Kuliner

Tahu Gejrot Kuliner Maknyusss dari Cirebon

Kalau ke Cirebon jangan lupa cicipi kuliner yang namanya tahu gejrot. Rasanya ada asam, manis dan bikin seger kalau dimakan saat udara panas. Banyak kok dijual bukan saja di restoran bahkan di pinggir jalan ada yang jual atau tukang yang ngider keliling perumahan juga ada. Tahu gejrot itu terdiri dari tahu goreng yang dipotong-potong kotak-kotak dan diberi kuah. Kuahnya terdiri dari cabe, bawang merah, asam jawa, gula merah. Biasanya ditempatkan di piring kecil dari tembikar dan cara makannya dengan  tusuk lidi kecil. Tapi kalau di restoran sih sukanya pakai garpu plastik kecil.

Kenapa dinamai gejrot? Kuah tahu ini terdiri dari cabe, bawaang merah, asam jawa, gula jawa dan kecap yang dimasukkan ke dalam botol. Jadi saat dituangkan di atas tahunya terdengar suara jrot…jrot. Untuk tahunya agak berbeda dengan tahu lainnya, tahunya mirip tahu sumedang tapi ada yang berbeda isi tahunya lebih sedikit sehingga bagian tengah terlihat bolong besar. Katanya banyak orang tahu ini adalah produk gagal dalam pembuatan tahu, sehingga agar enak dimakan diberi kuah berbumbu sehingga akan menambah cita rasanya. Kalau melihat isi dari tahu gejrot adalah tahu. Tahu tentunya kandungan gizinya sangat banyak terutama protein nabatinya.

Kandungan protein dalam tahu sekitar 7,8 gram/100 gram dan kalsium 124 mg/100 gram, lalu dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 gr, hidrat arang 12,4 gr, air 86gr, lemak 0,1gr.

Dari tahu bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan seperti

  1. Mencegah penyakit jantung. Karena dengan makan tahu akan menurunkan kolesterol jahat tanpa menurunkan kolesterol baik.
  2. Sebagai sumber energi.
  3. Mencegah osteoporosis. Hal ini karena tahu banyak kandungan kasliumnya .
  4. Membantu menurukan berat badan. Ini dikarenakan protein pada tahu tidak menyebabkan kita mudah lapar dan juga rendah kalorinya
  5. Berguna untuk wanita yang menopouse. Di saat menopouse kadar hormon estrogen berkurang dan fitoestrogen di dalam tahu ini bisa menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Nah, kalau mau bisa membuat sendiri tahu gejrot ini, ada resep sederhana yang bisa dicoba.

Bahan :

  • 25 buah tahu sumedang siap pakai
  • 300 ml air
  • 60 ml kecap manis
  • 35 gr gula merah
  • 5 sendok makan air asam jawa
  • 8 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabe rawit hijau ( atau sesuai selera )
  • garam secukupnya

Cara Membuat Tahu Gejrot :

  1. potong-potong tahu sumedang yang sudah siap pakai dengan ukuran sesuai selera
  2. campur bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam dan gula merah dalam satu wadah ( cobek ) lalu diulek kasar
  3. tuang air lalu tambahkan kecap manis dan air asam jawa kedalam bumbu yang diulek, aduk rata hingga menjadi kuah yang sedap
  4. masukkan potongan tahu kedalam kuah yang sudah dibuat, aduk sampai semua tahu tercampur rata dengan kuah
  5. tahu gejrot khas cirebon siap dihidangkan dan siap untuk dinikmati

Kalau ke Cirebon selain banyak wisata sejarah, kuliner khasnya juga banyak termasuk tahu gejrot ini. Jadi jangan lupa untuk mencicipi tahu gejrot . Kalau di tempat tinggal tak ada yang jualan tahu gejrot bisa membuat sendiri dengan resep sederhana di atas. Tapi di beberapa kota sudah banyak dijual tahu gejrot di resto di mall-mall.

Sumber gambar : https://travelingyuk.com

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Regrann from @kemenkopukm -  #DirgahayuKoperasi Indonesia ke 71 #Kemenkopukm #koperasi #Harkopnas71 #Harkopnas2018 - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top