Pasang Iklan di Indoblognet.com
Pasang Iklan di Indoblognet.com

Sejarah Asal Mula Hari Pelanggan Nasional yang Menarik untuk Diketahui

  • Bagikan
Sejarah hari pelanggan nasional

Sudah tahukah Anda bahwa setiap Tanggal 4 September Indonesia memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas)? Yuk, ketahui selengkapnya mengenai sejarah asal mula ditetapkannya Hari Pelanggan Nasional ini. Di artikel kali ini juga akan dibahas berbagai fakta menarik seputar Hari Pelanggan Nasional. Selamat menyimak sampai selesai, ya! 🙂

 

Sejarah Asal Mula Hari Pelanggan Nasional

Dalam keseharian tentu Anda juga tidak terlepas dari peran Anda sebagai pelanggan, bukan? Saat Anda melakukan transaksi pembelian secara rutin kepada penjual artinya Anda telah menjadi pelanggan. Nah, sebagai pelanggan Anda juga perlu mengetahui bagaimana sejarah asal mula ditetapkannya Hari Pelanggan Nasional ini.

Dicetuskan oleh Handi Irawan

Hari Pelanggan Nasional pertama kali ditetapkan pada Tahun 2003 oleh Handi Irawan. Ia adalah seorang chairman lembaga riset pemasaran dan konsultasi marketing Frontier Consulting Group. Handi Irawan juga merupakan seorang pengusaha Indonesi dan pakar di bidang pemasaran termasuk dalam bidang kepuasan pelanggan.

Tak hanya itu, Handi Irawan juga terkenal sebagai salah satu content & knowledge speaker terbaik di Indonesia. Ada berbagai penghargaan populer di Indonesia yang diprakarsai olehnya, seperti Top Brand Award, Marketing Award, Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC), serta Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA). Handi Irawan juga dikenal sebagai seorang penulis buku populer mengenai strategi pemasaran.

Gagasan mengenai dicetuskannya Hari Pelanggan Nasional ini muncul karena ia merasa ada banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dalam hal pelayanan pelanggan di Indonesia.

Handi Irawan kerap mengajak para pengusaha di Indonesia untuk terus berusaha memerhatikan kepuasan pelanggannya. Sebab kepuasan pelanggan ini sangat erat kaitannya dengan citra positif dari bisnis tersebut. Kepuasan pelanggan juga nantinya akan berpengaruh pada keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk.

Pembeli adalah Raja

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan meningkatkan kualitas serta pelayanan produk. Sebuah bisnis bisa tetap berjalan tanpa mesin, peralatan, gedung, bahkan modal sekalipun. Namun, tanpa adanya pelanggan maka bisnis tidak akan berjalan, bukan? Itu sebabnya ada istilah “Pembeli adalah Raja”.

Baca juga: Inilah 10 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Branding

Namun, faktanya masih banyak pengusaha yang seolah kesulitan untuk memuaskan pelanggannya. Inilah yang menjadi salah satu pendorong dicetuskannya Hari Pelanggan Nasional. Dengan adanya Harpelnas ini diharapkan para pengusaha, termasuk juga pemerintah, serta para karyawan bisa memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan. Sehingga kepuasan pelanggan di Indonesia ini bisa lebih ditingkatkan.

Setelah mengetahui sejarah asal mula Hari Pelanggan Nasional, selanjutnya mari kita simak beberapa fakta menarik seputar Harpelnas ini.

 

6 Fakta Menarik Seputar Hari Pelanggan Nasional

Sejak ditetapkannya Hari Pelanggan Nasional Tahun 2003 lalu, tentunya Harpelnas ini menjadi salah satu hari istimewa bagi pelanggan. Hal menarik apa yang biasanya diberikan pengusaha bagi pelanggannya di hari ini? Jawabannya ada pada ulasan berikut ini.

1.   Diresmikan oleh Megawati Soekarno Putri

Fakta menarik seputar Hari Pelanggan Nasional yang pertama adalah mengenai diresmikannya Harpelnas ini oleh Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri. Harpelnas resmi diperingati oleh seluruh warga negara Indonesia pada Tanggal 4 September 2003. Peresmian tersebut dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi dari berbagai perusahaan serta BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Megawati Soekarnoputri yang kala itu menjabat sebagai Presiden Indonesia menganggap bahwa Hari Pelanggan Nasional bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan ekonomi Indonesia. Itu sebabnya Megawati turun langsung dan terlibat dalam peresmian Harpelnas. Dan sejak saat itulah hingga kini setiap Tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional.

