Inspirasi

Surya Sahetapy: Meski Tuli tapi Sarat Prestasi

Apa yang ada di dalam benak Anda, ketika melihat sosok yang ada di dalam foto ini? Pasti komentar pertama yang terlontar adalah Cakep, ganteng, muda dan kemudian pertanyaan berikutnya Anda pasti mereka-reka, siapa gerangan cowok muda berwajah smiling face ini. Tapi, kalau melihat nama belakangnya, Anda pasti bisa langsung menebak, kalau dia adalah anak aktor dan artis Ray Sahetapy dan Dewi Yull.

Jawaban Anda tepat sekali!

Ya, dia adalah Panji Surya Sahetapy. Putra ketiga dari tiga bersaudara dari pasangan aktor dan artis senior tadi. Tapi, apa yang Anda ketahui tentang sosok anak muda bernama lengkap Panji Surya Sahetapy ini? Atau Anda sama sekali belum mengenalnya?

Baiklah, gue akan berbagi cerita tentang sosok Surya Sahetapy, yang menurut gue adalah anak muda yang bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang. Karena, diusianya yang masih muda (tangal 21 Desember nanti usianya memasuki angka 23 tahun), dia memiliki segudang prestasi yang patut dibanggakan. Tidak hanya membanggakan kedua orangtuanya, melainkan juga membanggakan bangsa kita, Indonesia.

surya1

What? Memang prestasinya apa?

Prestasinya banyak! Bahkan di usianya yang masih tergolong muda ini, dia sudah bisa mengepakkan prestasinya hingga ke Amerika dan beberapa Negara sana. Tapi, anak muda yang berprestasi di luar negerikan banyak? Betul, banyak. Tapi, bagi gue Surya cukup istimewa.

Istimewanya apa?

Kenapa istimewa? Ya, karena Sejak usianya memasuki 2 tahun, dokter akhirnya memvonis kalau Surya tidak bisa mendengar. Meski kedua orangtuanya sempat kecewa, namun, berkat perhatian dan kasih sayang yang begitu besar, Akhirnya Surya tumbuh menjadi anak yang tegar, pintar dan berprestasi. Rasa percaya dirinya juga sangat tinggi. Surya juga tumbuh sebagai pemuda yang mandiri.

Meski terlahir sebagai anak berkebutuhan Khusus, tidak membuat Surya patah semangat untuk menggapai cita-citanya. Surya justru ingin membuktikan kalau orang yang dianggap memiliki kekurangan juga bisa melebihi orang yang dianggap sempurna. Dan kata-katanya itu bisa dibuktikannya dengan sedert prestasi yang telah diraihnya.

Di usianya yang masih muda, Surya yang kini mengecap pendidikan di Universitas Siswa Bangsa Internasional (SBI) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Lone Star College, Amerika Serikat jurusan English Language Teaching. Surya saat ini tengah menempuh jenjang D3 tersebut sedang berusaha untuk menyelesaikan kuliahnya akhir tahun ini. Surya juga sempat magang di kantor Gubernur Jakarta, Basuki Thahaja Purnama. Ia magang dari bulan Desember 2015 hingga Maret 2016, dan ditempatkan di bagian staf magang pengawalan transparansi anggaran. Terlihat dari foto-foto di Instagramnya, Surya sering berfoto dengan staf dan Gubernur Ahok. Surya bersyukur, banyak program dan rencana-rencananya bersama teman-teman Tuna Rungunya diperhatikan dan dipertimbangkan oleh Gubernur Ahok.   “Selama ini hak-hak orang seperti saya dan teman-teman yang tidak bisa mendengar masih kurang diperhatikan. Itu sebabnya, saya berjuang agar kami juga memiliki kesamaan hak dengan manusia lainnya.” tegas Surya.

surya-s

PRESTASI-PRESTASI SURYA

Surya sering wara-wiri di sejumlah pertemuan dan kompetisi dunia. diantaranya, kompetisi Global IT for Youth with Disabilities di Bangkok, Thailand, Oktober 2013. Pada ajang tersebut, Surya berhasil menyabet juara ketiga. Surya juga sempat menjadi pembicara di VII World Congress of The World Federation of The Deaf di Istanbul, Turki, bersama dengan Laura Lesmana Wijaya. Nggak hanya itu, dia juga sempat menjadi wakil Indonesia dalam acara Mason Global di USA. Ia bahkan meeting di kantor PBB. Luar biasa!

Darah seni yang mengalir dalam tubuhnya ternyata mendorong Surya untuk terjun di dunia entertain. Sampai saat ini Surya sudah main dalam dua film. Yakni  Sebuah Lagu untuk Tuhan (2015)  dan  Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara (2016).

Sering diundang ke beberapa acara sebagai seorang Motivator. Karena keinginannya yang kuat untuk memberikan motivasi bagi penyandang Tuli yang merasa putus asa.

Sering ikut kongres tingkat internasional di beberapa Negara.

Surya juga sangat sayang pada kedua orangtua dan kakaknya Gizka, yang teah meninggal dunia tahun 2010 lalu. Rasa rindunya pada sang kakak sering dia tuangkan di akun instagramnya.

Apakah Anda masih sering dihinggapi rasa putus asa? Hmm, Anda harus berkaca pada Surya Sahetapy yang tidak pernah mengenal istilah putus asa.

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Terima kasih rekan-rekan blogger tekno dan lifestyle yang telah datang dan menyukseskan promosi peluncuran smartphone Polytron Prime 7 di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara (16/8). Semoga makin sukses dan lancar ngeblognya.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Akar Rumput Strategic Consultant (ARSC) dan Polytron.

@polytron.communityid @polytron.mobile 
#breakresistant #smartphonepolytron #Prime7 #PolytronPrime7

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top