lomba blog

Sepucuk Surat untuk Ibu Idaman

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

Ummi, apa kabar?
Semoga kabar baik selalu menyertai Ummi. Kalau kabarku, Ummi pasti sudah tahu. Sebab Ummi adalah orang yang terdekat dengan keseharianku. Ya, alhamdulillah, kabarku juga baik seperti kabar Ummi. Sekarang ini, aku sudah mulai belajar berjalan sendiri meski baru beberapa langkah saja. Terima kasih ya Ummi, sudah bersedia membersamaiku sejak aku berada di dalam kandungan hingga saat ini dan juga di hari-hari berikutnya. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kita umur yang panjang dan kesehatan jiwa dan raga agar kebersamaan kita bisa lebih lama lagi.

Ummi, nggak apa-apa kan jika aku menulis surat seperti ini? Sepertinya aku mulai meniru-niru hobi Abi yang suka menulis di blog pribadinya. Kalau Ummi melihat dan membaca blog Abi, pasti Ummi akan menemukan tulisan-tulisan yang bercerita tentang Ummi, diriku, dan kita. Aku tak mau kalah sama Abi, makanya Aku menulis surat ini untuk Ummi. Sebuah surat yang bercerita tentang Ummi yang menjadi seorang ibu idaman di hatiku.

Ummi tahu mengapa bisa menjadi ibu idaman di hatiku? Jika Ummi belum tahu dan ingin tahu, Ummi harus membaca suratku ini hingga selesai. Mau kan, Mi?

..:: Ummi tidak pernah berbohong kepadaku

ibu idaman1

Di usiaku sekarang, aku sering rewel atau menangis. Terkadang tanpa sebab yang tak bisa dimengerti oleh Ummi dan Abi. Aku pun belum bisa bicara untuk mengatakan apa yang kuinginkan atau yang kurasakan hingga aku rewel atau menangis. Isyarat yang kuberikan juga terkadang tak langsung dipahami oleh Ummi dan Abi.

Jika hal itu terjadi, Ummi pasti akan menenangkan diriku. Ummi pasti berusaha agar diriku tenang dan tangisku berhenti. Ummi akan berusaha dengan berbagai cara. Tetapi cara yang Ummi pilih tidak dengan berbohong. Bahkan ketika Abi berkata akan mengajakku ke suatu tempat atau membelikanku sesuatu jika aku tak menangis lagi sementara Ummi mengetahui jika saat itu Abi tidak bersungguh-sungguh, Ummi langsung mengingatkan Abi agar tidak berbohong.

Mengapa Ummi tidak mau berbohong kepadaku? Aku yakin pasti Ummi sudah mengetahui sebuah hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melarang orang tua berbohong kepada anak. Bunyi hadist tersebut adalah sebagai berikut :

Dari Abdullah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhuma dia berkata, “Pada suatu hari ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk di tengah-tengah kami. (Tiba-tiba) ibuku memanggilku dengan mengatakan: ‘Hai kemari, aku akan beri kamu sesuatu!’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada ibuku: ‘Apa yang akan kamu berikan kepadanya?’ Ibuku menjawab: ‘Kurma.’ Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Ketahuilah, seandainya kamu tidak memberinya sesuatu maka ditulis bagimu kedustaan.” (HR. Abu Dawud)

Pasti Ummi sudah tahu bahwa bohong atau dusta tidak dibolehkan dalam agama kita baik serius atau main-main. Karenanya sangatlah tidak terpuji jika ada orang tua menjanjikan sesuatu kepada anaknya lalu tidak menepatinya. Jika demikian yang terjadi, niscaya, di dalam jiwa sang anak tumbuh benih-benih rasa benci dan kurang hormat di dalam diri sang anak kepada orang tua yang demikian. Bahkan besar kemungkinan sang anak akan meniru untuk berbohong di lain masa.

Tentu saja, Ummi tak menginkan aku tumbuh dengan rasa benci kepada Ummi dan menjadi anak pembohong. Karenanya Ummi tak berbohong kepadaku.

