Indo Blog Net

Event

Raup Transaksi 700 Milyar dan 186.267 Pengunjung, Indocomtech 2019 Jadi Tolak Ukur Perkembangan Teknologi, Komunikasi dan Informasi di Indonesia

indocomtech 2019

Setelah digelar selama 5 hari, pameran teknologi informasi dan komunikasi Indocomtech 2019 akhirnya resmi ditutup. Hari Minggu, 3 November 2019 menandai puncak dari gelaran pameran yang terselenggara oleh Yayasan APKOMINDO Indonesia (YAI) berkolaborasi dengan PT Traya Eksibisi Internasional ini.

 

Raup Transaksi 700 Milyar dan 186.267 Pengunjung, Indocomtech 2019 Jadi Tolak Ukur Perkembangan Teknologi, Komunikasi dan Informasi di Indonesia

Diikuti oleh total 250 peserta pameran yang berasal dari dalam dan luar negeri, Indocomtech sukses menjadi tolak ukur dari perkembangan teknologi di Indonesia. Meningkatnya animo masyarakat dalam berkunjung dan bertambahnya nilai transaksi dibanding tahun lalu juga menjadi indikator kesuksesan lainnya. Dengan banyaknya produk IT berkualitas yang dibanderol dengan promo besar-besaran, Indocomtech sukses menyedot perhatian sebanyak 186.267 pengunjung dengan nilai transaksi sebesar ± Rp. 700 Milyar

Hadirnya Indocomtech mendapatkan sambutan positif dari para pengunjung, di antaranya adalah Indah Rachmawati dan Irma. Kakak beradik yang datang ke Indocomtech pada Sabtu, 2 November 2019 ini mengaku sangat senang karena di Indocomtech mereka bisa membeli produk IT berkualitas dengan harga murah. 

“Adik saya, Irma adalah seorang programmer dan kebetulan dia lagi butuh laptop yang spesifikasinya tinggi untuk menunjang pekerjaannya. Makanya pas tahu kalau Indocomtech lagi diadakan, kami pun datang karena pasti ada banyak promo besar-besaran. Benar saja. Harga laptop Acer yang kami incar sebenarnya dijual seharga Rp12 jutaan. Namun hanya di Indocomtech, kami bisa mendapatkan cashback sebesar Rp1,7 juta sehingga kami dapat membelinya dengan harga Rp10,3 juta saja. Wah, kami senang banget karena prinsip ekonomi untuk mendapatkan barang sebagus-bagusnya dengan harga semurah-murahnya kepakai banget di sini.” jelas Indah saat ditanya di booth Acer.

Selain promo, Indocomtech juga memberikan keceriaan lewat doorprize bagi para pengunjung beruntung yang sebelumnya telah berbelanja minimal Rp500.000 dan berlaku kelipatannya. Pada hari terakhir Indocomtech mengumumkan para pemenang yang dihadiri oleh Kementerian Sosial, Dinas Sosial dan pihak kepolisian. Tiga orang beruntung yakni Santi Megawati, Soegiono Soleman, Daniel Maulana terpilih sebagai pemenang undian yang berhak atas hadiah berupa masing-masing 1 unit Samsung Galaxy S10+ persembahan dari Telesindo Shop Indonesia. Sementara itu Erni Wahyuni (terpilih sebagai pemenang undian atas hadiah Laptop Gaming Asus ROG Strix G531 persembahan Asus Indonesia.

Keberhasilan penyelenggaraan Indocomtech 2018 tidak hanya diukur dari banyaknya jumlah pengunjung, jumlah transaksi ataupun besaran hadiahnya saja, namun juga seberapa luas manfaatnya untuk masyarakat. Diselenggaranya Olimpiade TIK Nasional (OTN) oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk pertama kalinya dalam rangkaian Indocomtech 2019, sukses menjadi ajang literasi dan edukasi pada masyarakat Indonesia. Tercatat hampir 600 peserta yang terdiri dari siswa dan guru dari seluruh Indonesia hadir untuk mengikuti beragam kompetisi, seminar dan workshop.

