Gaya Hidup

Saat Mudik, Kucing Peliharaan Jangan Terlantar

 

Hal yang memberatkan saya saat hendak ke kampung halaman jelang lebaran adalah hewan peliharaan. Sejak memiliki kucing lucu bernama Nero, saya merasa kucing saya ini merupakan bagian anggota keluarga. Sehingga, rasanya tak ingin saya tinggalkan begitu saja dan menjadi terlantar.

Ada banyak cara agar kucing kesayangan kita tidak terlantar saat kita liburan atau mudik ke kampung halaman. Kucing peliharaan saat ini memang sudah terbiasa kita beri makan, sehingga mereka sudah sulit untuk mencari makan sendiri. Menyantap tikus? Wah tikus di rumah biasanya dikejar lalu dibuat mainan hingga lemas. Itupun tikus yang masih kecil. Tikus yang lumayan besar, kucing-kucing di sini malah diam saja. Mungkin mereka ketakutan juga melihat ukuran mangsanya yang besar.

Demi kucing kesayangannya, tetangga saya rela membawanya ke kampung halaman dengan memasukkan kucingnya ke dalam kandang. Kandang kucing itu dilapisinya dengan kain agar empuk dan kucingnya tidak begitu merasai guncangan kendaraan.

Memang tidak nyaman sih bagi kucingnya selama berkendara, apalagi jika perjalanannya macet dan jarak tempuhnya cukup jauh. Tetapi, pemiliknya beralasan merasa kasihan jika kucing itu mencari-cari majikannya jika ditaruh di tempat penitipan kucing.

Risikonya si majikan juga harus berhati-hati dan menjaga baik-baik kucingnya selama di kampung halaman agar kucingnya tidak kabur dan hilang. Pasalnya teman saya lainnya pernah kehilangan kucingnya saat dibawa ke Bogor dan ia sangat menyesal membawanya saat itu. Ia sudah mencarinya berhari-hari dan kucing itu tidak pernah lagi ditemuinya. Saya yang mendengar ceritanya juga ikut merasa prihatin.

Kawan dekat saya semasa kuliah punya cara unik yaitu dengan menerapkan sistem shift-shiftan dengan asisten rumah tangganya. Oleh karena ia hanya hidup berdua dengan ART-nya maka keduanya bergantian pulang kampung demi kedua kucing peliharaannya. Hahaha saya tertawa geli melihat betapa sayangnya kawan saya pada kedua kucingnya. Demi kucingnya yang ia sebut dengan panggilan ‘Den’ maka ia rela mempercepat waktu mudiknya.

Cara lainnya adalah menaruh kucing ke teman penitipan hewan. Umumnya catshop dan klinik hewan juga melayani jasa penitipan kucing. Tarifnya ada yang Rp 10 ribu/hari, ada juga yang Rp 20 ribu/hari. Tarif tersebut sudah termasuk jatah makan mereka sehari dua kali. Kalau saya lihat di penitipan kucing dekat rumah, kandang kucingnya dibersihkan secara berkala dan air minumnya selalu diganti. Kandang kucing beserta kucinngnya itu juga dijemur pada matahari pagi. Entah apa tujuannya, mungkin agar kucing cukup menerima vitamin D dan tidak pilek.

Saat liburan seperti ini catshop panen jasa penitipan. Tapi mereka biasanya menerapkan syarat khusus bagi kucing yang mau dititipkan, yaitu kucingnya bebas kutu dan tidak agresif. Kucing kampung juga boleh lho dititipkan asal memenuhi syarat tersebut. Waktu saya lihat kucing-kucing yang ada di catshop, beberapa di antaranya juga kucing kampung. Wah sepertinya pemiliknya sayang banget kepada kucingnya.

Kalau saya biasanya menitipkan Nero ke satpam, agar memberinya makan sehari dua kali, sekalian meminta satpam menyiram tanaman dan mengecek rumah. Sebelum mudik saya membeli makanan kering berupa biskuit atau pelet kucing dan menaruhnya di dalam kaleng yang mudah dijangkau oleh satpam. Dengan demikian si Nero tetap bisa hidup bebas seperti biasanya di halaman rumah, tapi juga terjamin tidak kelaparan.

Nero membuat saya berat untuk mudik

Nero membuat saya berat untuk mudik

Oleh karena kucing peliharaan sudah menjadi bagian anggota keluarga, maka berikan kasih sayang dan perhatian seperti kepada anggota keluarga lainnya. Jangan sampai kucing kesayangan menjadi kelaparan dan tersiksa, sedangkan kita berlibur dan bersenang-senang.

 

 

Image source (featured image): pixabay.com

Puspa

Saya suka membaca dan menulis apa saja.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halooo, smart people 🤗 Kamu suka males gak sih kalau bales-balesin komen di sosmed? Jangankan balesin komen negatif, balesin komen positif aja sering kelewat ya 😂 *hihi
.
Emang penting ya balesin komen-komen di sosmed? Penting donggg, apalagi kalau kamu pengen bangun akun yang engagementnya bagus dan bisa bertahan lama eksistensinya 😍
.
Para fans/followers adalah orang-orang yang ikut menentukan kesuksesan akunmu, lho. So guys, mulai sekarang jangan abaikan aset tersebut yesss 😄
.
#indoblognet #mbcommunication #socialmedia #youtuber #selebgram #instagramer #fans #followers #tipssocialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top