Indo Blog Net

Lingkungan

Si Cantik Bungur Peneduh Jalan, Bagus untuk di Halaman Rumah Nih!

tanaman bungur

Pohon ini sangat terkenal karena bunganya yang cantik. Kalau berbunga secara bersamaan akan tampak cantik sekali dengan warna merah jambu. Terbayang kan indahnya bungur ini, kebayang kalau sepanjnag jalan ditanamai tanaman bungur sebagai peneduh.

Kalau berbunga, jalan akan lebih semarak dan menambah kecantikan dari jalan tersebut. Pastinya akan bagus kalau bisa di foto di jalan dengan latar belakang pohon bungur ini. Walau sekaarng pohon peneduh jalan kebanyakan pohon yang tak berbunga seperti mahoni, angsana dan ekaliptus.

Sayang ya, kalau pakai pohon yang berbunga cantik tentunya akan menambah semarak jalan.

Si Cantik Bungur Peneduh Jalan

Bungur ini pohon atau perdu yang bisa digunakan sebagai peneduh jalan dengan bunga yang berwarna merah muda dan saat mekar bersama akan terlihat cantik.

Ada dua jenis bungur yaitu bungur untuk tanaman hias dan bngur untuk pohon peneduh. Dapat sebagai peneduh karena tingginya bisa mencapai 10-30 meter. Batangnya berbentuk bulat dengan cabang dimulai dari pangkalnya dan berwarna coklat muda.

Baca juga: Kantung Semar Tanaman Nan Eksotis

Kulit kayunya sangat tipis sehingga mudah terkelupas. Daunya termasuk daun tunggal dengan tangkai yang pendek. Daun oval, elips dan memanjang Panjang 9-28 cm dengan warna hijau tua. Bunganya bunga majemuk dengan warna merah muda keunguan dan tersusun dalam malai yang panjangnya 10-50 cm.

Sedangkan buahnya buah kotak dengan bentuk bola sampai bulat memanjang. Buah masih muda berwarna hijau sedangkan yang tua berwarna coklat. Bentuk bijinya pipih dengan ujungnya bersayap seperti pisau dengan warna coklat kehitaman.

Manfaat Tanaman Bungur

Bungur dapat diperbanyak dengan biji atau pencangkokan. Pohonnya bercabang-cabang dan bisa dibentuk dengan pemangkasan.Bungur ini dapat ditanam di beberapa jenis tanah. Dan bisa berbunga setelah dua tahun.Ternyata pohon bungur ini punya manfaat juga selain sebagai tanaman peneduh seperti:

  1. Tapal daunya digunakan untuk demam atau untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah.
  2. Rebusan kulit untuk mengobati diare dan sakit perut
  3. Biji bunga bisa mengobati eksim
  4. Daunnya bisa digunakan untuk penyakit diabetes

Cara Menanam Bungur

Untuk menanam pohon bungur ini, mencari bibit bungur yang punya kualitas yang baik, lebih bagus bibit dari cangkokan daripada dari biji. Hal ini karena yang dari cangkokan akan menghasilkan bunga lebih cepat.

Karena termasuk tanaman perdu, maka membutuhkan lahan yang lebih luas. Kecuali kalau untuk halaman pekarangan kita bisa memilih bungur jenis Jepang yang ukurannya lebih kecil. Membuat lubang dan gemburkan tanah sekeliling lubang.

Baca juga: Manfaat Tanaman Kaktus bagi Kesehatan dan Cara Mudah Merawatnya

Kemudian masukan pupuk kandangd an biarkan selama satu minggu dulu. Baru setelah itu menanam bibitnya. Melakukan penyiraman , saat ada hama bisa diberikan insektisda atau fungisida.

Kalau mau naman dalam jumlah banyak harus diberi jarak 1-2 meter antara satu pohon dengan pohon yang lain agar mempunyai ruang untuk bertumbuh besar. Oh ya, untuk penanaman baiknya dilakukan pagi atau sore hari saat matahari tak terik.

Untuk bungur ini memerlukan cahaya matahari langsung. Penyiraman 1-5 kali dalam seminggu. Tapi saat tanaman memupunyai suhu dingin dan lima kali seminggu saat tanah dalam keadaan tanah mengering atau suhu panas. Untuk pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk kandang atau pupuk NPK.

Hama yang menyerang bungur kebanyakan kutu daun atau kumbang. Bisa dibasami dengan sabun insektisda ringan tapi kalau sudah parah mengunakan insektisida organik Ternyata bunga bungur ini tahan dalam kekeringan.

Baca juga: Cara Membuat Dekorasi Terarium Tanaman Sukulen

Kebayang ya kalau si cantik ini jadi peneduh jalan. Sepanjang jalan yang panjang dan bunga bungur yang cantik akan mewarnai jalan tersebut.

Ingat pernah lihat di luar negeri sepanjang jalan bunga-bunga bermekaran sehingga tampak cantik. Gimana yang kalau setiap daerah menanam ini untuk peneduh jalan. Kebanyakan sekarang digunakan pohon yang tak berbunga. Kecantikannya bisa dinikmati banyak orang kalau jadi peneduh jalan.

Sumber gambar: grosirbibittanaman.co.id

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top