Inspirasi

Stop Lakukan 20 Hal Ini Jika Ingin Jadi Orang Dewasa

Dewasa itu bukan hanya masalah umur, tapi lebih kepada sikap. Buat apa umur tua kalau masih memiliki sifat seperti anak kecil. Punya masalah kecil saja tidak bisa menyelsaikannya sendiri. Boro-boro mencari solusi, anda seolah tidak tahu akan masalah itu dan memilih kabur. Tindakan seperti ini adalah sikap seorang pengecut. Ini juga merupakan ciri orang yang tidak akan sukses dimasa depan.

Waktu itu selalu berjalan dan hidup itu selalu berputar. Mungkin saat ini anda masih umur 19 tahun, tapi bagaimana 10 tahun yang akan datang? Sudah pasti umur anda 29 tahun bukan. Lalu apakah keadaan saat ini akan sama dengan keadaan 10 tahun yang akan datang? Tentu beda. Oleh karena anda harus punya sikap orang dewasa. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 20 hal yang tidak boleh dilakukan jika ingin jadi orang dewasa.

  1. Stop Mengejek Orang Lain

Pernahkah anda diejek oleh orang lain? Kalau pernah, bagaimana rasanya? Sakit hati bukan. Walaupun teman anda hanya bercanda, tapi kalau dilakukan secara berulang pasti itu bukan lagi nada bercanda. Begitu pula saat anda mengejek orang lain. Mereka juga sama, bakal sakit hati seperti ini. Ingat, apa yang terjadi pada anda bukan bergantung dari apa yang anda lakukan, tapi bergantung pada sikap.

  1. Stop Sifat Malas

Malas adalah penyakit jiwa yang paling menyebalkan tapi enak sekali ketika dilakukan. Terutama bagi mahasiswa yang ngekost sendiri. Pasti rasa malas jauh lebih besar dari pada saat dirumah. Karena memang tidak ada yang mengawasi. Coba stop sifat malas dengan cara menjauhkan diri dari benda yang tidak produktif. Awalnya memang susah dan sulit sekali. Namun lakukan secara bertahap pasti anda bisa.

  1. Stop Narsis

Sebagai anak remaja memang wajar jika ingin dikenal oleh banyak orang dengan cara narsis. Karena dimasa ini adalah masa mencari jati diri yang sebenarnya. Namun semua itu ada batasannya. Ketika tumbuh dewasa anda harus stop melakukan hal ini. Jangan sampai kebiasaan buruk ini malah terbawa hingga dewasa. Kalau hanya sekali atau dua kali saat liburan itu tidak apa-apa. Yang penting jangan setiap hari.

  1. Stop Membantah Orang Tua

Membantah itu tidak baik, apalagi jika yang menyuruh adalah orang tua, terutama ibu. Ingat ibu adalah orang yang telah melahirkan kita ke dunia. Jasa ibu sangat besar sekali kepada anaknya. Sebagai seorang remaja tentu memiliki kesibukan sendiri sehingga tidak bisa diganggu. Namun alangkah baiknya jika memang sibuk, bicaralah dengan nada sopan kepada orang tua.

  1. Stop Pamer kepada Teman

Bangga kepada diri sendiri itu penting supaya kita punya rasa percaya diri. Namun jangan sampai berlebihan sehingga malah pamer alias riya, itu hukumnya dosa. Lagi pula buat apa kita pamer barang atau prestasi kepada teman. Untuk dapat pengakuan atau pujian? Semua itu hanya sementara dan titipan dari Tuhan. Lebih baik kita tetap kerja keras supaya dapat prestasi yang lebih baik.

  1. Stop Gengsi

Jadi orang dewasa itu tidak perlu gengsi dan tidak boleh jaim (jaga image). Cukup low profile saja. Tidak perlu neko-neko sehingga terlalu memaksa diri sendiri. Misalnya saja, anda tidak mau berangkat kuliah kalau tidak dikasih mobil. Padahal kemampuan setiap orang tua itu berbeda. Coba mulai sekarang syukuri apa yang ada dan jangan egois hanya memikirkan diri sendiri.

  1. Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Tuhan menciptakan manusia itu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Buktinya saja di dunia ini tidak ada manusia yang sama persis, walaupun orang tersebut kembar identik. Tidak perlu minder dengan orang lain karena kurang cantik dan kurang ganteng. Kembangkan apa yang jadi hobi dan buat hal itu sebagai kelebihan anda. Lambat laun anda pasti jauh lebih baik dari pada orang yang sudah merendahkan anda.

  1. Stop Alasan Melulu

Ketika ada masalah, pasti jarang sekali langsung mencari solusi. Tapi malah bingung mencari alasan. Contoh, saat telat masuk sekolah. Hal seperti ini kalau dibiasakan pasti akan terbawa hingga masuk kuliah, bahkan saat kerja juga akan mencari alasan ketika terlambat. Jangan memiliki sifat seperti itu, karena itu adalah sifat anak kecil. Sebagai orang dewasa harus berani mengakui kesalahan.

  1. Stop Pasrah

Berusaha dan berdoa adalah kunci sukses. Apabila semua itu sudah dilakukan, maka kita tinggal ikhtiar saja. Namun bukan berarti kita langsung pasrah begitu saja kepada keadaaan. Ketika ada masalah jangan hanya diam, tapi usaha mencari jalan keluar supaya ada solusi. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika kaum tersebut tidak mau berusaha merubahnya.

