Indo Blog Net

Kuliner

Samosa Kuliner India yang Terkenal Lezat, Yuk Kita Coba

samosa kuliner india

Wah kalau bicara tentang India, pasti yang teringat adalah film Indianya. Banyak loh orang yang suka sekali dengan film Indianya, bahkan sampai hobi banget nonton film India. Kalau aku suka dengan India dari pakaiannya dan aseseorisnya. Mengapa? Karena punya warna  yang warna warni, terang, kesannya jadi meriah.

Nah, kalau kuliner gimana. Nah , kuliner India itu aku kurang suka karena kental banget rempah-rempahnya. Aku kurang suka yang terlalu banyak rempah. Tapi ada salah satu kuliner India yang aku suka, namanya samosa.

Kuliner ini sih sudah mendunia, karena di banyak negara sudah banyak yang membuat atau menjualnya termasuk di Indonesia.

Samosa Kuliner Asal India

Samosa ini camilan yang paling disukai di kawasan Asia Tengah teruatam di India. Samosa berasal dari bahasa Hindi, samusa dan bahasa Persia sanbosag. Katanya samosa ini sudah ada sejak abad ke 10. Kemudian 4 abad kemudian menyebar ke India.

Tapi sekarang sudah sangat populer di seluruh dunia teruatama di Malaysia, Singapura dan Arab. Bentuknya segitiga dengan isian berupa kentang berbumbu, bawang, kacang polong, daging sapi atau ayam.

Baca juga: Kuliner Tapa Kolo di Upacara Adat Nusa Tenggara Timur

Ada juga samosa yang isinya sayuran. Ciri yang khas itu ada pada isiannya yang menggunakan bumbu kari. Nah, isian itu ditaruh dalam adonan yang terbuat dari terigu, ghee atau mentega dan air.

Kalau dilihat-lihat membuat adonannya mirip kalau kita membuat pastel. Setelah membuat campuran adonan dibiarkan dulu , baru adonan digilas tipis-tipis untuk dibuat penutupnya.

Samosa ini punya kisah perjalanan yang panjang. Kuliner ini dulunya ada di Mesir yang menyebar ke India sampai ke Cina. Yang menyebarkan adalah pedagang atau musafir, karena mereka makan camilan ini selama perjalanan panjang mereka.

Diketemukan buku resep masakan Arab abad ke 10 yang menuliskan kuliner ini dengan nama sanbusak. Tapi dalam bahasa Persia, samsa memiliki arti piramid. Samosa di Mesir masih disebut dengan sanbusak.

Baru abad ke 11 pedagang muslim membawa samosa dalam perjalanan ke India samapi abad k e 13. Sehingga samosa bukan saja dimakan oleh pedagang juga oleh sultan, pejabat di India.

Sedang di Indonesia samosa bisa ada dibawa oleh pedagang dari Arab dan Gujarat. Kalau di Indonesia lebih dikenal dengan nama sambosa atau samosa yang berisi daging dan sayuran. Samosa yang berasal dari Mesir ini kemudian banyak beradaptasi dengan punya aneka variasi lainnya.

Baca juga: Kue Apem dalam Tradisi Jawa

Cara Membuat Samosa

Untuk membuat samosa cukup mudah, karena bahan-bahannya juga mudah didapat.

Bahan kulitnya:

20 Lembar spring roll pastry, (ini kalau gak mau bikin kulitnya sendiri)

Bahan isi:

2 siung bawang putih
1 butir bawang bombay
250 gr daging sapi cincang
3 telur ayam
3 lembar daun bawang
1/2 buah paprika merah
1 bungkus bumbu gule siap pakai
4 sendok makan kacang polong beku
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh bubuk kari
2 sendok makan minyak goreng
2 sendok makan tepung terigu

Cara Membuat:

  • Tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan bawang bombay, aduk hingga bawang layu.
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Masukkan bumbu, daun bawang dan kacang polong.
  • Masukkan telur kocok, aduk cepat agar telur bercampur dan hancur bersama daging. Terakhir, masukkan tepung terigu, langsung di ayak diatas adonan daging, aduk cepat agar merata dan mengering.
  • Potong spring roll pastry menjadi dua. Tiap lembar di isi dengan sesendok adonan isi, bentuk segitiga, pulas pinggir kulit dengan telur putih agar melekat di badan samosa.
  • Goreng dengan minyak banyak hingga warna kulit Samosa terrlihat kuning kecoklatan.

Nah, inilah yang membuat aku suka, rempah-rempahnya sedikit, dan mirip dengan pastel yang memang aku suka. Jadi gak salah ya mengapa aku suka dengan samosa ini. Kuliner India yang memang cocok buat camilan di sore hari menemani teh manis.

Sumber gambar : https://www.inews.id

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top