Ekonomi

Strategi UKM Menembus Pasar Eropa

Era MEA banyak memberikan kesempatan dan peluang yang besar bagi pebisnis untuk go internasional. Bayang-bayang kesulitan, harus diminimalisasi. Karena pada kenyataannya sekarang  tidak sesulit yang dibayangkan. Asal memiliki tekad yang kuat, berkemampuan menghasilkan produk yang berkualitas dan mau berkolaborasi. Pemerintah saat ini banyak memberikan dukungan kemudahan, pun tidak sedikit mitra strategis yang turut memperlancar masuknya produk-produk Indonesia ke dunia Internasional. Salah satunya Mutigo Indonesia, yang komit tak sekedar memasarkan produk-produk unggulan Indonesia ke Eropa, sekaligus juga mengedukasi, mengkurasi dan mempertemukan langsung dengan potensial buyer di Eropa. Bahkan siap memfasilitasi UKM-UKM yang serius ingin melebarkan sayap bisnis di Eropa.

Pasar Eropa meski beberapa tahun lalu sempat melesu lantaran krisis ekonomi, kini mulai bangkit dan membangun optimisme pasar yang lebih dinamis. Hal ini juga didorong oleh pemerintah Indonesia yang menjemput bola dengan mengikuti berbagai pameran di sejumlah negara di Eropa, Sebut saja, pameran perabotan Salone del Mobile 2017 di Milan, Italia yang dihadiri Presiden Jokowi (4-9 April 2017). Di satu sisi, blue print kerja sama Uni Eropa-Indonesia untuk pembangunan Indonesia pun sudah dimatangkan dan siap dijalankan.  Tak ada waktu lagi untuk menunggu, saatnya UKM Indonesia bergerak dan solid membangun mitra kolaborasi yang strategis.

Menurut CEO Mutigo Indonesia, Fatmi Woro, peluang pasar produk Indonesia sangat besar di Eropa.  Berdasarkan pengamatannya selama beberapa tahun di Eropa, Fatmi menyaksikan  betapa masyarakat Eropa masih menilai kualitas produk Indonesia  lebih baik dibandingkan dengan negara tetangga.

“Produk Indonesia memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Eropa. Hanya saja sifatnya masih hidden market. Mereka tidak mengetahui bagaimana mendapatkannya,” papar Fatmi. fatmi menekankan, saatnya produk Indonesia harus lebih berani tampil dan diperbanyak jumlahnya.

Diakui Fatmi, saat ini  pasar Eropa dibanjiri produk-produk setipe dengan Indonesia yang berasal dari negara tetangga. Bahkan secara gamblang dengan penamaan sama dengan produk Indonesia. Ya, dari segi historis, memang banyak kemiripan produk kita dengan negara ASEAN, secara masih serumpun.  Namun begitu, ada blessing-nya, produk kita jadi makin dikenal. Negara tetangga, menurut Fatmi Woro secara tidak langsung ikut memperkenalkan produk-produk Indonesia melalui jualan mereka.

 “Seadainya orang Eropa disuruh memilih, pasti mereka akan lebih memilih produk dari Indonesia ketimbang dari Thailand atau Filipina.  Karena apa ? Halal. Pasar Eropa lebih melihat pada proses, tak hanya visual produk saja !” terang Fatmi meyakinkan.

Aspek kehalalan telah memiliki daya tarik tersendiri bagi market Eropa.  Halal dalam pengertian yang lebih luas, yaitu sebuah sistem manajemen dan kualitas yang memberikan jaminan terhadap rasa nyaman dan aman, karena kebersihan, kesehatan, tanpa terkecuali sistem yang memanusiakan manusia, hewan dan dan sebagainya. Belum lagi untuk kuliner, dari segi taste, rasa Indonesia masih dinilai lebih lezat, kaya akan kandungan rempah-rempah dan kreatif dalam pengolahannya.

Pasar Eropa merupakan incaran bagi pebisnis. Pasalnya, jika produk kita berhasil masuk Eropa, akan sangat mudah untuk ekspansi ke Amerika dan belahan dunia  lainnya. Belgia, adalah salah satu pintu masuk impor produk yang strategis ke Eropa.

