Indo Blog Net

Gaya Hidup

Resep Langsing ala Wanita Jepang (bagian 2)

Resep Langsing ala Wanita Jepang (bagian 2)

Siapa yang tak ingin punya bodi sehat, langsing dan menawan? Tentu nyaris semua perempuan di muka bumi ini punya cita-cita bertubuh paripurna. Tapi, obesitas global mewabah di banyak negara.

Yuk ah, kita intip sejenak gaya hidup wanita dewasa di Jepang. Tingkat obesitas masyarakat Jepang dibandingkan negara-negara maju lain sangatlah rendah.  Ada sejumlah kebiasaan orang Jepang (khususnya wanita) yang bisa kita tiru. Berikut resep langsing mereka (bagian ke-2):

(6). GEMAR SAYUR

Dalam hidangan Jepang, sayur tak pernah terlupakan. Mulai dari brokoli, kembang kol, terung hingga lobak, sering disajikan sebagai hidangan utama. Berbeda dari hidangan barat, yang menyajikan daging merah sebagai hidangan utama. Di Jepang, daging merah hanyalah hidangan tambahan yang hanya sesekali disajikan.

Kebiasaan ini juga yang membuat wanita Jepang bertubuh langsing. Karena sayuran adlaah makanan tinggi serat yang membuat kita kenyang lebih lama. Kita pun tidak mudah tergoda untuk ngemil. Begitu juga dengan buah. Oleh karena itu, ayo kita “bersahabat” dengan sayur dan buah segar.

Saat ingin ngemil, pilihlah sayur atau buah segar.

(7). KACANG KEDELAI

Konsumsi kedelai orang Jepang paling tinggi dibanding negara-negara lain. Kebanyakan mereka mengonsumsi kedelai dalam bentuk alami, seperti tofu, miso, edamame.

Kebiasaan ini sangat baik karena kacang kedelai merupakan sumber protein yang baik. Selain rendah lemak jenuh dan kolesterol, kacang kedelai merupakan sumber protein nabati dan serat yang baik. Sehingga secara tidak langsung sangat baik untuk mengontrol nafsu makan.

Akan tetapi, perhatikan proses pengolahan makanan yang bersumber dari kacang kedelai. Di Indonesia, olahan kedelai yang menjadi salah satu makanan favorit adalah tempe. Namun jika digoreng, nutrisinya menjadi berkurang.

(8). SELALU DENGAN NASI

Nasi merupakan makanan utama di Jepang. Bahkan terkadang wanita Jepang mkaan semangkuk nasi 4 kali sehari. Hmm, padahal nasi kerap dituding sebagai biang kerok diabetes ya? Ternyata nasi tak melulu berakibat buruk kok. Karena kebiasaan makan nasi, wanita Jepang mampu menghindari muffin, roti putih, donat, atau makanan lain yang mengusung kalori tinggi.

Dan, yang tak kalah penting, umumnya wanita Jepang menyajikan nasi tanpa bumbu, minyak, aaupun mentega.

Karbohidrat itu baik dan tak perlu dimusuhi secara berlebihan. Yang jelas, konsumsilah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah.

(9). MENGUNYAH PELAN

Orang Jepang terbiasa mengunyah makanan dengan perlahan. Rupanya, hal itu berdampak baik untuk menjaga berat badan, karena mengunyah lebih lama memberi sugesti kenyang lebih cepat.

Perlu diketahui, sinyal otak yang memberi tahu rasa kenyang, bekerja selangkah lebih lambat dibanding cara kita makan. Sehingga, jika makan dengan cepat, pada saat kita tahu bahwa kita telah kenyang, maka kita sudah terlanjur makan banyak.

Jika makan perlahan, kita tahu bahwa kita sudah kenyang di waktu yang tepat.

Jika ingin belajar makan lebih lambat, cobalah meniru kebiasaan orang Jepang makan dengan sumpit. Tidak mudah makan dengan sumpit, sehingga kita jadi makan lebih lambat. Makanan yang diambil dengan sumpit pun lebih sedikit, dibandingkan suapan makan dengan menggunakan sendok.

(10). TEH HIJAU

Kebiasaan mengonsumsi teh hijau sangat baik untuk tubuh, karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengikat radikal bebas dalam tubuh. Apalagi jika diminum tanpa gula.

Dengan membiasakan diri minum teh hijau tanpa gula, kita jadi terhindar dari minuman tak sehat, seperti soda atau minuman manis berkalori tinggi. (*)

 

 

 

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • [BLOGGING TIPS] - You can't write for yourself!
.
You must write for your reader which means you must be useful, Guys 🤓
.
When people go on blogs and websites, most of the time they’re searching for a solution to a problem they have, right?
.
You can, however, post an opinion from time to time, keep your blog personal branded 😌
.
But add a lesson, even when you show your point of view!
.
✨ How to write posts people want to read?
.
1⃣ Put the subject in the title
.
Let people know from the go what they’ll learn by reading your post 😉
.
2⃣ Make it personal in the first sentences
.
To keep the reader hooked, you must make it personal. Make the reader feel understood. Create a connection
.
3⃣ Actually help
.
Don’t just throw some words here and there and create a post just to say you wrote one 😁
.
Give all you’ve got to come with solutions for the problem you put light on
.
Write with your reader in mind, and offer them the best solutions. You should always want your reader to leave the blog with a solved problem
.
Credit: hercoffeebreak.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top