Digipreneur Scale up

#SMESCODigipreneurDay Rangkul Netizen Angkat Produk UKM ke Pasar Global

banner smesco digiprenuerday

Atmosfer semangat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memang menjadi kegairahan tersendiri di dunia bisnis. Khususnya UKM, yang digadang-gadang Presiden Jokowi menjadi lokomotif kemajuan perekonomian Indonesia. Apalagi di era digital saat ini dengan kecanggihan teknologi informasi, memberikan ruang begitu luas bagi UKM untuk berkembang lebih mudah menuju pasar global. Namun begitu, harus diakui di satu sisi kondisi UKM kita belum sepenuhnya “melek dan sadar teknologi”. Terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi  untuk tujuan promosi dan pemasaran.

Untuk itu, SMESCO sebagai lembaga layanan pemasaran KUKM senantiasa berupaya meningkatkan perannya dalam menjembatani UKM yang memiliki produk berkualitas menuju market yang kompetitif. Salah satu bentuk upayanya adalah dengan menggandeng komunitas terkait yaitu digitalpreneur, pegiat media sosial dan netizen dalam penyelenggaraan event bertajuk Smesco Digipreneur Day yang berlangsung selama satu hari  di Galeri Indonesia Wow, Gedung SME (18/6).

Smesco DigipreneurDay adalah sebuah event atau wahana beraktivitasnya para profesi digital preneur di bidang promosi dan marketing, dengan obyek “All About  Smesco”.  Tujuannya adalah mempromosikan produk-produk UKM Smesco, pengusaha binaan UKM,program dan kegiatan Smesco  yang dieksiskan di media digital netizen seperti blog, facebook, Instagram, twitter dan youtube (digital media promotion).

Sudah kali kedua event ini digelar oleh Smesco berkolaborasi dengan MB Communication-Indoblognet sebagai inisiator  dan Deboer Kreasi Asia. Pertama, bulan April lalu mengambil topik tentang  fotografi produk bertema The Power of Content dengan obyek produk pilihan dari paviliun daerah. Bulan Juni ini,  Smesco DigipreneurDay  session video coaching yang disinergikan dengan talkshow bisnis dari sejumlah UKM binaan Smesco.

rundown smesco digiprenuerday

Dipilihnya media audio visual dalam session ini karena perannya yang semakin diperhitungkan dan memberikan pengaruh  kuat dalam dunia promosi. Video marketing dinilai banyak kalangan pebisnis  paling pas untuk menarik perhatian masyarakat. Apalagi penyebarannya melalui media sosial dan youtube.  “Disiniah peran Smesco menjadi jembatan bagi akselerasi UKM yang memiliki produk berkualitas di Smesco untuk tampil lebih maksimal,” imbuh Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-UKM) Ahmad Zabadi.

Bertema One Shoot for UKM Go World, Smesco menghadirkan profesional videografer Bening Kharisma Buwana dan Yosa Tobing untuk melatih teknis pembuatan video dan content promosi kepada 40 netizen, youtuber dan pegiat media sosial.

ramadhan sale di galeri indonesia wow, smesco

 

Sesuai momen Ramadhan Fair dan Lebaran Sale di Smesco, obyek pengambilan gambar video adalah produk-produk yang telah terkurasi dan didisplay di Galeri Indonesia Wow. Diharapkan, melalui pelatihan gratis ini pegiat media sosial dapat meciptakan karya video promosi yang menarik sehingga produk-produk UKM Smesco menjadi viral di Youtube dan media sosial. Untuk memberikan apresiasi kepada peserta coaching, Smesco juga mengkompetisikan video yang telah dimuat mereka setelah diuplod di youtube dan diviralkan di media sosial.

Ahmad Zabadi sangat mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan kalangan digital preneur dan netizen dalam kegiatan Smesco DigipreneurDay. “Dari kolaborasi ini diharapkan dapat membangkitkan rasa memiliki dan tanggung jawab sekaligus inspirasi di kalangan digitalpreneur untuk memajukan produk UKM, khususnya di Smesco melalui karya video yang menarik dan informatif,” ungkap Zabadi.

galeri indonesia wow

Satu sudut Sale produk fashion di Galeri Indonesia Wow, Smesco

Selain video coaching yang berlangsung di ruang kelas dan lapangan, Smesco juga menyelenggarakan talkshow bisnis bertema One Day, One Goal for UKM Go Global,  menghadirkan UKM Binaan Smesco yaitu Tajudin Maulana (pemilik Celana Sarung inovatif Tajmaul), Ahmad Rafik, pengusaha hijab Alls Scarf, praktisi digital marketing dari Bdigital yaitu Andi Silalahi dan Co-founder Jose Ricardo Santos, Rubie Limpoyie director startup ecommerce Apana.id serta Opid Adisuryo, Chief Marketing Officer Pawoon kasir apiikasi untuk UKM.

Selama acara berlangsung, baik pengunjung yang terdiri dari UKM, netizen, blogger, dan mahasiswa ini akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan kompetisi diantaranya live twitt competition, live IG competition,  live report video dan blog competition. Sehingga selama  seharian penuh hastag #SmescoDigipreneurDay dan #UKMSMESCOGoGlobal bakal berterbaran di kanal-kanal media sosial netizen yang datang pada acara tersebut. Ya, ini merupakan salah satu cara, mengoptimalkan kekuatan netizen agar  SMESCO lebih dekat dan lebih dikenal masyarakat.

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillah aktivasi promosi seminar "Tolak Kanker Payudara dan Kanker Serviks" yang diselenggarakan oleh K-Link Indonesia @klink_indonesia_official berjalan dengan lancar dan sukses (Sabtu, 18/11). Lebih dari 4 jam berkat kekompakan seluruh netizen dan blogger Yogyakarta dan member blogger K-Link dari berbagai kota, seminar ini bisa menjadi trending topik nasional di twitter no.1-3.  Materi yang dihadirkan memang menyentuh sekali dengan kewanitaan, bahwasanya kanker  sudah sangat mengkhawatirkan menyerang sebagian besar kaum wanita. Jika tidak diketahui untuk bisa dicegah sejak dini, akan semakin banyak korban.

Kanker Payudara menyumbang jumlah penderita terbesar, baru kemudian kanker serviks. Sebagian besar kasus terjadi, kanker baru dilaporkan setelah penderita berstadium lanjut. 
Untuk itu, K-Klink Indonesia semakin gigih menjadi bagian dari solusi pencegahan kanker lewat berbagai inovasi produknya yang berkualitas. Gaya hidup sehat, menjauhi stres, mengurangi konsumsi daging mentah/setengah matang, merokok, diantaranya yang dapat dilakukan untuk pencegahan.

Senang sekali bekerja sama dengan blogger2 Yogyakarta yang penuh antusias dan bersemangat ini, datang tepat waktu hingga menuntaskan acara. Semoga  bisa sering2 mengadakan event di sana ya.

#Klinksolusihidupmu #Klinkpedulikanker #klinkmember15olusi #Klinkpedulikankerserviks #klinkpedulikankerpayudara #Indoblognet #bloggeryogya

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top