Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

Sejarah Peringatan Hari Olahraga Nasional yang Menarik untuk diKetahui

  • Bagikan
sejarah peringatan hari olahraga nasional

Sudah taukah Anda bahwa setiap tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional? Sebagai salah satu hari penting bagi warga negara Indonesia, yuk ketahui bagaimana sejarah peringatan Hari Olahraga Nasional melalui artikel kali ini. Tak hanya itu, akan diulas juga beberapa fakta menarik seputar Hari Olahraga Nasional yang perlu Anda ketahui. Selamat menyimak sampai selesai, ya! 🙂

 

Sejarah Peringatan Hari Olahraga Nasional

Bagi Anda yang gemar berolahraga tentu mengetahui sejarah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini termasuk hal yang penting, bukan? Haornas ini telah diperingati selama hampir 38 tahun. Dan setiap tahunnya Haornas dirayakan dengan semarak khususnya oleh kalangan insan olahraga di tanah air.

Haornas dan kaitannya dengan PON I Tahun 1948

Pemilihan tanggal 9 September ini sekaligus untuk mengenang penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) ke-1 yang digelar pada tanggal 9 September 1948. Kota Surakarta tepatnya di stadion Sriwedari inilah menjadi tempat diselenggarakannya PON yang pertama.

PON I ini dianggap sebagai tonggak sejarah persatuan serta perkembangan olahraga nasional di Indonesia. PON yang pertama ini juga menjadi dasar yang kokoh sebagai penyemangat insan olahraga Indonesia untuk mengembangkan bidang olahraga tanah air.

Hal ini kemudian terbukti dengan munculnya organisasi-organisasi dari berbagai cabang olahraga yang sebelumnya tidak ada di Indonesia. Selain itu juga ada juga penggabungan organisasi olahraga Indonesia dengan federasi internasional. Semangat penyelenggaraan PON pertama inilah yang menginspirasi tercetusnya Hari Olahraga Nasional 35 tahun kemudian.

Haornas ditetapkan untuk memasyarakatkan olahraga

Perumusan Haornas dilakukan di Solo tanggal 9 September 1983. Haornas merupakan langkah awal untuk memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat.

Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Presiden kedua Republik Indonesia (RI) menetapkan Hari Olahraga Nasional pada tanggal tersebut, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional. Dalam Keputusan Presiden (Kepres) tersebut disebutkan bahwa penetapan Haornas berkaitan dengan peningkatan, pembinaan, serta perkembangan olahraga secara berkelanjutan.

Menurut Soeharto, jika kita menginginkan Indonesia menjadi bangsa yang maju dan sejahtera lahir batin seperti yang dicita-citakan, maka kita harus kuat secara jasmani dan rohani. Penetapan Hari Olahraga Nasional ini erat kaitannya dengan upaya pemerintah yang menganggap pentingnya bidang olahraga dalam pembangunan suatu bangsa.

Presiden Soeharto menyatakan bahwa adanya berbagai prestasi dalam bidang olahraga dapat menimbulkan rasa kebanggaan nasional. Rasa bangga ini pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan diri bangsa Indonesia untuk semakin maju.

Penetapan Haornas juga bertepatan dengan diresmikannya pemugaran Stadion Sriwedari Surakarta yang merupakan stadion pertama yang dibangun bangsa Indonesia. Sejarah penetapan Hari Olahraga Nasional ini menunjukkan bahwa olahraga termasuk salah satu kekuatan untuk membangun kesehatan jasmani, watak bangsa, dan juga rasa kebanggaan nasional.

Setelah mengetahui sejarah peringatan Hari Olahraga Nasional, semoga Anda juga semakin semangat untuk aktif dalam bidang olahraga. Sekarang mari kita simak beberapa fakta menarik seputar Hari Olahraga Nasional pada ulasan di bawah ini.

 

4 Fakta Menarik Seputar Hari Olahraga Nasional

Bidang olahraga memberikan banyak prestasi serta kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Sebab terdapat beberapa cabang olahraga yang sukses membanggakan Indonesia di kancah internasional. Salah satu contohnya yaitu badminton.

