Kuliner

Satu Hari di Kelas Memasak Gourmet House

Mengetahui ada undangan kelas memasak, untuk emak-emak yang lagi giat berguru seperti saya, nggak pakai lama deh, langsung jagain hari itu nggak akan kemana-kemana, khusus ke   Gourmet House yang terletak di Jalan Batu Ceper No. 55A, Jakarta Pusat pada Kamis (18/2).

Oya, ada yang udah tahu Gourmet House ? Xixixi,,,saya baru tahu soalnya. Jadi,  Gourmet House sesuai dengan taglinenya “A Cooking Inspiration for Professional Cooking” adalah semacam tempat yang menawarkan kelas memasak dari koki profesional hotel berbintang dan kalangan selebritas koki di dalam dan luar negeri  (Professional Executive Chef). Kalau kamu punya koki idola, siapa tahu doi ngajar di sini.

Selain menyediakan kelas memasak, di sini juga  menjual aneka produk peralatan memasak berkualitas. Jujur, begitu melihat perangkat perang dapur yang kinclong-kinclong dan canggih  berjejer indah di lantai 1, saya jadi kepengin banget punya (doa kenceng).

Untuk program cooking class, ada 4 program, yakni regular cooking, private cooking, cocks gathering dan kiddie cooking. Kalau kamu niat bener mau pinter masak, bisa pilih regular cooking dengan jadwal harian yang sudah pasti pada pagi atau siang hari. Private cooking khusus diadakan jika ada permintaan khusus dari customer, termasuk menunya.  Atau boleh kali ya customer request Chefnya ehhehe.

Kalau kamu mau masak barengan dengan komunitas, teman gaul atau bareng ibu-ibu arisan komplek, bisa memilih  cooks gathering.  Sedangkan untuk anak-anak nih, tentu memilih paket kiddies cooking. Saya membayangkan A pasti senang sekali jika mengikuti kelas memasak ini.
Kelas Masak 12
Pada saat saya datang, kami memasak dua menu. Pertama, memasak Choux Paste oleh chef Asti Moechin dan memasak Seared Dorry fish with Dabu-Dabu Style oleh chef Dino Kamarullah. Aduhhh mendengar namanya memang asing banget ya. Hhehe tapi tahu nggak kalau sebenarnya Choux paste itu adalah kue sus. Chef Asti ini pengalamanannya sudah puluhan tahun memasak pastry.

Di meja sudah tertata bahan-bahan pembuat kue sus yaitu Air 250 ml,  susu segar 250 ml, butter 200 gram, gula kaster 25 gram, garam 5 gram, tepung terigu protein sedang 300 gram, telur 7 butir dan vanilla Essence 10 gram. Bahan-bahannya mudah ditemui. Cara membuatnya pun ngga sulit.

Chef Asti memperagakan, pertama-tama air direbus bersama butter, gula dan garam sampai mendidih lalu masukkan tepung terigu dan aduk sampai tercampur kalis. Setelah itu, kocok adonan dengan mixer dan masukkan telur satu persatu hingga adonan terlihat mengkilap. Baru kemudian, ditambahkan vanilla essence.  Lalu, pipihkan adonan sesuai selera dan panggang dalam oven dengan panas 200 derajat celsius selama kurang lebih 30 menit. That is it !

kue sus

Walaupun tampak mudah dibuat, ternyata nggak selalu berhasil mengembang sempurna.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya jangan memasukkan susu tanpa campuran air atau santan, karena jika ini dilakukan, kue akan cepat gosong. Selain itu, kita juga bisa memilih apakah menggunakan susu atau santan. Lidah orang Indonesia  cenderung memilih santan karena  lebih gurih. Berbeda dengan lidah orang barat yang lebih menyukai menggunakan susu. Hmm … mungkin karena tak mudah mendapatkan santan di luar negeri ya.

Kunci keberhasilan memasak kue susu juga terletak pada adonan awal yakni air dan susu harus mendidih sebelum memasukkan adonan lainnya. Kemudian, pada saat membentuk kue sesuai keinginan,  harus pula diperhatikan tata letak peletakkan kue sebelum dipanggang. Tujuannya, agar kue tak dempet sehingga bisa mengembang sempurna.

Nah, sambil menunggu kue sus matang, kami mempelajari Seared Dorry fish with Dabu-Dabu Style. Kenapa memilih ikan dori ? Karena Ikan dori mudah ditemui dan harganya bersahabat. Biasanya ikan dori dijual dalam keadaan beku dan telah dikemas dibungkus plastik. Harganya sekitar Rp 50 ribu per bungkus.

Ikan dori  teksturnya halus lembut dan tanpa duri. Kandungan air ikan dori lumayan banyak. Sehingga, untuk menghilangkan air di dalam daging ikan, harus dikeringkan terlebih dahulu. Di tangan chef Dino Kamarullah, olahan ikan dori menjadi mewah. Berbahan  sama, chef Dino memasak ikan dori dengan cara dipanggang di oven dan di goreng di pan menggunakan mentega. Aromanya luar biasa mengguggah selera. Saya tak menyangka dengan bahan yang simpel dan selalu ada di dapur, ikan dori bisa disajikan ala restoran. Maklum, selama ini saya lebih sering masak ikan dori goreng tepung. Praktis dan keluarga pun suka. Setelah mengikuti cooking class ini, jadi nambah alternatif pilihan memasak dori.

Memasak itu memang menyenangkan sampai tak berasa telah melewati seharian di Gourmet House. Dari bahan-bahan sederhana bisa disulap menjadi sesuatu yang istimewa dan membahagiakan. Chefnya juga komunikatif membimbing. Menjawab dengan sabar dan ramah pertanyaan peserta sehingga jadi lebih mudah memahami dan bisa langsung praktek.

Kamu mau ikutan memasak juga ? Yuk di tunggu di Gourmet House. Aksesnya mudah dicapai. Bagi saya yang pengguna commuter line, tinggal turun di stasiun Sawah Besar. Setelah itu, lanjut ojek deh 10 ribu menuju Gourmet House.

Rach Alida Bahaweres

Sebagai jurnalis, saya aktif juga menulis di blog saya www.lidbahaweres.com. Saya menulis tentang berbagai hal yang saya alami. Akun twitter dan instagram saya @lidbahaweres. Untuk kontak lebih lanjut ke [email protected] Terima kasih

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kabar bahagia nih khususnya bagi warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Sekarang ga susah lagi mencari kebutuhan oleh-oleh haji dan perlengkapan muslim, @bursa.sajadah sudah ada di BSD loh. Tepatnya di Ruko Tol Boulevard C No. 11-12. Jalan Pelayangan BSD, Tangerang Selatan.

Alhamdulillah Bursa Sajadah sejak didirikan tahun 1998, terus berekspansi. Bursa Sajadah di BSD ini merupakan cabang ke-9, setelah di  Bandung, Bekasi, Bogor, Jakarta, Malang, Solo dan Surabaya.

Tuk yang mau belanja2 kebutuhan lebaran atau ingin memberikan sesuatu yang spesial tuk orang2 tersayang, selagi masih grand opening di BSD, siapa tahu dapat harga yang spesial :) Tuk rekan2 blogger terpilih di wilayah Tangsel, kita nanti bersilaturahmi ya di Grand Opening Bursa Sajadah BSD, Kamis, 1 Juni 2017.  #BursaSajadah #bursasajadahBSD #skvgroup #Tangerangselatan

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top