Menulis Yuk

Tagihan PLN-mu Membengkak? Ketahui Dulu Perangkat Listrik Berdaya Tinggi Ini!

Kebutuhan listrik saat ini di Indonesia sudah semakin besar, mengingat listrik memang menjadi hal penting untuk kehidupan. Untuk bisa menikmati listrik, maka sebagai pelanggan, kita wajib membayar sejumlah biaya. Tetapi ternyata banyak sekali masyarakat yang kerapkali kaget karena harus membayar tagihan PLN yang membengkak. Salah siapa coba? Sebetulnya ini adalah salah diri sendiri dalam mengatur penggunaan listriknya. Baik disadari ataupun tidak, biaya yang muncul tentu didasarkan pada penggunaan kita terhadap listrik tersebut kan, ya?

Setiap perangkat elektronik di rumah pastilah membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda, ada yang kecil dan ada juga yang butuh daya besar. Untuk itu, perlu juga nih, kita mengenal beberapa perangkat elektronik yang butuh daya besar, karena beberapa perangkat inilah yang bisa menjadi alasan mengapa tagihan listrik kita jadi sangat besar. Dengan mengetahuinya, maka kita pun jadi lebih bisa mengontrol penggunaan dari masing-masing perangkatnya. Berikut ini beberapa perangkat listrik yang butuh daya besar:

1. Lampu rumah

Lampu sudah jadi benda penting yang berfungsi untuk menerangi seluruh rumah ketika gelap dan malam tiba. Apabila kamu adalah pengguna lampu pijar ataupun lampu neon, maka wajar aja jika tagihan listriknya cukup besar, karena memang lampu kecil ini butuh daya yang besar. Nah, untuk kamu yang ingin lebih menghemat pengeluaran, maka bisa mengganti lampu pijarnya dengan lampu jenis LED yang terbukti lebih hemat listrik, lho. Memang harga lampu LED lebih mahal dibanding lampu pijar atau neon, tapi kita bisa menghemat lebih banyak karena lampu LED lebih awet dan hemat listrik.

2. Rice cooker

Nasi adalah bahan makanan yang pokok di Indonesia. Itulah mengapa rice cooker hadir sebagai solusi untuk kita dalam memasak nasi lebih cepat. Praktis banget, kita hanya perlu memencet tombolnya aja. Setelah matang pun, rice cooker akan membantu nasi untuk bisa tetap hangat dan awet. Sebanding dengan manfaat besarnya, rice cooker mengonsumsi daya hingga 395 Watt. Jika ingin lebih menghemat bayar tagihan PLN secara online di toko online atau pun offline, maka kamu bisa memasak nasi dengan kompor lalu cukup menghangatkan memakai rice cooker.

3. Setrika

Setiap pemakaian setrika membutuhkan daya hingga 300 Watt. Namun banyak yang justru menggunakan setrika secara tidak bijak, misalnya saja dengan menyetrika sedikit demi sedikit ketika akan bekerja, anak akan sekolah atau momen tertentu. Hal ini justru akan sangat membebani listrik. Ada baiknya memakai setrika secara maksimal misalnya hanya 2 kali seminggu.

4. Kulkas

Menyimpan makanan serta minuman di dalam kulkas akan membuatnya lebih awet dan tahan lama. Menyalakan kulkas sampai 24 jam sudah menjadi hal yang biasa. Tapi jika kamu sedang dalam program penghematan listrik, maka ada baiknya untuk menyetelnya dengan suhu dingin yang tidak terlalu ekstrim, sehingga pemakaian listrik tetap stabil.

5. TV

Hiburan di rumah yang hampir selalu dimiliki oleh semua orang adalah TV. Tetapi jika kamu masih memakai TV tabung, maka harus bersiap jika tagihan listriknya bengkak karena TV tabung ini bisa menyerap hingga 100 watt meski hanya dipakai sementara saja. Untuk bisa lebih menghematnya, maka kita bisa mengganti menggunakan TV LED dengan daya 25 watt saja. Perbedaannya cukup besar, kan?

Itulah beberapa perangkat elektronik yang kerapkali menyedot daya amat besar. Untuk itu, lakukan penghematan sejak hari ini dan pastikan selalu bayar tagihan PLN tepat waktu, yaaa..

 

 

.

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top