Wisata

Stimulasi Naturalis Anak dengan Piknik Ke Kebun Binatang

Seperti yang kita ketahui, stimulasi anak bermacam-macam, ada stimulasi bahasa, stimulasi musikal, termasuk juga stimulasi naturalis. Apa sih Stimulasi Naturalis? Stimulasi dengan mendekatkan anak kepada lingkungan, mengeksplorasi di lingkungan alam seperti mengenali bebatuan, aneka bunga, hewan, dan lain-lain.

Nah, karena itu saya dan suami suka sekali piknik ke Kebun Binatang Ragunan. Dulu, kami tinggal di belakang Kebun Binatang Ragunan, jadi bisa setiap saat hanya dengan jalan kaki berkunjung ke sana. Tempatnya murah meriah, sekarang tiket masuk @Rp4500 untuk dewasa dan @Rp3500 untuk anak-anak, tapi sekarang tidak lagi menggunakan uang cash untuk masuknya, cukup dengan kartu elektrik yang bisa diisi ulang, minimal isi ulang sebesar R.20.000. Tapi sebenarnya sih, saya kurang suka dengan kartu-kartu isi ulang nih.. Bayangkan, di dompet saya banyak banget kartu isi ulang: kartu busway, kartu kereta, kartu belanja buku supaya dapat diskon 10%, dan lain-lain. Kalau semua kartu minimal isi ulangnya Rp20.000 lumayan juga ya saldo terendap yang tidak saya pakai, padahal lumayan kalau dibuat beli minyak goreng (dasar ibu-ibu, hahaha..).

Ok, kembali ke topik awal. Piknik ke Kebun Binatang Ragunan ini sebetulnya bagus buat anak-anak. Tempatnya yang luas dan rindang membuat anak-anak bebas dan aman bermain lari-larian, bermain bola, sementara orangtua bisa mengawasi sambil duduk. Aneka jenis hewan hidup yang ada di Kebun Binatang Ragunan cukup lengkap, loh.

Anak-anak saya paling suka melihat aneka jenis burung di taman burung, tempatnya aman dari hujan karena seperti kubah besar, dimana pengunjung bisa melihat di tengah-tengah dan kanan kirinya ada kandang-kandang burung. Ada burung merak putih, merak warna-warni.. Ah, indah betul jika sedang pamer bulu-bulunya. Dan, ratusan jenis burung-burung lainnya.

bonbin

Memberi makan rusa dengan rumput yang segar

Rusa termasuk binatang favorit anak-anak juga, karena  mereka bisa bebas bermain dengan rusa dari balik kandangnya, bisa memberi makan dengan rumput yang tumbuh di sekitar kandang rusa. Rusa-rusa itu cukup jinak loh, kalau kita datangi mereka akan mendekat dan menunjukkan keinginannya untuk kita beri makanan. Awasss ya..jangan sembarangan memberi makanan hewan. Sebagai pengunjung kita juga harus ikut menjaga mereka.

Selain kandang burung, anak-anak suka melihat gajah. Kebetulan selain induknya yang besar, ada anak gajah yang masih unyu, lucu deh. Kadang, kalau weekend ada arena naik gajah, jadi pengunjung bisa naik gajak ditemani pawangnya. Seru deh, duduk di atas tubuh gajah yang besar dan berbulu kasar, jalannya membuat tubuh kita terguncang-guncang lembut. Ini jadi pengalaman seru tersendiri buat anak-anak. Biasanya bayar tiketnya @Rp15.000.

Ada lagi arena di Kebun Binatang Ragunan yang disukai anak-anak: Pusat Primata Schmutzer. Di sini bayar lagi sih masuknya @Rp.5000, murah kan?

Di dalam Schmutzer ini kehidupan primata dibuat seperti kehidupannya di alam bebas (tanpa kandang). Di sana ada Gorila, anak-anak heboh banget lihat gorilla karena gorila lebih sering dikenal anak-anak dalam film kingkong, makanya begitu melihat sosok itu mereka menjerit: ADA KINGKONG! Wkwkwk..

Seru kan, ini hanya cerita sekilas di mana anak-anak bisa menikmati piknik sambil orangtua mengenalkan mereka pada kecerdasan naturalis. Kalau mau cerita banyaknya, silakan berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Kalian akan temukan lebih banyak lagi jenis binatang dari yang tidak langka sampai yang nyaris punah.

Selain binatang, di Kebun Binatang Ragunan juga terdapat aneka permainan seperti kereta keliling yang akan membawamu berkeliling areal ragunan, tiketnya @Rp.15.000, atau naik kuda, dan juga naik macam-macam permainan lainnya.

bonbin2

Gelaran di tepi Danau

Kalau lelah bisa gelaran di rerumputan atau di tepi danau sambil menikmati bekal atau makanan yang kita beli. Gelaran di atas hamparna rumput atau di tepi danau, di bawah rindang pohon yang anginnya dijamin sepoi-sepoi. Tidak perlu repot bawa tiker berat-berat dari rumah, disana di jual kok jenis tikar instan, harganya cuma Rp 5000. Selesai pakai bisa kamu buang, tapi tentu saja di tempat sampah, ya.

 

 

 

Editor: Indoblognet

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Merdeka itu berani beragam dan bekerja sama. Kemerdekaan itu adalah Kerja Bersama.

Dirgahayu Indonesia ke-72. Semoga Indonesia menjadi bangsa yang maju dan bermartabat. Merdeka !

#hutri72 #kemerdekaan72 #kemerdekaanRI72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top