Indo Blog Net

Kuliner

Secang Minuman Hangat yang Bikin Sehat

Secang Minuman Hangat yang Bikin Sehat

Salah satu rempah Indonesia yang banyak manfaatnya dan sering dijadikan bahan untuk membuat minuman/wedang adalah secang. Berikut ini manfaat secang.

Bagikan Jika Bermanfaat

Rempah-rempah yang ada di Indonesia salah satunya yang cukup banyak digunakan adalah secang. Ternyata secang ini banyak manfaat yang bisa diambil. Secang ini berasal dari sekitar India, Cina sampai semenanjung Malaya. Di negara Asia Tenggara sudah banyak yang dibudidayakan. Pertama kali merasakan rempah secang ini saat makan di resto tradisionalresto tradisional khas Jogja. Saat itu salah satu menu minumannya adalah secang.

Dari dulu aku itu kurang suka dengan rasa rempah-rempah yang menonjol rasanya. Entah mengapa padahal bagi sebagian orang justru menyukai rasa rempah-rempah yang kental rasanya. Ternyata wedang secang ini penuh manfaatnya. Yuk, kita telaah lebih lanjut tentang secang ini. Biar kita tahu seluk beluk tentang secang ini.

Mengenal Tanaman Secang

Secang ini nama latinnya adalah Caesalpinia sappan. Tanaman secang ini yang dimanfaatkan kayu dan kulitnya untuk dijadikan rempah-rempah. Buahnya termasuk buah polong-polongan. Tanaman secang ini mempunyai ciri-ciri seperti tinggi pohon bisa mencapai sekitar 4-10 meter, dengan batang pohon yang memiliki tonjolan-tonjolan dengan banyak durinya. Kulit batangnya berwarna coklat keabu-abuan.

Untuk daun bersirip ganda dengan anak daun sebanyak 10-20 daun di setiap tulang daunnya. Bunga berwana kuning dan bijinya bulat memanjang. Tanaman secang ini mudah sekali untuk dibudidayakan. Cara penanamannya dengan membuat lubang tanam dengan tugal, dengan jarak 15-20 cm. Biji yang diambil dari buah dimasukan ke dalam lubang tersebut dan tutup dengan tanah. Penanaman sebaiknya dilakukan saat musim hujan.

Manfaat tanaman secang

Bahan Pewarna

Kulit kayu secang bisa memberikan warna kemerahan karena di kulit kayu secang ini mengandung zat yang dikenal dengan nama brazillin. Brazillin ini menghasilkan warna merah alami. Bisa digunakan untuk pewarna makanan atau pewarna tekstil.

Pembuatan minuman

Secang biasanya dijadikan bahan untuk membuat wedang atau biasa disebut wedang secang. Minuman ini khas Yogyakarta. Minuman ini merupakan rebusan dari campuran kayu secang, jahe, gula merah dan bahan lainnya. Wedang secang ini cocok saat udara dingin karena minuman ini cukup buat menghangatkan tubuh, mengusir kantuk, dan menambah stamina.

Pengobatan

Polifenol. Secang mengandung zat alami ini sebagai antioksidan seperti yang terdapat di teh hijau. Dengan demikian secang bisa menangkal radikal bebas, dan bisa juga untuk meremajakan kulit. Flavanoid. Zat ini juga ada di dalam secang, yaitu semacam pigmen yang ada di kulit secang. Berguna untuk antibiotik alami dan untuk efektivitas vitamin C. Juga bisa sebagai anti radikal bebas.

Tannin. Tannin ini zat antibaketri yang ada dalam secang juga. Penting untuk menghentikan perdarahan, membunuh bakteri, menyembuhkan sakit pada dinding usus karena virus/bakteri.

Minyak atsiri. Minyak atsiri ini mempunyai aroma yang khas dan mempunyai fungsi sebagai pengobatan penyakit di saluran pencernaan. Bisa juga digunakan sebagai bahan dasar antiseptik.

Begitulah manfaat dari tanaman secang ini. Secang minuman hangat yang bikin sehat. Jadi jangan lupa menikmati secangkir wedang secang ditambah sepiring camilan.

Hastira

Seorang pengajar penyuka aksara. Suka merangkai kata dalam bentuk puisi dan fiksi. Dan suka dengan dunia anak-anak dengan banyak membuat cerita anak
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

To Top