2.   Memiliki logo khusus

Fakta menarik seputar Hari Pelanggan Nasional selanjutnya yaitu adanya logo khusus Harpelnas. Logo Harpelnas yang menggunakan warna hijau ini melambangkan senyum manusia. Senyum di logo ini menggambarkan kepuasan pelanggan.

Sedangkan warna hijau dipilih untuk mewakili keramahan dan bersahabat. Tak hanya itu, warna hijau juga memiliki filosofi tersendiri yaitu menandakan kesejukan dan kesuburan. Dengan adanya Harpelnas ini diharapkan perekonomian di Indonesia akan semakin maju dan berkembang.

Logo yang dibuat oleh salah satu The Best Ad Designer Indonesia ini juga mempunyai makna khusus melalui pemilihan tipologi huruf kecil yang melambangkann sikap rendah hati dan keinginan untuk terus maju. Adanya logo yang dirancang dengan penuh makna ini menunjukkan betapa seriusnya Indonesia menetapkan Hari Pelanggan Nasional.

3.   Diramaikan dengan berbagai event

Hari Pelanggan Nasional juga diramaikan dengan berbagai event. Hal ini menjadi salah satu fakta menarik seputar Harpelnas. Setiap tahunnya Harpelnas ini tidak terlepas dari kegiatan besar seperti berbagai event, parade, hingga seminar untuk memeriahkan perayaan.

Namun untuk tahun ini perayaan Harpelnas tentu akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pandemi virus Corona yang belum berakhir. Saat ini masyarakat dihimbau untuk meminimalisir adanya kerumunan demi memutus rantai penyebaran virus Corona.

Sehingga kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti event dan semacamnya sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, sebab masih ada alternatif lainnya untuk merayakan Harpelnas. Yaitu dengan mengadakan kegiatan yang diadakan secara virtual alias online.

4.   Banyak promo dan diskon

Fakta menarik seputar Hari Pelanggan Nasional yang satu ini pastinya jadi yang paling istimewa bagi Anda. Tentunya ini jadi hal yang paling dinantikan oleh para pelanggan di perayaan Harpelnas. Sebab di Hari Pelanggan Nasional ini para pengusaha berlomba-lomba memberikan berbagai promo dan diskon bagi pelanggannya.

Berbagai promo dan diskon ini memang khusus diberikan oleh para pengusaha untuk memeriahkan perayaan Harpelnas yang hanya diperingati setiap setahun sekali.

Selain itu adanya promo dan diskon tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan meningkatnya daya beli masyarakat tentunya akan membantu meningkatkan perekonomian negara, sebab semakin banyak perputaran uang yang terjadi.

5.   Harpelnas milik nasional

Meski Hari Pelanggan Nasional ini tidak termasuk hari libur nasional, namun ini menjadi hari penting yang diperingati setiap tahunnya. Harpelnas ini bukanlah milik sejumlah golongan saja, tapi milik seluruh warga negara Indonesia. Dimana pada hari ini para pengusaha baik swasta maupun BUMN serta seluruh pelanggan di Indonesia bisa ikut serta memeriahkan Harpelnas.

6.   Momen untuk memuaskan pelanggan

Fakta menarik seputar Harpelnas yang terakhir yaitu menjadi momen bagi para pelaku usaha untuk memuaskan pelanggannya. Sebagaimana tujuan awal dicetuskannya Harpelnas, ini menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat para pengusaha memuaskan pelanggan.

Di Hari Pelanggan Nasional ini para pelaku usaha seolah diingatkan untuk mengapresiasi pelanggannya sebagai bentuk terima kasih. Sebab keberadaaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis.

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Pelanggan Nasional serta beberapa fakta menarik seputar Harpelnas yang perlu Anda ketahui. Bagaimana apa Anda sudah siap berburu promo dan diskon di Harpelnas tahun ini? Jangan sampai ketinggalan, ya! 🙂

 

Credit image: ekonomi.bisnis.com

Pasang Iklan di Indoblognet.com
  • Bagikan