Komitmen Mutigo Indonesia Melesatkan Produk UKM ke Pasar Eropa

Mutigo Indonesia, sebelum berkiprah sebagai konsultan dan business development bagi UKM, awalnya merupakan  Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) yang bergerak di bidang manufacture leather goods dan fashion,  hingga melakukan trading. Mutigo  membuat galeri-galeri pemasaran produk Indonesia yang berlokasi di sejumlah negara yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan bepartner dengan mitra dari luar negeri. Hingga kini Mutigo memiliki jejaring bisnis di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, Asia Timur dan ASEAN. Bahkan telah mendapatkan kepercayan penuh menjadi partner bisnis dari Wallonia Export and Investment Agency (AWEX)- Belgia dan Atase Perdagangan Indonesia di Belanda. Saat ini, Mutigo Indonesia resmi berkantor di Lokeren, Belgia.

Melihat prospek pasar yang besar di Eropa, ada rasa tanggung jawab moral Fatmi Woro lebih giat berkolaborasi mengembangkan dan memajukan UKM go Europe.  Karena itu, Mutigo Indonesia bekerja sama dengan IMAS (International Motivator Association of Indonesia) selama dua bulan melakukan roadshow di 8 kota yang bertujuan mengajak para UKM untuk berkolaborasi memasarkan aneka produknya di Uni Eropa yang terdiri dari 22 negara.

Roadshow Mutigo-IMAS diselengarakan di Jakarta, Surabaya, Banjarmasin, Batam, Semarang, Bali, Makassar, dan Medan. Tentu saja ini  menjadi momen UKM Indonesia agar lebih bersinergi sekaligus melakukan upaya akselerasi, baik di bidang kualitas produk, manajemen, pengemasan, pemasaran maupun negosiasi bisnis  sehingga produk Indonesia tidak tertinggal dibanding negara tetangga yang secara promosi memang lebih agresif dan proaktif.

 

UKM Acceleration Day

Sebagai kick offnya, Mutigo Indonesia bekerja sama dengan LLP KUKM-Smesco Indonesia yang merupakan lembaga layanan promosi dan pemasaran produk unggulan UKM, akan menghelat event bertajuk “Acceleration Day for UKM”. Diselenggarakan di Galeri Indonesia, Gedung Smesso, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, pada hari Rabu, 26 Juli 2017.

Ini bukan sekedar workshop yang hanya memberikan wacana, tetapi juga aksi nyata dan solusi dari narasumber yang berpengalaman di bidangnya, serta keberlanjutan program sampai berhasil menembus pasar Eropa.

Apa saja yang dibahas ?

  1. Bagus Rachman, Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP KUKM-SMESCO Indonesia

Tema : Business mapping program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pemasaran produk UKM

2.  Fatmi Woro Dwi Martanti, Founder Mutigo Indonesia

Tema : Strategi melesatkan produk UKM di pasar Eropa (mengupas tren, selera, kebutuhan dan menyiasati pasar Eropa di tengah kompetisi yang semakin ketat dengan negara tetangga).

3. Gus Reza ( Reza Syarif), Presiden International Motivation Assosiasion og Indonesia – IMAS

Topik : Mindset entrepreneur sukses di pasar global

4. Video conference with  Greet De Cock : Chocolaterie Diane nv/Gary’s Choice –Belgium (Pelaku usaha di Eropa)

Keuntungan peserta worskhop :

1.  Berkesempatan membuka pasar di Eropa

2. Kurasi produk yang sesuai dengan standar pasar Eropa

3. Ikut serta pada pameran Internasional.TIF-Yunani

4. Bergabung dengan ASEAN Welcome Office Wallonia-Belgia (mendapatkan fasilitas kantor dan coaching bisnis selama di Eropa)

5. Konsultasi bisnis untuk peningkatan kualitas produk, manajemen, pengemasan dan pemasaran

 

 

Khusus 

Pendaftaran : Ignas : 0813 80741911, Budi : 0821 2006 4448, Rina : 0813 1642 3889

Email : [email protected]

Yuk buruan daftar ! kesempatan terbatas..!

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top