lomba blog

Sepatu Nikma Basyar, Siap Sihir Kekompakanmu

sepatu nikma basyar

Jumat siang (13/3). langkah kaki saya perlahan memasuki ruang Indonesia Fashion Week 2016 di Jakarta Convention Centre. Tujuan saya ke salah satu stan yang memang sedang saya incar sepatu handmadenya. Penasaran….Ya, stan sepatu handmade couple  Nikmah Basyar memamerkan beraneka jenis sepatu dengan desain unik dan kreatif. Nikma Basyar adalah nama merk yang diambil nama pemiliknya, seorang perempuan asli Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Informasi yang saya peroleh, stan ini terletak dekat pintu masuk. Jadi dari pintu masuk, langsung  belok kanan. Lokasinya persis dekat kafe di JCC. Stan ini terdapat di dalam stan besar milik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Terlihat mudah instruksi itu, tapi entah kenapa saya tak langsung menemukan. Baru pada kedua kalinya saya menemukan stan  yang saya cari. Tak ada sekat antara milik Nikma Basyar dengan stan delapan karya wirausaha lainnya. Karya Nikma Basyar adalah pajangan sepatu-sepatu  di sebuah rak susun tiga.

Ada dua ciri khas yang selalu terdapat di sepatu karya Nikma. Pertama, sepatu Nikma selalu mengangkat materi kain dalam setiap produknya. Kain-kain itu dipadupadankan dengan motif etnik daerah misalnya tenun, batik, songket dan sebagainnya. Selain itu, sepatu Nikma juga dapat dipesan dalam bentuk couple (berpasangan). “Ini bentuk pengenalan pada usia dini tentang budaya,” kata Nikma saat berbincang dengan saya.

nikma

Nikma Basyar di depan stan miliknya

Sentuhan tradisional itu terlihat dari kain batik yang terdapat di sepatu itu. Saya mengambil sepatu model Mary Jane berwarna biru yang dipajang di rak. “Saya menggabungkan antara bahan jeans dengan batik Madura,” lanjut  Nikma.

Ah, perpaduan yang menarik. Dengan menggunakan bahan jeans, sepatu ini bisa digunakan pada acara semi formal. Bagi saya yang aktif dari pagi hingga malam, tampaknya sepatu seperti ini pas digunakan. Paginya ke kantor, kemudian jika sore atau malam hari tak perlu repot ganti sepatu lagi.

Dan saat saya tahu sepatu ini bisa berpasangan dengan anak, tambah menggembirakan. Artinya, sepatu Nikma bisa di-customized sesuai bentuk kaki dan ukuran.  Soalnya, ukuran kaki saya tergolong agak susah. Ukurannya 35-36. Kalaupun ada, kebanyakan ukuran anak-anak. Termasuk sneakers yang selalu saya gunakan terpaksa harus saya ambil dari rak anak-anak. Kalau bisa dipesan begini, saya jadi mudah kembaran dengan anak. Sambil ngebayangin kompakan sepatu dengan anak, saya jadi senyum-senyum sendiri.

nikma 1

Koleksi sepatu yang dipamerkan di stan Nikma Basyar

Sepatu couple dengan anak seolah pertanda ada chemistry yang terbangun, menciptakan bonding yang kuat antara ibu dan anak. Ada keceriaan dan kebahagiaan yang terpancar saat sepasang sepatu couple ini melangkah. Melangkah bersama dalam berbagai acara. Entah saat menghadiri acara resmi seperti undangan pernikahan, undangan ulangtahun atau sekedar jalan santai bersama keluarga. Ah, betapa indahnya kebersamaan melalui langkah-langkah sepasang sepatu couple.

Tapi couple tidak melulu ibu dan anak. Bisa juga  kakak-adik atau dengan sahabat tercinta. Warna-warna yang dihadirkan dalam sepatu Nikma rata-rata berwarna cerah. Merah, hijau dan kuning. Ceria…

Untuk harga, sepatu Nikma cukup terjangkau. Sepatu anak-anak dapat dibeli dengan harga Rp 85 ribu. Sedangkan untuk sepatu dewasa dihargani minimal Rp 159 ribu.

Tahun ini adalah tahun pertama Nikma mengikuti ajang Indonesia Fashion Week. Selama tiga hari, ia mengakui telah mengantongi omset  Rp 5 juta. Selain sepatu couple, bootnya juga menarik loh. Harganya ramah di kantong, cuma Rp 257 ribu untuk dewasa. Sepatu ini memiliki desain yang unik dan menarik. Desainnya terlihat sulit karena ternyata pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 10-14 hari.

Sejak 2013, Nikma Basyar menjalankan bisnis sepatu handmade. Hingga kini, untuk memenuhi kebutuhan sepatunya, Nikma dibantu oleh dua karyawan produksi dan dua orang lagi untuk admin dan umum.  Omset rata-rata yang diperoleh Nikma per bulan bisa mencapai Rp 25 juta. Kedepannya, Nikma berharap memiliki team work yang solid sehingga sepatu-sepatu yang dihasilkan bisa berkembang lebih pesat. “Saya juga ingin sepatu Nikma Basyar identik sebagai sepatu couple yang unik,” katanya.  Semoga!

 

 

Rach Alida Bahaweres

Sebagai jurnalis, saya aktif juga menulis di blog saya www.lidbahaweres.com. Saya menulis tentang berbagai hal yang saya alami. Akun twitter dan instagram saya @lidbahaweres. Untuk kontak lebih lanjut ke [email protected] Terima kasih
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillahirabbil'alamin, sebagai MLM syariah terkemuka di Indonesia, @klink_indonesia_official semakin eksis membumikan semangat berekonomi syariah di Indonesia.

Selama 16 tahun K-Link Indonesia komit  meningkatkan layanannya dalam sistem bisnis yang sesuai dengan tuntunan Rosulilullah.

Bisnis yang memiliki marketing plan yang jelas dan saling menguntungkan.

Bersama K-Link, Presdir @bapakradzi mengharapkan kita semua menjadi manusia yang  lebih baik. Membangun bisnis sejatinya adalah membangun karakter jiwa untuk selalu berbuat kebaikan dalam mencapai mimpi yang besar.

Terima kasih kepada Mitra Blogger yang telah datang dan menyukseskan promosi acara Tabligh Akbar K-Link bersama dengan Ustad Abdul Somad Lc. MA dan KH M Lutfi Zawawi (Pimpinan Majelis Hidayatullah) yang dilaksanakan di K-Link Tower, Jakarta (11/7). #KLinkIndonesia #Klinksolusihidupmu #inspiradzi #MBCommunication #Indoblognet

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top