Olahraga yang satu ini berhasil membuat Indonesia termasuk salah satu negara terkuat dalam jenis olahraga badminton. Tak sedikit atlit badminton Indonesia yang meraih peringkat tertinggi di dunia. Dengan adanya Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tahun ini diharapkan semangat olahraga Indonesia terus terjaga. Berikut beberapa fakta menarik seputar Hari Olahraga Nasional.

1.   Tujuan Hari Olahraga Nasional

Fakta menarik berkaitan dengan Haornas yang pertama adalah mengenai tujuannya. Adanya Hari Olahraga Nasional tak hanya bertujuan untuk mengenang ataupun mengingat kembali hari kelahiran PON yang pertama pada Tahun 1948. Lebih dari itu, peringatan Haornas bisa dianggap sebagai sebuah momentum untuk merefleksikan kembali sebuah peristiwa penting dan bersejarah dalam bidang olahraga di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya peringatan Hari Olahraga Nasional ini juga bisa memacu semangat generasi penerus Indonesia untuk aktif dalam bidang olahraga. Berbagai prestasi dalam bidang olahraga yang membanggakan di mata dunia tentunya dapat mewakili semangat kepemimpinan bangsa. Maka dari itu, semoga peringatan Haornas ini membuat tongkat estafet prestasi para atlit Indonesia bisa terus berlanjut ke generasi penerusnya.

Baca juga: 7 Merek Sepeda Lipat Terbaik yang Bikin Olahraga Makin Seru

2.   Harapan dari lahirnya Hari Olahraga Nasional

Fakta menarik seputar Haornas yang selanjutnya yaitu mengenai harapan dari lahirnya peringatan ini. Ada beberapa harapan dari adanya Hari Olahraga Nasional di Indonesia sebagaimana dituangkan dalam keputusan dan kebijakan yang disusun pemerintah, sebagai berikut:

  • Komitmen segenap insan olahraga termasuk pula pendidikan keolahragaan bagi pelajar mengingat betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan siswa agar dapat menggapai cita-cita demi Indonesia maju
  • Sebagai pengingat bagi bangsa Indonesia mengenai pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang kemudian diatur dalam Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga
  • Sebagai ajakan bagi bangsa Indonesia agar melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas dalam aktivitas sehari-hari
  • Memacu semangat seluruh bangsa Indonesia untuk berolahraga secara rutin dan teratur

3.   Dirayakan dengan semarak

Ini merupakan fakta menarik seputar Hari Olahraga Nasional berikutnya. Kegiatan Haornas setiap tahunnya biasa dirayakan dengan semarak, mulai dari berbagai perayaan hingga penghargaan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) biasanya menginisiasi berbagai perayaan di Indonesia untuk memperingati Hari Olahraga Nasional.

Tak hanya itu, pada peringatan Haornas setiap tahunnya Kemenpora rutin memberikan penghargaan yang diberikan untuk mereka yang dinilai telah berkontribusi terhadap olahraga nasional.

4.   Memaknai semangat olahraga di masa pandemi

Masih ada satu fakta menarik seputar Hari Olahraga Nasional yang berkaitan dengan semangat olahraga di masa pandemi. Meski dua tahun terakhir ini peringatan Haornas menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, namun tak menyurutkan semangat para insan olahraga untuk tetap merayakannya.

Situasi pandemi membuat Kemenpora untuk beradaptasi dengan berbagai protokol kesehatan demi meminimalisir penyebaran virus Corona. Sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional digelar secara virtual dengan memanfaatkan teknologi internet.

Haornas ini pun menjadi pengingat sekaligus penyemangat agar kita rutin olahraga. Apalagi di masa pandemi ini dimana menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan rutin olahraga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang virus.

Demikian ulasan mengenai sejarah peringatan Hari Olahraga Nasional serta beberapa fakta menarik seputar Haornas. Semoga ulasan kali ini membuat Anda semakin semangat untuk rutin olahraga. Selamat berolahraga, ya! 🙂

 

Credit image: kemenpora.go.id

 

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan