahraga lainnya. Hasilnya lebih nyata, tubuh jadi lebih bugar daripada mereka yang cuma bengong sambil ‘nongkrongin’ buku. Well, ada benarnya juga. Tetapi sebelum Anda lebih jauh mengemukakan argumen Anda, ada baiknya membaca 10 manfaat yang terlewat karena tak suka membaca berikut ini:

1. Menjaga otak tetap kuat

Tak ubahnya tubuh kita, otak memerlukan latihan agar tetap sehat dan kuat. Membaca adalah salah satu cara untuk melatihnya selain permainan yang mengasah otak seperti puzzle dan catur. Bagaimana tidak? Membaca membuat otak tetap aktif dan terhubung dengan baik. Hal ini rupanya mampu mencegah otak kehilangan kekuatannya sehingga ingatan tetap tajam dan tidak mengalami kemunduran di masa tua. Oleh karena Anda tak bisa lagi meremehkan kegiatan sederhana yang ternyata berefek luar biasa ini!

2. Membuat Anda lebih tenang

Banyak aspek yang membuat stres dalam hidup Anda. Entah itu secara pribadi, pekerjaan, hubungan dengan pasangan, dan hal-hal kecil yang terjadi dalam keseharian. Membaca adalah cara yang efektif untuk menurunkan level kekhawatiran dan stres yang Anda alami. Menurut Dr. David Lewis pada The Telegraph, membaca mampu menurunkan tingkat stress sebesar 68%. Lebih tinggi jika dibandingkan dengan mendengar musik, minum teh atau kopi, berjalan-jalan, atau main video game. Efeknya Anda jadi jauh lebih tenang tanpa perlu keluar banyak uang. See, asyik bukan? Jadi, ambillah buku apa saja yang Anda suka, larutlah didalamnya, dan biarkan tekanan mengalir keluar dari hidup Anda.

3. Bertambahnya Ilmu Pengetahuan

Membaca memberikan Anda banyak pengetahuan. Memiliki banyak pengetahuan meningkatkan daya pikir dan memperluas cakupannya di saat yang sama. Sekaligus mempersingkat waktu belajar banyak hal melalui pengalaman orang-orang yang lebih expert dari Anda. Seiring banyaknya pengetahuan yang anda dapat, self esteem pun meningkat. Ujung-ujungnya kepercayaan diri turut terdongkrak. Dan hal lain yang tak kalah penting membaca mampu membuka pikiran Anda terhadap berbagai kemungkinan dan gagasan-gagasan baru serta membantu menyiapkan Anda menghadapi beragam tantangan di masa depan. Satu hal yang pasti saat Anda kehilangan banyak hal dalam hidup—uang, pekerjaan, belahan jiwa— pengetahuan akan tetap tinggal. Ia akan bercokol di kepala Anda. Dan dengannya pula Anda menjadi orang yang luwes dan bijak menghadapi kesulitan.

4. Kosakata semakin bertambah

Dengan semakin banyaknya buku yang Anda baca, semakin banyak pula kosakata yang Anda kuasai. Tidak hanya melesatkan kemampuan bicara, membaca juga membentuk Anda menjadi pribadi yang memiliki pengetahuan luas. Kemampuan semacam itu jelas sangat membantu pekerjaan Anda, apapun profesinya. Tak melulu pada profesi penulis saja.

5. Kemampuan menulis meningkat

Membaca beragam buku memberikan beberapa keuntungan. Pertama, pesatnya serapan kosakata. Kedua, pengetahuan dasar Anda pada beragam topik pun meningkat. Seiring dengan hal itu, kemampuan menulis Anda pun akan beranjak ke tingkat yang lebih baik. Membantu Anda menjadi penulis dengan kemampuan analitis yang baik—yang bagus dan meyakinkan pembacanya. Jika seseorang tak gemar membaca, tentu akan kesulitan ketika harus mengungkapkan gagasan dan idenya. Tak hanya karena lack of vocabulary, tetapi juga tidak memiliki pengetahuan cukup pada topik yang hendak dibahasnya. So, membaca itu ternyata penting banget ya?

6. Hiburan gratis

Hiburan tak selalu mahal. Meski kantong Anda tipis, Anda masih bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Cukup pergi ke perpustakaan dan Anda akan bisa mendapatkan beragam topik menarik untuk melewatkan hari tanpa perlu membayar. Mau ke China, Afrika, Eropa? Bisa! Melesat ke tahun-tahun silam untuk mempelajari sejarahnya? Bisa! Ingin tertawa? Banyak penulis komedi yang bisa membuat keinginan itu jadi nyata. Jika perpustakaan jauh dari tempat Anda, bisa juga pergi ke persewaan buku. Ambil saja satu judul novel yang menarik. Tenggelam bersamanya tak hanya menyenangkan tetapi juga membuat Anda belajar berempati.

7. Meningkatkan Empati

Membaca sebuah buku fiksi yang bagus, dengan narasi yang menarik mampu membawa Anda untuk larut dalam cerita. Membuat Anda merasakan pahit, getir, luka, dan beragam emosi yang dialami para tokohnya. Seperti dilansir oleh The Guardian, dua orang psikolog yaitu David Corner Kidd dan Emanuele berhasil membuktikan membaca buku fiksi meningkatkan kemampuan untuk mendeteksi dan memahami emosi orang lain. Yang mana keahlian tersebut amat diperlukan dalam hubungan sosial yang kompleks.

So, masih menganggap membaca tidak penting? Aih, Anda harus berpikir ulang. Justru agar bugar jiwa dan raga padukan saja kegemaran berolahraga dan membaca. Itu baru juara!

Image source: pixabay.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top