Entrepreneur

Sepatu Nikma Basyar, Spesialis Couple untuk Ibu dan Anak

Keunggulan Sepatu Couple Ibu Dan Anak Nikma Basyar

Sepatu Nikma Basyar hadir sebagai solusi keinginan para bunda yang ingin tampil kompak  dengan si buah hati. Custom ukuran dan model menjadi keunggulan yang ditawarkan.

Ingatan melayang ke masa kecil yang penuh dengan keceriaan. Kami empat bersaudara, perempuan semua. Bisa dibayangkan bagaimana ramainya rumah dengan canda dan cerita. Beda usia yang cukup jauh antara kakak dan kami bertiga membuat hubungan kami lebih erat. Kedekatan itu ditunjukkan dengan mengenakan pakaian yang sama, entah motif ataupun modelnya. Sejak sembilan tahun yang lalu  kakak menikah dan tinggal terpisah. Hubungan kami bertiga semakin tak terpisahkan. Tidak selamanya dipenuhi dengan kegembiraan, ada kalanya kami bertengkar.

Sepatu Nikma Basyar menjawab impian kami yang ingin tampil sepadan

Sepatu Nikma Basyar menjawab impian kami yang ingin tampil sepadan

Perempuan pastinya ingin selalu tampil modis. Demikian pula dengan kami. Tahun 2013 lalu ada acara keluarga di kampung halaman di Nusa Tenggara Timur. Kami memilih memakai pakaian dengan motif yang sama tapi model yang berbeda, disesuaikan dengan selera masing-masing. Di kesempatan lain kami kompak berpakaian. Sayangnya kami belum kompak dalam hal sepatu. Pasalnya saya menggemari sepatu high heels, adik pertama dengan sepatu boot, dan adik kedua dengan sepatu flat. Rumit!

Booth Nikma Basyar yang berada di anjungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

Booth Nikma Basyar yang berada di anjungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah

Kini kerumitan itu perlahan pudar dengan sepatu rancangan Nikma Basyar, salah satu peserta Indonesia Fashion Week (IFW) di Jakarta Convention Centre. Pada 10-13 Maret lalu saya dan beberapa blogger berkesempatan tatap muka dengan Nikma. Beliau menyambut kami dengan ramah di boothnya yang berada di anjungan  Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Sepatu dengan beragam model menarik perhatian saya dan teman-teman. Flat, high heels, boot, hingga sepatu couple untuk ibu dan anak. Seketika saya teringat dengan ide kami bertiga yang suatu hari nanti ingin kompak bersepatu. Tak sabar menyampaikan berita bahagia tentang sepatu karya Nikma ini kepada mereka. Terlebih Nikma menerima pesanan sepatu custom baik model maupun ukuran. Saya sedikit bernapas lega sebab  dua adik saya memiliki ukuran kaki di atas 40.

Langkah serasi ibu dan anak yang memakai sepatu yang sama

Langkah serasi ibu dan anak yang memakai sepatu yang sama

Di booth Nikma ini saya dikagetkan dengan model dan motif sepatu yang sama. Ditujukan bagi ibu dan anak. Cocok sekali untuk kakak saya yang telah memiliki dua putri, berusia delapan dan tiga tahun. Selama ini kakak tidak pernah kompak berpakaian apalagi bersepatu dengan anak-anaknya. Apalagi ia disibukkan dengan pekerjaannya. Tidak ada waktu mencari pakaian atau sepatu yang sama untuk dikenakannya bersama dua anaknya. Padahal inilah waktu yang tepat berpakaian sama dengan anak karena mereka masih bisa diatur dan seleranya belum terbentuk.

