Indo Blog Net

Blogging

3 Resolusi Tahun Baru untuk Para Blogger Indonesia, Penting Gak Sih?

resolusi tahun baru untuk blogger indonesia

Jelang tahun baru gini, biasa selalu ada pencapaian tahun berjalan dan resolusi tahun baru. Blogger Indonesia, apa resolusi tahun baru kamu untuk blog?

Bagikan Jika Bermanfaat
Apa resolusi tahun baru kamu sebagai blogger Indonesia?

Jelang akhir dan awal tahun seperti sekarang, tidak sedikit artikel atau tulisan yang berkeliaran adalah tentang pencapaian tahun berjalan dan juga target tahun depan. Resolusi tahun baru, itu istilahnya untuk targetnya.

Kebanyakan menulis target tahun baru itu untuk hal-hal yang kuantitatif. Kenapa? Ya namanya juga target, kan Goal itu harus SMART. Namun, di antara target-target itu, kenapa ya, blogger Indonesia jarang menulis target terkait blog mereka sendiri?

Misalnya, pencapaian tahun ini untuk blog ternyata sudah menerima 100 sponsored posts. Makanya target tahun depan itu menjadi 300 sponsored posts. Atau terkait jumlah uang yang diterima misalnya. Ada gak yang menulis ini? Kalau ada, minta linknya dong.

Saya sendiri, sangat-sangat-sangat jarang dalam menulis resolusi tahun baru ataupun pencapaian tahun berjalan. Kenapa? Karena seringnya gagal mencapai, hingga malu sendiri. Hehehe.

Beberapa Contoh Resolusi Tahun Baru untuk Blog

Padahal ya… bikin target untuk blog di tahun depan itu gak merugikan kan ya. Bahkan bisa membuat kita sendiri makin fokus. Dulu saya pernah nulis di bloggerkekinian dan juga di TBI tentang cara menaikkan traffic blog dimulai dari target yang jelas.

resolusi tahun baru untuk blogger

Sekali ini, mau coba bikin ah beberapa resolusi tahun baru untuk blogger Indonesia (kalau ada yang mau menambahkan, monggo ya).

1. Membuat “Rumah” yang Friendly

Buat saya, blog itu ibarat rumah. Biar orang yang datang ke blog itu betah, maka rumah kita itu haruslah menarik dan friendly terhadap para pengunjungnya.

Pengunjungnya dalam hal ini bisa orang – real people – dan juga mesin seperti Google, si raksasa Search Engine. 

Terus gimana biar rumah kita itu ramah?

Cara Membuat Blog yang Ramah – untuk Manusia dan Mesin

Untuk pengunjung manusia, pastikan rumah kita itu ramah dalam artian loading time nya cepat. Namun… jangan gunakan patokan 5 detik 3 detik yang sering digaung-gaungkan ya. Kamu juga harus perhatikan dalam hal loading ini, ada faktor provider internet yang kita pakai.

Tentunya, kita bisa set target keramahan blog kita sebagai salah satu resolusi tahun baru dengan melihat kondisi blog kita sekarang dan berapa banyak perbaikan yang mau kita lakukan. Untuk mengecek kondisi rumah sekarang, teman-teman bisa cek di GTMetrix.

Tip Mengatur Desain Blog untuk Meningkatkan Engagement

Klik gambar untuk baca soal desain blog yang ramah bagi pembaca

Selain masalah loading, yang harus diperhatikan juga adalah masalah desain blognya. Desain blog kita harus ramah untuk mata pembaca blog kita. Teman-teman bisa baca tips dari mbak Carra soal desain blog ini.

Untuk mesin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk blog:

  1. Pastikan template atau theme yang digunakan sudah SEO Friendly. Teman-teman bisa cek di: Google Mobile Friendly Test (https://search.google.com/test/mobile-friendly) ataupun gunakan tools online lainnya (googling aja: seo friendly checker).
  2. Setiap website punya text file yang ditujukan ke mesin untuk bisa index atau tidak. Nah, biar friendly untuk mesin, pastikan robot.txt blog teman-teman sudah ada dan diset index allowed untuk mesin.
  3. Perhatikan juga masalah Google Search Console – blog harus terdaftar di webmaster tools Google ini agar bisa dicek kesehatannya.
  4. Jangan lupa juga STRUKTUR blog teman-teman. Struktur itu ibarat denah rumah. Jangan sampai terlalu luas hingga mesin pun bingung membacanya.
struktur-blog

Struktur blog itu penting juga – jangan diabaikan

2. Target Traffic Blog

Agak munafik ya kalau saya bilang blogger gak perlu traffic. Apalagi kalau sudah monetasi blog. Jujur aja nih ya, brand itu butuh traffic blog yang bagus agar nama mereka jadi lebih luas jangkauannya. Makanya, salah satu resolusi tahun baru yang cocok untuk blogger adalah target traffic.

