Menulis Yuk

Sewa Apartemen, Kamar Kost atau Rumah?

Masa bulan madu adalah masa yang paling ditunggu pasangan pengantin baru. Dunia serasa milik berdua, yang lain numpang saja. Namun setelah itu baru bingung mau tinggal di mana? Sewa rumah, tinggal kamar kost atau sewa apartemen? Tiga pilihan ini mungkin menjadi bahan pertimbangan pasangan baru menikah dengan budget pas-pasan. Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Bagi pasangan yang mampu membeli rumah atau apartemen mungkin hanya perlu memilih lokasi dan desain unit. Mempertimbangkan kenyamanan dan akses ke tempat kerja dan berbagai fasilitas hunian yang ada. Namun pasangan budget terbatas dituntut pandai mengelola keuangan dan memilih hunian tanpa melampaui anggaran.

Jika memutuskan apartemen sebagai hunian maka pasangan suami istri tersebut harus mempertimbangkan keutamaan dan kekurangan tinggal apartemen. Keutamaan apartemen adalah lokasinya yang strategis. Mayoritas apartemen berada di kawasan pusat kota atau setidaknya akses transportasi umumnya relatif mudah. Faktor ini menjadi pertimbangan utama bagi para pekerja kantoran yang membutuhkan mobilitas dan efisiensi untuk mencapai tempat kerja. Males aja kalau ke tempat kerja harus terjebak kemacetan atau beberapa kali oper kendaraan umum. Kekurangannya berbagai fasilitas yang disediakan di apartemen tidak diperoleh secara gratis namun memerlukan biaya-biaya yang tak sedikit jumlahnya. Bahkan parkir kendaraan dikenai sewa tersendiri. Belum terhitung pemeliharaan fasilitas apartemen, service charge, maintenance fee, iuran pengelolaan lingkungan, uang parkir dan berbagai fee untuk fasilitas lainnya. Perlu dicatat juga adakala nilai apartemen turun seiring berjalannya waktu karena faktor usia gedung yang semakin menua.

apartment
Pilihan kedua : ngekost. Tinggal di kamar kost mungkin lebih murah daripada menyewa apartemen. Beberapa tempat kost juga berada di lokasi yang cukup strategis. Namun perlu dipikirkan perlindungan terhadap privacy keluarga karena kamar kost biasanya berdempetan dan penghuni kost terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dengan pembawaan pribadi masing-masing. Kemungkinan barang di luar kamar tertukar? bisa saja terjadi terutama pakaian di jemuran. Lalu pertimabngan kira-kira tempat kostnya aman nggak? Teman saya pernah ngekost dan ada oknum pamong RT yang bertugas memungut iuran main slonong boy aja masuk kamar kost setelah mengetuk pintu sekali tanpa dipersilahkan. Kalau terpaksa ngekost sebaiknya pintu kamar kost selalu dalam keadaan terkunci meski di dalam ada penghuni dan kelambunya tidak tembus pandang.

Pilihan ketiga: menyewa rumah tapak. Jika berpikir untuk menyewa rumah tapak juga perlu mempertimbangkan keutamaan dan kekurangannya. Perjanjian sewa menyewa rumah tapak biasanya meliputi perbaikan rumah selama masa sewa. Perhatikan kondisi bangunan, masih layak untuk ditinggali atau tidak? Berada di lokasi rawan banjir atau aman-aman saja? Hal ini mungkin menimbulkan perasaan kurang nyaman ketika terpaksa tinggal di rumah yang sedang dalam perbaikan dan mengeluarkan biaya cukup besar. Apalagi jika harus menyewa rumah di daerah rawan banjir seperti yang pernah saya alami di masa pengantin baru hiks. Tinggal di rumah tapak dengan ruang yang lapang mungkin terasa lebih leluasa daripada tinggal di apartemen dengan ruang terbatas. Namun kondisi ini dapat mendorong perilaku konsumtif dengan membeli perabot baru sehingga menyulitkan ketika suatu saat harus pindah dari rumah sewa.

Dari ketiga pilihan tersebut kira-kira mana yang menjadi pilihan anda? Ah…tinggal di manapun asal ikhlas menjalani kehidupan bersama pasangan tercinta maka hari-hari pun terasa indah. Sambil menyusun rencana membeli rumah pribadi tetaplah bersyukur atas segala karunia Sang Illahi

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top