Indo Blog Net

Branding

Tingkatkan Daya Saing Produk KUKM, SMESCO Buka Konsultasi Bisnis Gratis untuk Pelaku Usaha

peluncuran pusat konsultasi bisnis

Pandemi Corona cukup mengoreksi pertumbuhan ekonomi nasional. Tidak sedikit perusahaan besar yang gulung tikar dan terpaksa mem-PHK-kan karyawannya.

Mengantisipasi dampak ekonomi pada pelaku usaha kecil UKM dan Koperasi, Kementerian Koperasi dan UKM pagi tadi (2/7) meresmikan SMESCO Indonesia yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta sebagai pusat konsultasi KUKM Centre of Excellence.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki membuka langsung peluncuran tersebut. Menurut Teten, sektor UMKM berperan sentral untuk membangkitkan perekonomian nasional. Pengalaman krisis ekonomi telah membuktikan, sektor UMKM telah menujukkan kekuatannya mendorong pergerakan sektor lainnya.

Karena itu, pemerintah memberikan perhatian penuh bagi pelaku UMKM tetap bisa menjalankan roda bisnisnya melalui   bantuan modal usaha, pendampingan dan konsultasi bisnis yang terarah.

“Tujuan dari pusat konsultasi adalah untuk mengakomodasi para pelaku KUKM agar lebih terkordinasi dengan baik sehingga produk-produk KUKM dapat bedaya saing tinggi dan berkembang lebih maju lagi,” ungkap Teten Masduki

Lebih lanjut, Teten menjelaskan, sebagai Pusat Konsultasi KUKM atau Centre of Excellence ini akan melibatkan tenaga hali di bidangnya.

Kegiatannya nanti meliputi  riset dan pengembangan, peningkatan kapasitas SDM, penguatan proses produksi, juga pemetaan pasar secara holistik dari seluruh elemen pendukungnya. Termasuk tren, persyaratan administrasi ekspor dan lainnya.

“Fokus prioritas kami adalah UKM Ekspor dan substitusi impor”, ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia.

Berada di Lantai Dasar Gedung Smesco Indonesia di Jalan Gatot Subroto kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan, fasilitas Center of Excellence resmi beroperasi pada Kamis, 2 Juli 2020.

Sektor layanan yang menjadi prioritas dari Smesco Center of Excellence adalah pariwisata, home décor, kuliner, fashion, ekonomi kreatif, perikanan dan hasil laut serta pertanian.

Konsultasi bisnis gratis untuk Koperasi dan ukm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaku KUKM yang sedang mengalami masalah dalam pengelolaan bisnis  bisa langsung datang untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis dari para ahli di bidangnya seperti  pengembangan produk,  desain, hak cipta, pembiayaan, sistem online, packaging, perijinan, perpajakan serta pengembangan bisnis lainnya.

Unit-unit konsultasi bisnis di Pusat Konsultasi KUKM SMESCO

1. LLP-KUKM Kuliner
2. Deputi SDM Craft/Kriya
3. Deputi Kelembagaan Legalitas/Perizinan
4. Deputi Produksi dan Pemasaran Fesyen
5. LPDB-KUMKM Pembiayaan dan Pajak
6. Deputi Restrukturisasi Usaha Online Marketing
7. LPDB-KUMKM Business Development

Layanan konsultasi ini rutin dilakukan dan terjadwal selama  5 hari kerja  dalam sepekan. Untuk meningkatkan kualitas layanan konsultasi, Smesco Indonesia juga berkolaborasi  dengan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah melalui Dinas yang membidangi KUKM, para duta besar, akademisi, profesional, komunitas, serta lembaga pembiayaan baik dari perbankan, LPDB, maupun venture capital.

“Kami yakin dengan adanya Pusat Konsultasi KUKM ini akan membawa manfaat bagi berkembangnya produk unggulan KUKM daerah, sentralisasi produk KUKM dengan desain lokal yang berkualitas internasional, tersedianya pusat promosi produk KUKM, meningkatnya daya saing produk KUKM di pasar lokal maupun dunia serta meningkatnya daya saing produk kreatif terbaik KUKM”, pungkas Leonard.

Baca juga: 8 Tips Sukses Berbisnis Frozen Food Bagi Pemula

Layanan konsultasi bisnis bagi pelaku usaha Koperasi dan UKM ini merupakan salah satu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk mengantisipasi dampak Covid-19.

Total anggaran untuk PEN, dialokasikan sebanyak Rp 123, 46 triliun yang meliputi 6 kategori program yaitu :

Pertama, subsidi bunga sebesar Rp35,28 triliun terdiri atas:

  1. Subsidi bunga perbankan dan perusahaan pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp4,967 triliun. Pelaksana program ini adalah 42 instansi (bank, lembaga pembiayaan, dan koperasi).
  2. Subsidi bunga perbankan dan perusahaan pembiayaan melalui program non KUR Rp 27,195 triliun. Pelaksana program ini adalah 102 bank umum, 1570 BPR, dan 10 perusahaan leasing.
  3. Subsidi bunga BUMN sebesar Rp2,592 triliun. Pelaksana program ini adalah PT PNM melalui UMi dan Mekaar serta Pegadaian.
  4. Subsidi bunga BLU dan koperasi sebesar Rp526 miliar. Pelaksana program ini adalah 4 BLU Pengelola Dana (PIP, LPDB, P2H, LMPUKP dan 297 Koperasi mitra BLU.

Kedua, penempatan dana untuk restrukturisasi sebesar Rp78,780 triliun. Pelaksana program ini adalah HIMBARA (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN).

Ketiga, belanja Imbal Jasa Pemnjaminan (IJP) sebesar Rp5 triliun. Pelaksana program ini adalah Askrindo dan Jamkrindo.

Keempat, penjaminan untuk modal kerja (stop loss) sebesar Rp1 triliun. Pelaksana program ini adalah Askrindo dan Jamkrindo.

Kelima, PPh Final Ditanggung Pemerintah (DTP) sebesar Rp2,4 triliun. Pelaksana program ini adalah Ditjen Pajak.

Keenam, pembiayaan Investasi kepada Koperasi melalui LPDB sebesar Rp1 triliun. Pelaksana program ini adalah LPDB-KUMKM.

Baca juga: Bisnis Souvenir Unik Kaktus di Masa Pandemi 

Kementerian Koperasi dan UKM  menginisiasi Pusat Informasi Pemulihan Ekonomi Koperasi dan UMKM bertujuan agar masyarakat dan pelaku dunia usaha bisa mengetahui dan mengupdate perkembangan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk KUMKM setiap hari, baik persentase total dana yang disalurkan maupun jumlah KUMKM yang menerima.

“Ini adalah suatu  bentuk ketererbukaan informasi kepada publik sekaligus mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama menyukseskan program ini. Jika ditemukan kendala atau hambatan di lapangan, masyarakat menghubungi layanan Hotline 1500 587 atau Whatsapp 08111 450 587.

Anda pelaku usaha UKM dan Koperasi, saatnya bergerak lebih sigap, lihat peluang dan tren serta manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa Anda.

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top