Gaya Hidup

Resep Langsing ala Wanita Jepang (bagian 1)

Resep Langsing ala Wanita Jepang (bagian 1)

Wabah obesitas global melanda banyak negara. Bayangkan, lebih dari 1 miliar orang dewasa di dunia mengalami kegemukan! Duuuh, ini PR banget memang… Bagaimana caranya bisa terlepas dari jerat kegemukan, tanpa harus merasa tersiksa.

Ada baiknya kita intip sejenak gaya hidup wanita dewasa di Jepang. Tingkat obesitas masyarakat Jepang dibandingkan negara-negara maju lain sangatlah rendah.

Usut punya usut, ada sejumlah kebiasaan orang Jepang (khususnya wanita) yang bisa kita tiru. Apa sajakah?

Β (1). HARUS SEGAR

Di Jepang, kesegaran bahan makanan, seperti ikan, sayur dan buah yang akan diolah adalah syarat penting dalam memasak. Di supermarket Jepang, makanan tidak hanya diberi tanggal kadaluwarsa, tapi juga petunjuk waktu kapan ikan, daging, sayuran, atau makanan lain tersebut dikemas.

Kebiasaan ini baik untuk kesehatan, karena makanan segar mengandung nutrisi yang tinggi. Enzim alami yang dimiliki makanan segar membantu tubuh mencerna makanan dengan cepat dan mudah. Berbeda halnya jika bahan makanan tidak segar. Tubuh akan bekerja lebih keras menghasilkan enzim untuk mencerna.

(2). PORSI KECIL

Sudah menjadi ciri khas orang Jepang menghidangkan makanan dalam piring atau mangkuk berukuran kecil. Sejak kanak-kanak, mereka dibiasakan makan dengan porsi sepertiga dari porsi orang Amerika.

Lambung mereka sudah terbiasa dengan jumlah makanan yang tidak banyak. Apabila kita membiasakan diri makan dengan porsi kecil, kapasitas lambung menampung makanan pun akan menyesuaikan. Hal inilah yang membantu mengontrol berat badan.

Untuk menerapkan kebiasaan ini, ayo kita mulai dengan mengurangi porsi makanan sedikit demi sedikit, sehingga lambung bisa beradaptasi.

Tak ada salahnya mengikuti kebiasaan wanita Jepang yang menyajikan makanan di piring berukuran kecil. Mengapa? Karena makan di piring kecil dengan isi penuh memberi ilusi β€œkenyang” lebih cepat dibandingkan makan dalam jumlah sama di piring besar.

(3). MENGUKUS DAN MEREBUS

Dibanding menggoreng dan membakar, wanita Jepang lebih memilih mengukus atau merebus masakan. Mengukus dan merebus adalah proses memasak yang paling baik. Sebab, nutrisi makanan tidak banyak yang rusak atau hilang.

Persentasi lemak pada makanan pun rendah, karena hanya akan ada lemak nabati atau hewani dari makanan yang diolah. Berbeda dengan proses menggoreng yang merusak nutrisi masakan dan menambah lemak jahat yang dapat menyebabkan obesitas.

(4). MENGGUNAKAN MINYAK CANOLA

Jika harus menggoreng ataumenumis, wanita Jepang lebih memilih menggunakan minyak canola. Kebiasaan ini patut dicontoh karena minyak canola merupakan salah satu minyak nabati yang baik. Minyak canola mengandung 60% lemak tak jenuh tunggal dan 34% lemak tak jenuh ganda yang merupakan lemak baik, dan hanya mengandung 6% lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

(5). BANYAK MAKAN IKAN

Bukan rahasia jika masyarakat Jepang adalah penggila ikan. Mereka makan ikan saat sarapan, makan siang dan makan malam. Dibanding daging sapi, kadar omega 3 dalam ikan lebih tinggi. Kadar dan jenis lemak dalam daging sapi lebih mudah membuat tubuh gemuk.

Jangan ragu untuk sering mengonsumsi ikan. Apalagi, berdasarkan hasil riset yang dilakukan di University of Iceland menunjukkan orang-orang overweight yang mengonsumsi ikan tiga hingga lima porsi per minggu, dapat kehilangan berat badan lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengonsumsi ikan sama sekali.

Aaah, jadi ingin mempraktikkan segera nih. Ayooo… ayooo, siapa yang mau ikutan melangsing bersama wanita Jepang hehehehe

Ada tips bagian kedua, ya.

Image source: pixabay.com

nurulrahma

Blogger bukanbocahbiasa.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Good morning, sahabat Indoblognet 😁 Jangan lupa siapkan amunisi (sarapan) terbaikmu pagi ini, supaya aktivitasmu kuat dan semangat πŸ’ͺπŸƒ
.
Guys, tau gak siiih, postingan yang mengandung unsur pertanyaan, lebih besar kemungkinannya untuk direspon dibandingkan postingan non question, lho πŸ˜„
.
Hihi, iya juga sih, kita seringkali "tergelitik" untuk ikut menjawab pertanyaan yang diajukan, ya πŸ˜‚ Apalagi kalau pertanyaannya memang "mancing" banget πŸ˜…
.
Jadi, salah satu tips nih guys, kalau kamu pingin bikin postingan yang lebih direspon, buatlah postingan question posts πŸ˜‰
.
#mbcommunication #indoblognet #morning #tuesday #instagram #instadaily #viral #followme #tips

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top