..:: Ummi tidak pernah membentakku

ibu idaman2

Aku sangat meyakini bahwa Ummi sudah mengetahui kisah seorang ibu yang diingatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam karena membentak anaknya yang pipis ketika beada di dalam gendongan Rasulullah. Ketika itu Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya baju yang kotor ini bisa dicuci dan dihilangkan kotorannya, namun siapa yang bisa menghilangkan kekeruhan jiwa seorang anak atas bentakan dan renggutan yang kasar yang telah dilakukan kepadanya.” (HR Muslim)

Karenanya, Ummi tidak pernah membentakku atau berkata-kata dengan kasar atau dengan nada keras kepadaku. Sebab atas dasar hadits tersebut dan penelitian para ilmuwan, sebuah bentakan atau kata kasar yang diucapkan kepada seorang anak akan menghancurkan 1 milyar sel otak sang anak. Jika bentakkan atau kasar sering diucapkan, maka akan semakin banyak sel otak yang dimiliki sang anak akan hancur.

Ummi tak mengingkan hal itu terjadi pada otakku. Karenanya, Ummi tak pernah membentak atau berkata kasar kepadaku. Tentu saja, hal itu akan berdampak baik pada tumbuh kembang kecerdasanku.

..:: Ummi suka mencium dan memelukku

Bukan saja tak pernah membentakku dan berakata kasar atau nada keras, Ummi justru sering menciumku, memelukku , memujiku, membelaiku, atau mengatakan sayang kepadaku. Yang Ummi lakukan itu ternyata menyebabkan sel-sel otakku terangkai menjadi indah. Dan itu hal yang baik untuk tumbuh kembang kecerdasanku.

Ummi pasti sudah mengetahui bahwa ciuman, pelukan, dan pujian, tergolong perbuatan yang sederhana dan mudah untuk dilakukan oleh setiap orang tua kepada anaknya. Namun nyatanya tak semua orang tua mau melakukannya. Bahkan ada seorang ayah yang memiliki sepuluh orang anak yang tak pernah mencium sekalipun anak-anaknya. Sikap ayah tersebut terekam dalam sebuah hadits sebagai berikut :

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mencium Al-Hasan bin ‘Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro’ bin Haabis At-Tamimiy yang sedang duduk. Maka Al-Aqro’ berkata, “Aku punya 10 orang anak, tidak seorangpun dari mereka yang pernah kucium”. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melihat kepada Al-‘Aqro’ lalu beliau berkata, “Barangsiapa yang tidak merahmati/menyayangi maka ia tidak akan dirahmati” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

..:: Ummi selalu menemaniku

ibu idaman3
Ummi, seperti yang kutuliskan di bagian awal surat ini, Ummi adala orang yang terdekat bagiku di dala kehidupan ini. Sebelum aku terlahir dan mengetahui sosok Abi, kita sudah saling berkomunikasi. Bahkan kini, ketika aku mulai tumbuh Ummi tetap membersamaiku. Waktuku paling banyak adalah bersama Ummi. Bukan Abi. Ummi adalah orang yang pertama kali mengetahui tentang kemampuan baru diriku sebelum diketahui oleh Abi apalagi orang lain. Bahkan, ketika Ummu menemaniku, terkadang Ummi bertingkah laku seperti balita, seperti diriku. Mungkin itu adalah bentuk nyata dari sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa, “Barangsiapa mempunyai anak kecil, hendaklah ia turut berlaku kekanak-kanakkan kepadanya.”

..:: Ummi Mendidikku dengan lemah-lembut

“Tidaklah kelemahlembutan itu terdapat pada sesuatu melainkan akan membuatnya indah dan ketiadaannya dari sesuatu akan menyebabkannya buruk.” [HR. Muslim]

Ummi, sungguh hadits tersebut benar adanya. Sikap lemah-lembut Ummi ketika mendidikku, mengajarkanku, atau mengenalkanku akan sesuatu yang baru, menjadikan jalinan hubungan kita, ibu dan anak, menjadi sangat indah. Aku dengan mudah bisa mengerti dan memahami apa yang Ummi sampaikan dan akan terus melekat di dalam ingatanku.

Ummi, rasanya aku tak sanggup lagi menuliskan segala kebaikan Ummi. Maafkan aku, Ummi, jika aku hanya mengingat beberapa kebaikan Ummi di atas. Kuyakin, masih banyak lagi kebaikan Ummi yang mungkin belum aku sadari. Namun beberapa hal di atas sudah cukup bagiku untuk menjadikan Ummi sebagai ibu idamanku.

Kiranya, cukup sekian saja surat untuk Ummi ini. Sekali lagi, aku mohon maaf jika ada kata-kata di dalam surat ini yang kurang berkenan di hati Ummi.

Wassalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

 

 

Rifki Asmat Hasan

lelaki biasa yang suka mendokumentasikan peristiwa dalam tulisan

Latest posts by Rifki Asmat Hasan (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top