Gaya Hidup

Saat Stress, Lakukan 5 Hal Ini Agar Rileks Kembali

 

Stres bisa datang kapan saja. Lingkungan, pekerjaan, kehidupan sosial dan berbagai faktor lain bisa jadi penyebabnya. Dalam taraf normal stres justru memberikan dampak positif, seperti meningkatnya performa Anda saat bekerja. Akan tetapi, stress yang berlebihan justru memberi efek kebalikan. Kehilangan selera makan, sariawan, mudah marah, sulit membuat keputusan, sakit kepala, perut mulas, serta tekanan darah tinggi adalah akibat dari stress berkepanjangan. Bila hal ini dibiarkan tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Untuk menyeimbangkan pikiran sekaligus meredakan stres Anda perlu melakukan relaksasi. Tidak perlu pergi ke spa mahal atau sengaja menjauhkan diri dari lingkungan di akhir pekan untuk mendapatkannya. Cukup dengan melakukan lima langkah di bawah ini Anda bisa rileks kembali :

1. Tarik napas dalam-dalam

Stres cenderung membuat napas Anda memburu. Hal ini ditandai dengan napas yang cepat dan pendek. Jika paru-paru Anda tidak cukup kuat, cara bernapas seperti ini akan membuat Anda sesak napas. Oleh karena itu jika tekanan mulai datang dan mengganggu, turunkan dengan mengubah cara bernapas Anda.

Ambilah jeda sejenak, duduklah tegak, dan letakkan tangan di perut Anda. Lalu mulailah menarik napas panjang dan pelan lewat hidung. Rasakan hingga dada dan perut Anda mengembang, kemudian keluarkan lewat mulut Anda hingga bahu turun dan perut mengecil kembali.

Dilansir dari laman WebMd, Judith Tutin, PhD. menyatakan bahwa cara bernapas seperti ini membantu melawan efek stress seperti memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

2. Memijat diri sendiri

Saat stress datang otot cenderung tegang. Biasanya hal ini akan berhenti saat stres berlalu. Namun, jika stres terus berlangsung tubuh pun akan terganggu. Munculnya rasa sakit pada persendian, rasa sakit pada bagian punggung dan leher merupakan akibat dari stres.

Lakukan pijatan ringan pada tubuh Anda untuk menurunkan tegangan tersebut menggunakan jari dan telapak tangan. Mulailah dari kepala, kemudian berpindah ke leher dan bahu Anda. Berikutnya beri pijatan pada tangan mulai dari siku hingga ke jari-jari, utamanya area yang terletak diantara ibu jari dan jari telunjuk. Jangan lupa bagian kaki, terutama bagian lengkung kaki, tumit, punggung dan pergelangan kaki, serta jari-jari kaki.

3. Berolahraga

Berolahraga memang memberi efek baik bagi tubuh. Tidak hanya kondisi fisik yang prima tetapi juga bermanfaat untuk memerangi penyakit yang hendak menyerang tubuh Anda. Keuntungan lainnya, olahraga juga membantu kebugaran mental Anda. Dilansir laman Anxiety And Depression Association of America, para ilmuwan menemukan bahwa berlatih aerobik secara teratur bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di semua level, menaikkan dan menstabilkan suasana hati, tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan kepercayaan diri.

4. Minum

Stres kerap memicu timbulnya dehidrasi. Hal ini tidak baik bagai Anda, karena bisa memengaruhi fisik dan mental. Menurut laman Reader Digest, kondisi ini erat kaitannya dengan kelenjar anak ginjal di tubuh Anda. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur sistem imun, metabolisme, dan fungsi penting lain. Salah satu hormon tersebut adalah hormon kortisol yang bermanfaat untuk meredam stress atau rasa takut. Akan tetapi, stress yang berkepanjangan akan membuat kelelahan kelenjar anak ginjal. Mendorong kelenjar ini memproduksi hormon lebih sedikit. Diantaranya adalah aldosteron yang memiliki fungsi mengendalikan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Inilah yang membuat tubuh mengalami dehidrasi dan memicu kehausan.

Untuk itu cobalah meneguk segelas jus jeruk di pagi hari, sebelum memulai kegiatan, atau malam hari sepulang kantor. Mengapa jus jeruk? Selain karena kandungan vitaminnya, jus jeruk merupakan minuman pembangkit energi alami. Menikmati segelas jus jeruk akan membantu meningkatkan tingkat gula darah dan membangkit semangat Anda setelah lelah beraktivitas.

5. Aroma terapi

Aroma terapi memberi efek positif bagi Anda. Membauinya memberi efek menenangkan terutama saat penat mendera. Dilansir dari laman NCBI, peneliti asal Korea-Seo JY. menemukan bahwa menghirup aroma terapi efektif untuk meredakan stress para siswi yang terlibat dalam penelitiannya. Di laman Psychology Today, Marlynn Wei, M.D., J.D, mengatakan ada enam macam minyak esensial yang bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan stress yaitu lavender, lemon (yuzu), bergamot, kenanga Filipina (ylang ylang), clary sage, dan melati. Tentu saja dari macam-macam minyak esensial itu ada aroma tertentu yang memberikan efek terbesar bagi Anda. Pilih saja yang paling Anda sukai dan hirup dalam-dalam untuk meredam stress.

.

 

 

Image source: pexels.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top