Ajang edukasi juga ditunjukan lewat berbagai seminar dan talkshow dengan topik menarik yang diadakan sejak hari pertama di Main Stage – Hall B dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten, mulai dari Harvesting Young Generation Insights (Indodax), Digital Marketing Outlook in 2020 (Accestrade) dan Peluang dan Tantangan Revolusi Industri 4.0 bagi Generasi Millennials dan Pemimpin Muda dalam Pemerintahan (AVGI). Pada hari terakhir, pengunjung disuguhi oleh talkshow menarik bertemakan “Mengurangi Defisit Neraca Perdagangan dengan Industri Game” oleh Anantarupa Studio yang tahun depan siap membesut produk game lokal Lokapala. 

Turnamen esports internasional OMEN Challenger Series 2019 yang didukung oleh HP Indonesia menorehkan prestasi pada Grayhound Gaming sebagai sang juara. Atas pencapaian tersebut, tim asal Australia tersebut berhak mendapatkan hadiah sebesar USD 20.000 atau sekitar Rp280 juta sekaligus berhasil mempertahankan posisi Australia sebagai juara bertahan seperti yang dicapai pada turnamen tahun lalu. 

Raihan ini kemudian diikuti oleh Alpha Red (Thailand) sebagai runner-up yang berhak atas hadiah sebesar USD 10.000 atau sekitar Rp140 juta serta Bren Esports (Filipina) dan Absolute (Jepang) sebagai semifinalis yang berhak atas hadiah masing-masing sebesar USD 4000 atau sekitar Rp56 juta. Kendati Indonesia belum beruntung, turnamen ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi tim Indonesia untuk berkarya dan berprestasi lebih baik di masa mendatang.

Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional Bambang Setiawan menyatakan secara keseluruhan pelaksanaan Indocomtech memberikan kepuasan  para peserta pameran.

“Kami mendapatkan feedback yang positif dari para peserta pameran. Tingginya gairah masyarakat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan teknologi membuat para peserta pameran merasa puas karena mereka berhasil mencapai target penjualan serta mendapatkan peluang-peluang bisnis. Hadirnya arena kuliner untuk pertama kalinya dan adanya gelaran grand final OMEN Challenger Series di Indocomtech juga berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya kunjungan masyarakat ke pameran ini” ungkap Bambang. 

Lebih lanjut Bambang Setiawan mengatakan, keberhasilan Indocomtech 2019 tak terlepas dukungan berbagai pihak. Sebagai penyelenggara, Traya Eksibisi Internasional terus berupaya melakukan berbagai inovasi sesuai dengan tren yang berkembang dan jeli menangkap kebutuhan masyarakat. Selama 27 tahun eksis menjadi trendsetter perkembangan teknologi komunikasi dan informatika, Bambang Setiawan optimis tahun 2020, Indocomtech bisa lebih baik lagi. 

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi semua pihak, mulai dari Yayasan Apkomindo Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, PGRI, para sponsor, para peserta, serta rekan-rekan media yang mempublikasikan pameran ini secara positif sehingga Indocomtech 2019 berjalan sukses. Kami berharap semoga di pelaksanaan tahun-tahun berikutnya, Indocomtech semakin meriah dan inovatif dalam menghadirkan beragam tren teknologi terkini.” tutur Bambang Setiawan.

 

PT Traya Eksibisi Internasional

PT Traya Eksibisi Internasional (Traya Events) berdiri pada tahun 2015 adalah bagian dari PT Amara Pameran Internasional, yang memiliki 5 anak perusahaan penyelenggara pameran dengan fokus masing masing pada industri spesifik yang berbeda.

Sebagai salah satu penyelenggara pameran terkemuka di Indonesia, PT Amara Pameran Internasional sukses mendebut event- event besar di tanah air, diantaranya GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autos Show), Indocomtech, IDEC dan sebagainya.

 

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top