Indo Blog Net

Kuliner

Roti Bantal Khas Jepang yang Lagi Ngetren

roti bantal khas jepang

Kalau roti bantal atau roti sobek, semua sudah tahu kan? Roti ini sudah familiar sejak lama. Dan diriku juga suka dengan roti sobek ini. Apalagi kalau setiap satuannya isinya berbeda, jadi dalam satu roti sobek besar kita bisa mencicipi aneka rasa. Sedap kan?

Tentang Roti Bantal Khas Jepang

Ternyata sekarang ada yang kekinian, yaitu roti bantal atau roti sobek yang sedang tren di masa kini. Roti bantal khas Jepang. Rasanya lembut sekali, empuk dan teksturnya membuat lidah terus bergoyang. Rasa susunya pun sangat kuat sekali.

Bahan untuk membuat roti ini menggunakan tepung terigu piliham, telur dan susu. Biasanya roti ini dihiasi dengan warna yang macam-macam dalam satu roti, sehingga sangat menarik. Apalagi ada yang membuatnya dengan berbagai bentuk karakter, sehingga anak-anak akan tertarik.

Baca juga: Thai Bread, Roti Kekinian yang Disukai Banyak Orang

Selain itu ada yang berisi pasta dengan rasa yang berbeda satu sama yang lainnya. Karakter yang ada pertama kali dibuat di negara Jepang  dengan bentuk yang menggemaskan. Bisa dalam bentuk boneka dengan aneka bentuk sampai monster juga ada.

Nah, saking lucu dan imutnya, kamu pasti akan merasa enggan untuk memakannya.

Roti bantal, kasur atau sobek di Jepang dikenal dengan sebutan Japanesse milk bun. Ciri khasnya adalah penggunaan susu yang lebih banyak dari roti biasa. Bahkan meski sudah dibiarkan selama 3 atau 4 hari, tektsurnya juga tak berubah.

Cara Membuat Roti Bantal Khas Jepang

Walau suka disamakan dengan roti bantal, tapi cara pembuatannya berbeda. Pembuatan roti ini diolah menggunakan tangzhong. Tangzhong adalah adonan biang yang terbuat dari campuran terigu dan air yang dimasak sampai mengental. Jadi seperti pasta.

Hal itu membuat roti jadi lembut dan tahan lama. Sedangkan bahan yang  lain sama dengan pembuatan roti pada umumnya. Kalau di negara Jepang disajikan dalam bentuk polos sebagai roti tawar. Bedanya, rasa lebih manis.. Biasanya dimakan bersama butter atau susu kental manis.

Baca juga: Kue Bika Ambon yang Ternyata Bukan Berasal dari Ambon, Kok Bisa?

Bulan April 2020, saat pandemi roti ini menjadi viral di Indonesia. Nah kalau ada yang mau membuat, ini ada resep sederhana yang bisa dicoba:

Bahan yang dibutuhkan

  1. 180 ml susu cair hangat
  2. 5 gr ragi instan
  3. 40 gr gula pasir
  4. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  5. 35 gr margarin
  6. 1/8 sendok teh  garam
  7. 25 gr SKM

Cara Pembuatannya

  1. Siapkan dulu ragi nya, campur susu hangat dan gula, aduk sampai gula larut, lalu masukkan ragi instant, tunggu hingga 10 menit. Jika mengembang, naik dan berbusa artinya raginya sudah bekerja.
  2. Tambahkan larutan ragi pada bowl berisi tepung terigu dan SKM, uleni sampai 1/2 kalis.
  3. Masukkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis.
  4. Jika sudah kalis, diamkan adonan dengan ditutup plastik/serbet, selama 60 menit hingga mengembang 2x lipat.
  5. Kempeskan adonan, bagi timbang masing masing 30 gram (jadi 16 pcs).
  6. Bulatkan menjadi bulat dan tata di loyang 20 x 20 cm, beri jarak. Jangan lupa agar kertas rotinya dipoles margarin dulu, kemudian diamkan 60 menit lagi hingga mengembang 2x lipat, setelah siap, taburi bagian atasnya dengan tepung terigu.
  7. Panggang dalam oven tangkring, kalau saya api kecil, dipanggang selama 20 menit.
  8. Siap disajikan. Roti ini teksturnya kenyal empuk.
  9. Jangan lupa simpan di wadah tertutup, biar keesokan harinya tetap empuk.

Silahkan mencoba. Karena yang jual juga belum banyak makanya bisa coba sendiri.

Sumber gambar : https://www.tokopedia.com

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top