Blogging

Selamat Hari Blogger Nasional

Tanggal 27 Oktober beranda facebook saya bertaburan ucapan “Selamat Hari Blogger Nasional” Tanggal sehari sebelum peringatan Sumpah Pemuda ini dicanangkan sebagai Hari Blogger Nasional oleh Muhammad Nuh (yang saat itu menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika RI) pada 27 Oktober 2007 di acara pembukaan Pesta Blogger yang kemudian berubah nama menjadi event On Off Indonesia (OnOffID). Mungkin bagi sebagian orang penetapan hari khusus untuk mengakui eksistensi blogger di Indonesia tidaklah terlalu penting. Namun bagi sebagian lagi penetapan dan pengakuan tersebut merupakan penghargaan atas kinerja, keberadaan dan sumbangsih blogger secara umum.

Mereka yang bahagia dengan penyematan Hari Blogger Nasional mungkin merasa bahwa eksistensinya mulai mendapat penghargaan dari masyarakat. Blogger telah diakui sebagai profesi seperti halnya guru, nelayan, petani, karyawan. Saya masih ingat guyonan teman-teman blogger senior yang disangka memelihara tuyul. Tidak pernah terlihat “bekerja” di luar rumah tetapi bisa beli motor, mobil bahkan rumah baru. Padahal meski tampak duduk diam di rumah mereka serius menghadap laptop mengais rezeki dari google adsense dan periklanan dunia maya lainnya, rajin menulis job review atau posting artikel-artikel content placement.

Blogger kini telah menjadi bagian profesi. Saya sempat membaca kisah blogger-blogger top yang memilih mengundurkan diri dari posisi karyawan dan fokus di dunia blogging. Satu artikel review kuliner di restoran-restoran ternama yang diposting di blog mereka bertarif jutaan rupiah. Angka yang fantastis bagi mereka yang terbiasa mengandalkan gaji. Bayangkan jika dalam satu bulan ia mendapatkan job review dari tiga restoran saja. Makan gratis, duduk manis di depan laptop sambil ngeblog dan menerima fee bernominal fantastis.

Mereka yang biasa saja dengan penetapan Hari Blogger Nasional mungkin adalah mereka yang tak terlalu peduli dengan seremoni. Dah yang penting menulis, ngeblog dan konsisten dengan sarana berbagi sekaligus mengais rezeki. Atau bisa juga karena ngeblognya karena suka-suka sekalian ikutan lomba (seperti saya). “Elo mau ngakuin gw blogger apa bukan, kagak ngaruh yang penting gw kagak ganggu elo dan elo asik aja ama kerjaan gw” Ada atau tidak Hari Blogger Nasional toh tetap wajib bayar pajak, tagihan-tagihan juga dibayar sendiri, nggak ada yang ngasih fasilitas koneksi internet free kecuali bisa numpang Wi-Fi. Begitu mungkin yang ada di dalam benak blogger yang tak terlalu mementingkan seremoni.

Seberapa penting pengakuan terhadap aktivitas blogging? Bagi saya sendiri yang sering tidak diakui sebagai blogger (eh kok perasa banget, tapi ini benar terjadi) penetapan hari khusus itu antara penting dan tidak penting. Penting, karena penetapan Hari Blogger Nasional tersebut merupakan salah satu upaya mengedukasi masyarakat bahwa ada profesi Blogger di tengah kehidupan. Yaa kasarnya biar nggak dikira memelihara tuyul jika berdiam di rumah tapi tetap dapat penghasilan. Namun penetapan Hari Blogger Nasional tersebut menjadi tidak penting jika eksistensi sebagai blogger tak banyak memberikan sumbangsih bagi masyarakat, minimal bagi keluarga. Ngeblog kalau isi blognya melulu curhat karena nggak punya duit atau lagi BT sama tetangga or pasangan hidup, ngeblog yang isinya menghujat, sinis atau apriori tanpa solusi rasanya kok tidak menyumbang dampak positif. Kecuali curhatnya itu bisa menimbulkan rasa syukur bagi para pembaca, hujatan dan kritikan disertai argumentasi dan solusi mungkin yang membaca pun merasakan manfaatnya.

Penetapan Hari Blogger Nasional juga menjadi tak penting manakala informasi yang ditulis dalam blog hanya berdasarkan asumsi dan tidak sesuai dengan fakta. Sedikit bercerita, salah satu contohnya adalah kritik terbuka bagi blogger di sebuah acara talk show. Saya pernah mengikuti gathering blogger dan OJK. Pembicara dari OJK sempat mengkritik bahwa informasi yang ditulis blogger acapkali kurang akurat. Misalnya masih menganggap Bank Indonesia mengawasi kebijakan finansial dari lembaga-lembaga perbankan padahal tugas itu telah diambil alih OJK. Parahnya pernyataan yang salah tersebut dijadikan salah satu bahan menulis skripsi atau tugas mahasiswa. Informasi yang salah malah kemudian meluas dan berpengaruh terhadap opini masyarakat dan dunia pendidikan. Hmm sebuah catatan penting, menulis di blog sama halnya dengan menulis buku. Berbagai lapisan masyarakat bisa membaca tulisan kita maka hendaknya berhati-hati dan jika perlu harus melakukan kajian, survey, penelitian yang komprehensif sebelum memposting sebuah artikel.

Satu hal lagi tentang dunia blogging, diakui atau tidak belakangan ini blogger sedang naik daun. Program pemerintah, launching produk atau event tertentu tidak hanya melibatkan awak media massa dari tabloid dan koran ternama. Blogger pun mendapat kesempatan yang sama. Promosi tidak hanya dilakukan lewat iklan majalah dan televisi tetapi dunia blog juga turut mencicipi. Mau ngeblog rame-rame atau blog sendiri. Entah itu blog gratisan atau TLD. Ada atau tidaknya penghargaan dari masyarakat terhadap eksistensinya, semoga para blogger bisa konsisten berbagi dan memberikan pencerahan lewat tulisan berdasarkan fakta sebagai karya nyata. Selamat Hari Blogger Nasional!

Image source: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top