lomba blog

Saya bukan ibu idaman

Menjadi ibu idaman bagi anak-anaknya siapa sih yang tidak mau? khusnul yakin, pasti semua perempuan sangat menginginkannya akan tetapi di saat banyaknya rintangan yang dihadapai oleh seorang ibu apakah lantas ibu itu benar-benar  harus menghapus impiannya menjadi ibu idaman untuk anak-anaknya? Saya sangat sedih, karena sepertinya saya akan sangat jauh dari ibu idaman bagi anak-anak saya karena ada banyak kendala yang untuk masuk kriteria idaman ini.

Kriteria Ibu Idaman

Kriteria ibu idaman sendiri itu sebenarnya seperti apa? Saya seharusnya tidak berkecil hati dahulu karena saya belum mengetahui dengan benar kriteria ibu idaman seperti apa, benar tidak?

Sebenarnya tidak ada yang membakukan pengertian ibu idaman pun tidak ada tertulis di buku manapun kalau ibu idaman itu harus memenuhi kriteria A, B, C atau pun D! Karena kriteria ibu idaman untuk setiap anak ternyata berbeda-beda. Sayapun bisa bernafas legah karena akhirnya saya masih memiliki peluang menjadi ibu idaman untuk buah hati saya.

Apa yang harus dilakukan agar menjadi ibu idaman untuk anak-anak kita?

Saya, hanya seorang ibu muda yang masih memiliki anak 1 dan itu pun masih belum genap 18 bulan, pengetahuan saya tentang menjadi seorang ibu meman masih terbilang minim akan tetapi sebagai seorang anak yang memiliki Ibu saya bisa mengatakan untuk menjadi ibu idaman itu paling tidak harus bisa melakukan beberapa hal di bawah ini – akan tetapi ini ibu idaman versi saya karena setiap anak pasti memiliki versi yang berbeda.

  • Mengenali sifat dan atau karakter anaknya, sehingga saat ada benturan atau masalah sang Ibu tahu bagaimana berkomunikasi dengan sang buah hati sehingga apapun yang didisukusikan bisa masuk dan atau dengan mengetahui karakter seoang ibu tahu kapan waktu yang tepat berbincang dengan sang buah hati.
  • Bisa menjadi sahabat buat anaknya, tidak semua orang tua khususnya ibu bisa menjadi sahabat untuk anak-anaknya sedangkan untuk seorang anak memiliki ibu yang dapat dipercaya untuk mengetahui masalah-masalahnya bahkan sampai pada masalah yang paling sepeleh adalah sebuah anugerah. Menjadi sahabat untuk anak-anak kita itu tidak mudah lho, karena sifatnya seorang ibu yang merasa memiliki anak (possesive) ini kadang membuatnya merasa bahwa sang anak harus menurut dengan apa yang dikatakannya dan dengan sangat mudah memberikan judgement terhadap cerita-cerita yang disampaikan oleh anak-anaknya.
  • Tidak banyak menetapkan aturan yang sifatnya mengekang walaupun peraturan itu untuk kebaikan sang anak. Fitrah seorang ibu memang ingin yang terbaik buat anaknya akan tetapi dengan menerapkan banyak aturan akan membuat anak merasa ada dalam tekanan bukan kasih sayang. Tidak menetapkan banyak aturan akan tetapi melakukan kontrol untuk setiap perkembangan dan pertumbuhan anaknya.
  • Pandai menunjukkan nilai-nilai value dalam kehidupan sehingga saat tumbuh dewasa anak akan menyadari bahwa ibunya penuh dengan inspirasi meskipun katakannya ibunya tidak berpendidikan tinggi.
  • Selalu menjadi orang yang ada di dekat anak saat dibutuhkan, untuk seorang anak seperti saya ibu yang selalu berada di sisi saya adalah kebahagiaan karena tidak ada tempat teraman dan ternyaman selain dipelukannya.

Selama ini bisa dikatakan sebagian besar dari point-point di atas ada dalam Ibunda saya itulah kenapa, Ibunda saya menjadi ibu idaman buat kami, anak-anaknya.

Menjadi Ibu Idaman adalah harapan setiap perempuan

Menjadi Ibu Idaman adalah harapan setiap perempuan

Saya bukan ibu idaman

Aduh, kenapa sih saya selalu bilang kalau saya bukan ibu idaman? Ya, karena saya banyak kelemahan. Saya tidak memiliki waktu yang penuh untuk anak saya karena dari Senin sampai Jum’at, jam 08:00 – 18:30 WITA saya tidak di rumah karena saya harus bekerja menjadi salah satu karyawan swasta di sebuah perusahaan dengan pressure yang tinggi. Namun, hal ini tidak akan saya jadikah halangan, untuk menjadi ibu yang baik untuknya. Sebelum bekerja saya bangun pagi untuk menyiapkan makanannya dan sesampai di kantor saya akan menelpon hanya untuk memastikan dia sudah bangun, makan atau sedang apa. Hati ini rasanya sorak gembira saat mendengar suara renyahnya di seberang sana walaupun terkadang dia marah dan menolak mendengarkan suara saya.

Saat di rumah, sebisa mungkin saya luangkan waktu saya untuk dia kalaupun ada pekerjaan lain pasti saya kerjakan kalau dia tidur atau terkadang jika ada Ayahnya, saya hanya minta satu jam dari dia karena selama ini saya juga sudah mengambil banyak waktunya.

BeautyPlus_20160531181036_save

Belajar menjadi sahabat untuk anak di setiap kesempatan

Di waktu kebersamaan kami habiskan waktu bermain bersama, terkadang saat berdua saja tanpa Ayahnya saya merasa kalau anak kecil yang belum genap 18 bulan ini adalah sahabat saya, dia mendengarkan saya cerita dan kadang pun saat ada yang lucu kami bisa tertawa bersama. Saya ingin menciptakan rasa nyaman untuknya dengan tidak lupa tetap menanamkan nilai-nilai kehidupan di dalam dirinya, memang sulit karena saya merawatnya tidak sendirian, ada neneknya yang dalam keseharian menjaganya yang otomatis sangat memanjakan dia.

Dalam setiap kesempatan saya selalu berusaha mengatakan kepadanya betapa sayangnya saya kepada dia yang biasanya dia akan akhiri dengan menciumi lengan sampai punggung tangan saya atau terkadang dia langsung merengek manja minta saya peluk, saya anggap itu cara dia meng-expresikan rasa sayangnya kepada saya.

Dahulu, saat memutuskan bekerja saya sempat ada khawatir anak saya akan menjadi “ANAK NENEK” karena keseharian bersama nenek maka dia akan lebih dekat dengan nenek, namun syukur alhamdulillah dia tetap anak saya karena di saat kesal atau sedih dia mencari saya, memeluk saya sambil terisak. Ternyata pelukan saya tetap menjadi tempat ternyaman baginya meskipun saya harus meninggalkannya bekerja.

Artikel ini saya ikutsertakan dalam Lomba Blog Zakiah Hijab

Pendar Bintang

Ibu muda dengan satu anak, berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta dan juga blogger. Dan kini juga tergabung dalam group Sandat Bali, sebuah Blogger Organizer berbasis di Bali.

Website : www.pendarbintang.com

Latest posts by Pendar Bintang (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top