Gak usah muluk-muluk ya tapinya.

Untuk bikin target resolusi tahun baru yang tepat, lihat dulu kondisi sekarang bagaimana. Berapa sih traffic blog kamu sekarang?

Nah, dari sana baru deh bikin targetnya.

Misalnya, traffic blog sekarang ada di 1.000 PV per hari. Target tahun depan misalnya di 1.500 PV per hari. Gak terlalu muluk-muluk kan?

Etapi… bagaimana cara menaikkan traffic blog itu? Well, salah satunya dengan resolusi nomor 3 ini:

3. Belajar Optimasi Blog

Iya, mulailah dengan mempelajari lebih dalam bagaimana cara optimasi blog yang benar. SEO – Search Engine Optimization itu sangat penting dan berpengaruh dalam menaikkan traffic blog kita. Kenapa kita gak mulai belajar dan menerapkannya?

Kamu bisa baca cara membuat artikel SEO yang sederhana ini. Mulai deh terapkan di blog sendiri.

Eh iya, sekadar mengingatkan aja sih, jangan menerapkan tips dan trik yang aneh dan gak logis ya. Gunakan deh logika kita saat menerima materi, darimana pun – bahkan kalau kamu terima info dari saya.

Yang terpenting dalam belajar itu: Kosongkan Cangkir dan Praktek!

O iya, pantengin juga IG Indoblognet dan NgeblogPro kalau memang mau belajar soal ngeblog.

Jangan Terlalu Fokus Pada Angka

Memang, semua contoh resolusi tahun baru di atas memuat angka-angka yang jadi target. Namun, jangan sampai fokus hanya pada angka-angka itu saja.

Angka-angka seperti: follower, Domain Authority, Page Authority, Moz Rank dan apapun itu, bisa digapai dengan mudah (baca: diakali). Namun, hal yang juga penting dan wajib yang perlu kamu jadikan target itu:

Kualitas konten yang disediakan!

Apalagi, SEO sendiri sekarang lebih memperhatikan E-A-T daripada angka-angka kuantitatif semata. Semua berpulang pada kualitas kontennya.

Yang di atas hanyalah contoh resolusi tahun baru untuk blogger Indonesia. Iya, contoh. Kamu bisa saja punya resolusi 2019 yang lain. Boleh loh dishare di sini.

Febriyan Lukito

Seorang blogger Indonesia yang suka menulis dan berbagi melalui tulisan. Sejak Maret 2016, acting asProject leader Indoblognet
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 7 Social Media TACTICS To Implement In 2019
.
Guys, if you want to keep up with the latest social media trends, you’ll have to reevaluate your strategy with an eye toward the future of this ever-evolving industry 😉
.
1. Deliver HIGH-QUALITY CONTENT
.
As social media platforms evolve, businesses jump onto these trends and flood the platforms with subpar content in an attempt to ride the wave 😜
.
This causes the very customers they’re trying to attract to tune out. When it comes to your content in 2019, be intentional
.
2. Create a VIDEO CONTENT Strategy
.
Begin leveraging video as much as you can, okay 🤓
.
How-to videos tutorials, Q&A segments, and Instagram Stories are one of the hottest things right now, but you must remember to provide value, get straight to the point, and keep videos short
.
3. FOCUS ON the Right Social Media Platforms
.
Find the ones that deliver the most return for you. Pick your top two and be consistent with them
.
4. CONNECT and ENGAGE With Your Audience
.
Brands should continue to focus on making connections with their audience.  Engage, engage, ENGAGE! 😌
.
5. DABBLE into Influencer Marketing
.
Reach out to influencers in your field and ask if they would like to partner with your brand 🤑
.
6. Invest in the right ANALYTICS TOOLS
.
Brands that understand and continuously optimize their social media marketing strategy are winning the client retention war
.
They are targeting the right audience, spending the lowest click cost and they are present on the most converting platforms
.
7. Keep LEARNING
.
Social Media changes daily. Be sure you’re up-to-date with the latest trends and advancements 😍😍
.
Credit: thesocialbutterflygal.net
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top