Nikma Basyar membranding usahanya sebagai spesialis couple shoes mom kids

Nikma Basyar membranding usahanya sebagai spesialis couple shoes mom kids

Batik khas Indonesia memberikan sentuhan yang berbeda (sumber foto: Instagram @nikmabasyar2)

Batik khas Indonesia memberikan sentuhan yang berbeda (sumber foto: Instagram @nikmabasyar2)

Setelah puas melihat dan mendokumentasikan sepatu yang ditata rapi, para blogger mengobrol santai dengan Nikma. Ia ingin membranding usahanya sebagai spesialis couple shoes mom kids. Enam bulan setelah usaha sepatunya berjalan, Nikma mewujudkan mimpi itu. Para ayah tidak perlu bersedih. Nikma juga menyediakan sepatu dengan model dan motif yang sama untuk ayah dan anak.

Saya sempat berpikir, menarik melihat keluarga kakak mengenakan sepatu yang sama. Apalagi cukup sulit menemukan desainer sepatu yang mampu mewujudkan gagasan model sepatu yang diinginkan keluarga. Nikma hadir menjawab permasalahan itu. Pertama kali membuat sepatu couple, Nikma menemui kendala yaitu cetakan sepatu yang sedikit. Seiring dengan  banyaknya permintaan ia membuat cetakan sepatu dari size 17 sampai 44.

Sebelum menjadi pengusaha dan desainer sepatu, Nikma Basyar memulai usaha sebagai crafter. (sumber foto: Instagram @nikmabasyar2)

Sebelum menjadi pengusaha dan desainer sepatu, Nikma Basyar memulai usaha sebagai crafter. (sumber foto: Instagram @nikmabasyar2)

Nikma mengisahkan perjalanan usahanya  yang dimulai sebagai crafter. Tahun 2011 ia memanfaatkan   perca dan kain untuk membuat berbagai produk, seperti bros dan boneka. Di rumahnya selalu tersedia stok kain  etnik, diantaranya batik dan tenun. Koleksi lainnya adalah kain dengan motif lucu seperti motif kucing. Hingga pada  2013 Nikma memulai usaha sepatu. Kini pasarnya telah merambah ke Singapura, Brunei, dan Malaysia. Selain itu pasar lokal, antara lain Jakarta, Bali, Kalimantan, dan Kepulauan Riau. Omset usahanya mencapai Rp 25 juta setiap bulannya. “90% online dan 10% order offline,” kata Nikma, lulusan Jurusan Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Surabaya.

Nikma juga berpartisipasi dalam pameran, antara lain Sunsilk Kilau Fest pada 28 November 2015 di Surabaya Town Square, Jatim Fair pada 8-18 Oktober 2015, dan Online Shop Carnival pada 25 Oktober 2015 di Surabaya. Nikma mengakui tenaganya masih terbatas. Setahun enam kali pameran itu sudah bagus. Selain berperan sebagai pengusaha dan desainer, Nikma juga seorang istri dan ibu dua anak.  Semua tugas dikerjakan sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga. Nikma berbagi tugas dengan  suami. Nikma mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan bisnis, sementara suaminya mengurus anak.

Selain motif batik, Nikma Basyar juga memasukkan motif flora seperti di boot ini

Selain motif batik, Nikma Basyar juga memasukkan motif flora seperti di boot ini

Sepatu rancangan Nikma, selain bermotif flora juga memadukan jeans dengan batik seperti Batik Madura dan Batik Cirebon atau tenun. Ada pula sepatunya yang memakai bahan brokat. Batik yang digunakan tidak hanya perca yang dibeli dari penjahit, juga koleksi  atau batik yang dibuatnya sendiri secara sederhana. Stok sepatu yang menggunakan bahan perca terbilang sedikit karena persediaan perca yang terbatas. Saat ini Nikma dibantu dua pegawai di bagian produksi. Ia sendiri bertanggung jawab dalam desain dan pemilihan kain. Jika pesanan banyak, ia menyerahkan kepada rekanan dengan spesialisasi boot dan high heels. “Finishing tetap di kami,” tutur Nikma yang tinggal di Sidoarjo.