  1. Stop Berpikir Anda yang Paling Jago

Ada pepatah yang mengatakan “there is a sky on the sky”. Artinya setiap ada orang pandai, pasti nantinya juga akan ada orang yang jauh lebih pandai. Jadi segala sesuatu itu harus direncanakan dan langsung dilaksanakan. Sebagai orang dewasa tidak boleh bertindak sembrono. Itu sama aja anda berbuat konyol. Hal seperti ini malah akan membuat diri anda semakin terpuruk nantinya.

  1. Stop Mengandalkan Orang Tua

Tidak salah jika kita meminta sesuatu kepada orang tua jika belum bekerja sendiri karena memang masih sekolah dan belum punya penghasilan sendiri. Namun jika bisa hidup mandiri kenapa harus selau minta kepada orang tua. Saat anda kepepet butuh uang dan orang tua juga tidak punya tabungan, pasti anda malah bingung sendirikan. Untuk itu anda harus mulai menabung untuk keperluan pribadi.

  1. Stop Nongkrong yang Tidak Ada Gunanya

Nongkrong dengan teman itu juga penting, selain tetap menjalin tali silaturahmi, hal ini juga perlu dilakukan supaya punya networking yang luas. Sebagai orang dewasa tidak mungkin hanya hidup seorang diri. Anda juga perlu bantuan teman ketika susah atau sedang mencari pekerjaan. Namun kalau memang itu dirasa tidak ada gunanya, maka lebih baik tidak dilakukan.

  1. Stop Menjadikan Kekuatan sebagai Keputusan

Orang dewasa harus bisa mengambil keputusan yang cepat. Tapi jangan pernah mengesampingkan perhitungan dan perencanaan. Menetukan keputusan tidak hanya berdasarkan otot saja, tapi juga harus pakai otak. Berpikirlah yang jernih sebelum mengambil keputusan. Gunakan cara orang bijak, karena penyesalan hanya datang saat dibelakang saja.

  1. Stop Boros

Mentang-mentang sudah kerja dan punya penghasilan sendiri malah memiliki gaya hidup boros. Jangan sampai hal ini terjadi karena suatu saat akan merugikan diri sendiri. Mulai sekarang gunakan uang anda dengan bijak. Mumpung masih muda dan belum berkeluarga, gunakan uang untuk kebutuhan yang penting saja. Sisanya ditabung untuk usaha atau digunakan membeli rumah.

  1. Stop Membuat Rencana Saja

Saya sendiri juga percaya kalau hasil yang bagus itu harus memiliki rencana. Namun itu semua tidak ada gunanya tanpa sebuah tindakan kecil. Ayo wujudkan mimpi anda dengan melakukan rencana yang sudah dibuat. Jangan hanya janji kepada diri sendiri, tapi juga harus praktek. Mulai dari hal kecil, lama-kelamaan pasti akan terbiasa dan anda bisa sukses.

  1. Stop Berharap Keadilan

Adil bukan berarti sama. Maka jangan sampai anda menyamakan jaman dahulu dengan jama sekarang. Karena waktunya saja sudah beda. Mulai dari kecil hingga remaja, bahkan sudah dewasa masih saja mengkritik orang lain supaya dapat keadilan. Lebih baik anda melakukan apa yang harus dikerjakan supaya diri anda lebih produktif dari sebelumnya.

  1. Stop Membela Mental Block

Sebagai orang dewasa anda harus punya prinsip dan memiliki pegangan hidup. Jangan pernah ikut-ikutan orang lain. Apalagi kalau sampai mengambil keputusan berdasarkan orang lain. Ini salah besar. Karena ini adalah contoh orang yang punya mental block. Misalnya punya prinsip menutup aurat, apapun yang terjadi harus tetap memakai hijab walaupun nyawa taruhannya.

  1. Stop Berada di Zona Nyaman

Zona nyaman atau comfort zone adalah wilayah yang paling dihindari oleh orang sukses. Sekali anda berada disitu dalam waktu yang lama, maka sulit sekali untuk keluar karena tidak sudah terlalu nyaman dengan keadaan. Akibatnya anda tidak bisa berkembang. Sadar atau tidak sadar diri anda malah akan tertinggal oleh orang lain. Ketika yang lain sudah ada di depan, anda malah sendirian di belakang dengan zona nyaman.

  1. Stop Mengikuti Trend Terbaru

Memang tidak ada salahnya kalau upgrade penampilan yang baru dengan trend masa kini. Namun ingat, anda jangan pernah meninggalkan jati diri anda sendiri. Misalnya saat trend k-pop langsung ganti penampilan seperti artis Korea. Setelah itu hits lagu India juga ganti penampilan. Kemudian ada trend hijab juga ikutan memakai hijab layaknya muslimah. Ini menandakan anda tidak punya jati diri.

  1. Stop “Berjalan Sendirian di Goa”

Samakin dewasa seseorang pasti masalah hidupnya semakin banyak. Untuk itu anda tidak boleh berjalan sendirian di goa. Maksudnya anda harus memiliki mentor atau orang yang bisa membimbing anda serta mengingatkan ketika berbuat salah. Tidak perlu cari dari orang luar, cukup minta nasihat dari orang tua. Terutama dari ibu, karena biasanya ibu yang paling mengeri bagaimana kondisi anak. Minta saran kepada sahabat juga perlu, kalau masih kurang bisa meminta pendapat kepada Pak Ustad.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai hal yang tidak boleh dilakukan jika ingin jadi orang dewasa. Waktu itu terus berjalan, hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun serta umur akan selalu bertambah. Semakin lama bukan semakin muda, tapi malah semakin tua. Yang paling penting adalah koreksi diri sendiri. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

 

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top