Agama

Sedekah Itu Gak Hanya Uang, Kok!

Usai shalat Isya, Mbah Muslim, Kromo Dingklik, dan Cak Ngaderi berangkat bersama-sama ke rumah Haji Sholeh. Sesepuh desa itu baru saja pulang dari melaksanakan ibadah umrah bersama istri, anak, dan menantunya. Saat memasuki halaman rumah, Mbah Muslim dan rombongannya disambut penerima tamu. Sambil salaman, petugas penerima tamu memberikan tas cantik terbuat dari bahan kain. Terlihat di dalamnya ada sarung, kopiah haji, dan sajadah. “Oleh-oleh dari Abah Haji,” demikian penjelasan dari penerima tamu.

Usai sambutan dari shahibul bait dan pembacaan doa oleh seorang ustadz, para tamu dipersilakan menikmati hidangan. Para tetangga, sahabat, dan kerabat benar-benar menikmati acara yang singkat tetapi cukup padat dengan aneka hidangan dan oleh-oleh yang memikat. Haji Sholeh dan istrinya tak henti-hentinya mempersilakan tamu untuk menambah makanannya. “Silakan loch Pak nambah lagi,” ujar Haji Sholeh sambil tersenyum.

“Enaknya jadi orang kaya. Bisa menjalankan ibadahnya dengan baik. Naik haji, umrah, ngasih oleh-oleh, dan nyuguhi aneka makanan yang lezat,” ujar Cak Ngaderi sambil menikmati gulai dan sate kambing.

“Benar-benar dimanja oleh Allah ya,” Kromo Dingklik menimpali.

“Begitulah orang yang banyak sedekah dan selalu bersyukur. Rezekinya mengalir terus.” Mbah Muslim melirik temannya.

“Nggak seperti saya. Boro-boro sedekah, untuk beli sarung saja harus nunggu lebaran.”

“Kamu juga bisa sedekah kalau mau,” sahut Mbah Muslim sambil nyruput es buah nan segar.

“Jangan ngenyek tho, Mbah. Emangnya duit dari Hongkong,” ujar Cak Ngaderi.

“Sedekah kan tidak selalu harus dengan uang,” jawab Mbah Muslim. Kromo Dingklik tertawa ngakak mendengar jawaban sahabatnya.

“Pakai klaras atau kreweng ya, Slim?” tanya Kromo Dinglik seolah mengejek.

Diam-diam Mbah Muslim memahami ucapan teman-temannya. Orang selalu beranggapan bahwa sedekah selalu dikaitkan dengan uang atau barang. Padahal dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak dijelaskan tentang aneka macam sedekah yang bisa dilakukan oleh seorang muslim.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:” Peliharalah dirimu dari neraka walau dengan (bersedekah) sebelah buah kurma. Jika kamu tidak sanggup, maka dengan tutur kata yang baik.” Mbah Muslim mengutip sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim. “Jelas tho, bertutur kata yang baik saja sudah merupakan sedekah. Masa kalian nggak sanggup.” Kromo Dingklik dan Cak Ngaderi mengangguk-angguk tanda mengerti.

“Apalagi yang termasuk sedekah tanpa uang, Mbah?”

“Yo wis kapan-kapan saya jelaskan. Sekarang nikmati makanan dulu ya.”

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala membuka pintu seluas-luasnya kepada hamba-Nya yang ingin melakukan sedekah walau tidak mempunyai harta. Dalam hadits banyak sekali petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berkaitan dengan sedekah yang tidak berupa uang atau harta benda. Berikut salah satu hadits.

Abu Dzar ra mengatakan, beberapa orang sahabat Nabi pernah bertanya kepada beliau:” Kaum hartawan dapat memperoleh harta yang lebih banyak. Mereka sholat seperti kami shalat. Mereka puasa seperti kami berpuasa, dan dapat bersedekah dengan sisa harta mereka.” Mendengar keluhan para sahabat, Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :” Bukankah Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberi berbagai macam cara untuk bersedekah? Setiap kalimat tasbih adalah sedekah. Setiap kalimat takbir adalah sedekah. Setiap kalimat tahmid adalah sedekah. Tahlil adalah sedekah. Mengajak kebaikan dan melarang kejahatan (amar ma’ruf dan nahi munkar) adalah sedekah. Bahkan pada kemaluanmu pun terdapat pula unsur sedekah.”

“Kalau begitu apakah kami dapat pahala jika kami memuaskan nafsu syahwat kami?” tanya para sahabat.

“Kalau kamu melakukannya dengan cara yang haram, tentu kalian berdosa. Sebaliknya apabila kalian lakukan dengan yang halal, kalian dapat pahala,” jawab Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. [HR. Muslim]

Subhanallah, begitu banyak kesempatan bagi muslim untuk bersedekah walaupun tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Dengan demikian maka tak ada alasan lain bagi muslim untuk lalai dalam menjalankan perintah Allah dan Rasulullah.

Jika kita tak memiliki uang sepersen untuk disedekahkan maka kita bisa membersihkan kamar mandi dan toilet yang ada di sekitar musala atau masjid. Demikian pula jika melihat ada paku, duri, atau batu yang berada di jalan. Tak ada salahnya menyingkirkan benda berbahaya itu agar tak melukai orang yang lalu lalang di situ. Perbuatan baik seperti itu jika dilakukan dengan ikhlas pasti akan dilihat dan dibalas oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Nggak bisa nyumbang takjil untuk berbuka puasa? Tak ada uang sepeserpun di saku untuk mengisi kotak infaq? Tak perlu sedu-sedan itu. Ambil ember, gayung, dan sikat lantai lalu bersihkan masjid atau mushola. Jika dilakukan dengan ikhlas Insya Allah akan bernilai ibadah. Membantu merapikan mushaf Al Quran yang ada di masjid dan mushala, menjemur karpet, atau menyapu halaman masjid juga oke. Pendek kata, jika harta tak punya maka bersedekah dengan tenaga pun akan dinilai dan dibalas olehNya.

 

Source image: pixabay.com

 

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Yuhuu ikutan yuk...lumayan banget nih hadiahnya ! #Repost @ifisinema (@get_repost)
・・・
Ikuti #Mygeneration Experience Quiz
Hadiah Rp.5.000.000,- untuk 1 orang Pemenang!
.
Caranya:
.
1. Repost/Regram foto di atas
2. Tag, Mention dan Follow akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
3. Click link di bio akun @IFISinema
4. Ceritakan secara singkat pengalaman paling konyol kalian bersama para sahabat dalam 1 paragraf caption
5. Ajak 1 orang teman kamu untuk turut berpartisipasi dalam kuis
6. Gunakan hashtag #mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA
7. Jangan Private akun IG agar postingan bisa kami nilai
8. Pemenang diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2017 di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
Contoh:
Pengalaman paling konyol gue dan para sahabat adalah ngumpet di kuburan sampe maghrib gara-gara ngindarin guru yg lagi razia siswa bolos.
.
Ayo @tag1orangtemankamu ikut partisipasi di kuis ini, caranya bisa dilihat di akun instagram @IFISinema @Mygenerationfilm
.
#mygeneration #mygenerationfilm #meversustheworld #ekspresimillennial #IFISINEMA #filmindonesia #filmbioskop #teenlife #serbakuis #giveaway

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top