Nikma Basyar ingin membangun sistem yang profesional dengan teamwork yang lebih solid untuk keberlanjutan usaha

Nikma Basyar ingin membangun sistem yang profesional dengan teamwork yang lebih solid untuk keberlanjutan usaha

Di tahun ketiga usahanya, Nikma menjelaskan tantangan yang dihadapi saat ini adalah kebutuhan akan teamwork. Sekarang ia mulai mengumpulkan standart operating procedure untuk menentukan solusi dalam setiap kendala yang dihadapi. Rencananya Nikma ingin membangun sistem yang profesional dengan  teamwork yang lebih solid. “Supaya saya tidak  kewalahan sendiri,” tutur Nikma sambil tertawa.

Eni Martini mencoba sepatu boot karya Nikma Basyar

Eni Martini mencoba sepatu boot karya Nikma Basyar

Nikma mengungkapkan banyak kewalahan yang harus ditanganinya sendiri, antara lain rencana bahan, warna, hingga material. Ia juga harus menangani perbaikan bahan atau pergantian lapisan sepatu. Tak hanya itu, Nikma harus memikirkan materi content websitenya hingga  keyword. Terlepas dari semua kesulitan itu, Nikma bersyukur dalam sebulan rata-rata 200 pasang sepatu dihasilkan walaupun  kapasitas produksi bisa mencapai 750 pasang sepatu per bulannya. Jika marketing berjalan dengan baik serta tujuan dan target pasar yang jelas, Nikma berharap usahanya mampu digarap dengan maksimal. “Sebenarnya saya juga memproduksi tas tapi sumber dayanya kurang,” kata Nikma.

Selama ini Nikma lebih banyak melayani pesanan  custom. Meskipun demikian ia juga melayani pesanan ready stock. Nikma mengakui dibutuhkan kesabaran melayani pembeli yang memesan sepatu custom karena kemauannya banyak. Biasanya para pembeli itu terinspirasi setelah melihat foto dan testimoni pesanan sepatu custom di Instagram Nikma. Nikma juga melayani pembeli dengan masalah di kaki, misalnya kaki panjang sebelah atau tinggi sebelah.

Bangga produk karya anak bangsa

Bangga produk karya anak bangsa

Kisaran harga sepatu rancangan Nikma, untuk  flat di bawah  Rp 200 ribu, high heels Rp 350 ribu, dan boot Rp 450 ribu bergantung tinggi dan kerumitan. Permintaan tertinggi adalah sepatu flat dengan modifikasi bentuk. Nikma memberi saran, jika sepatu rancangannya terkena air atau kotor, cukup dibersihkan dengan  sikat gigi bekas yang dibasahi tanpa sabun. Ia menjamin warna kain di sepatunya  tidak akan luntur. Menutup perbincangan dengan Nikma di tengah keriuhan suasana IFW, ia menuturkan pengalamannya yang pernah mendapat penawaran dari negara lain  membuat sepatu tanpa brand. Nantinya sepatu itu akan dipasang brand lain. “Aku tidak mau,” kata Nikma dengan tegas.

Kontak:

www.nikmabasyar.com

Instagram: @nikmabasyar2

Whatsapp: 085733042004

Line: nikma28

Pin: 5753273A

Ignasia

Saya Ignas, hobi membaca dan menulis. Bagi saya, setiap hari adalah kesempatan baru untuk mempelajari hal-hal menarik.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo, smart people 🤗 Kamu suka males gak sih kalau bales-balesin komen di sosmed? Jangankan balesin komen negatif, balesin komen positif aja sering kelewat ya 😂 *hihi
.
Emang penting ya balesin komen-komen di sosmed? Penting donggg, apalagi kalau kamu pengen bangun akun yang engagementnya bagus dan bisa bertahan lama eksistensinya 😍
.
Para fans/followers adalah orang-orang yang ikut menentukan kesuksesan akunmu, lho. So guys, mulai sekarang jangan abaikan aset tersebut yesss 😄
.
#indoblognet #mbcommunication #socialmedia #youtuber #selebgram #instagramer #fans #followers #tipssocialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top