Connect with us

Tips rumah

Inspirasi Rak Susun Kayu Minimalis yang Bikin Dapur Makin Cantik & Tips Memilihnya

Published

on

rak susun kayu minimalis bertingkat

Bicara mengenai dapur pastinya para kaum wanita setuju kalau area yang satu ini merupakan salah satu sudut terpenting dari sebuah hunian. Apalagi bagi ibu-ibu rumah tangga yang sehari-hari begitu akrab dengan segala aktivitas di dapur. Mulai dari masak, membuat kue-kue, hingga menyiapkan bekal makanan untuk keluarga tercinta semuanya dilakukan di dapur. 

Nah, untuk itu area dapur haruslah tertata dengan rapi agar Anda nyaman dan betah berlama-lama di sana, bukan? Solusinya adalah dengan memilih rak susun yang membuat tampilan dapur makin menarik.

Ya, furnitur yang satu ini wajib ada di dapur, lho. Rak susun ini tak hanya berfungsi untuk menata barang-barang yang ada di dapur agar tampak rapi saja, tapi sekaligus sebagai elemen dekorasi yang membuat ruang dapur lebih cantik.

Rak Susun Kayu Minimalis

Salah satu jenis rak susun yang populer adalah rak susun yang terbuat dari material kayu. Rak susun kayu dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih hangat dan mudah dipadukan dengan berbagai tema interior, termasuk interior minimalis yang saat ini sedang tren.

Rak susun kayu minimalis pastinya jadi pilihan jika Anda adalah penggemar interior bergaya minimalis. 

Salah satu kelebihan rak susun yang terbuat dari kayu yaitu tampilannya yang cantik natural. Warna coklat kayu selain memberikan nuansa hangat juga termasuk kategori warna netral sehingga mudah dipadukan dengan warna lainnya pada ruangan.

Baca juga: 7+ Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

Rak susun kayu minimalis ini bisa Anda fungsikan untuk menaruh barang-barang dapur mulai dari aneka bumbu, peralatan makan dan masak, hingga tanaman hias seperti kaktus misalnya. Wah, rak susun kayu minimalis yang multifungsi ini sepertinya wajib untuk Anda miliki. 

Supaya tak salah dalam memilih rak susun kayu untuk dapur minimalis Anda, di bawah ini ada beberapa tips yang patut Anda coba.

Tips Memilih Rak Susun Kayu Minimalis 

Memilih rak susun kayu minimalis sebaiknya dilakukan secara cermat, sebab pemilihan yang tepat tentunya dapat membuat fungsi rak menjadi lebih optimal dan interior dapur pun jadi lebih menarik.

Langsung saja disimak berbagai tips memilih rak susun kayu minimalis berikut ini:

1. Pilih rak susun kayu sesuai dengan fungsinya

Tips pertama dalam memilih rak susun kayu minimalis yaitu pilih rak sesuai dengan fungsinya. Barang apa saja yang akan Anda simpan dalam rak nanti, apakah bumbu-bumbu, peralatan makan, peralatan masak, atau tanaman hias yang akan ditaruh di sana?

Rak susun kayu untuk menyimpan bumbu tentunya akan berbeda dengan rak untuk menyimpan peralatan makan.

Anda dapat memilih rak susun kayu yang lebih ringan bobotnya jika rak digunakan hanya untuk menyimpan bumbu-bumbu.

Sedangkan rak susun kayu untuk menyimpan peralatan makan tentunya harus yang lebih kokoh agar tidak mudah rusak. Sebab peralatan makan jauh lebih berat dibanding bumbu-bumbu. 

Selain itu, perhatikan pula berapa banyak barang yang nanti Anda simpan dalam rak. Jika Anda membutuhkan rak untuk menyimpan peralatan makan yang lumayan banyak, maka pastikan Anda memilih rak susun kayu yang berukuran cukup besar.

Ukuran rak susun kayu yang sesuai dengan jenis dan banyaknya barang yang akan disimpan tentu akan memaksimalkan fungsi rak tersebut.

2. Sesuaikan dengan ukuran dapur

Setelah itu, sebelum Anda memilih rak susun kayu Anda juga perlu mengukur kapasitas dapur rumah Anda. Hal ini agar Anda dapat menyesuaikan rak susun kayu dengan besar kecilnya dapur. Jika dapur Anda termasuk luas, Anda bisa memilih rak susun kayu minimalis berukuran besar. 

Namun, sebaliknya jika dapur Anda berukuran mungil pilihlah rak susun kayu yang berukuran tidak terlalu besar untuk menyeimbangkan tampilan interior dapur. Tampilan interior yang seimbang pastinya akan lebih menarik untuk dipandang, bukan?

3. Pilih material kayu yang berkualitas

Sebisa mungkin pilihlah rak susun kayu minimalis yang terbuat dari material kayu berkualitas. Memang dari segi harga rak susun kayu yang terbuat dari bahan berkualitas umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Tapi tentunya harga yang Anda keluarkan akan sepadan dengan kelebihan yang Anda dapatkan. 

Rak susun kayu yang terbuat dari bahan berkualitas lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Anda jadi lebih berhemat karena tidak perlu bolak-balik membeli rak susun yang baru. 

Jenis kayu yang berkualitas bagus misalnya kayu mahoni, kayu pinus, maupun kayu jati. Anda juga bisa memilih jenis kayu bekas peti kemas atau yang sering disebut kayu jati Belanda.

Kayu Ini merupakan salah satu pilihan material kayu berkualitas yang cukup kuat dengan harga ekonomis.

4. Sesuaikan dengan interior dapur

Tips berikutnya dalam memilih rak susun kayu minimalis yaitu sesuaikan dengan interior dapur rumah Anda. Ini termasuk salah satu tips penting yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga: 7 Ide Wallpaper Dinding Rumah Minimalis & Tips Merawatnya Supaya Awet

Pilih desain rak susun kayu yang serasi dengan interior dapur secara keseluruhan. Sebab interior dapur yang tidak serasi dapat membuat tampilan dapur menjadi kurang menarik. 

5. Pilih rak susun kayu yang kokoh

Prioritaskan untuk memilih rak susun kayu minimalis yang kokoh. Terutama jika rak susun kayu tersebut Anda fungsikan untuk menyimpan peralatan makan ataupun masak yang cukup berat. Tentunya Anda tak mau rak di dapur Anda mudah rusak karena tidak sanggup menahan beban berat, bukan?

Jadi pastikan rak susun kayu pilihan Anda dibuat dengan teknik yang benar sehingga menghasilkan produk yang kokoh dan kuat menahan beban berat.

6. Pilih rak susun kayu yang mudah dibersihkan

Tips terakhir dalam memilih rak susun kayu minimalis adalah pilih rak yang mudah dibersihkan. Dapur adalah tempat Anda mengolah makanan untuk disajikan pada keluarga tercinta, oleh karena itu kebersihan merupakan faktor sangat penting yang wajib diperhatikan saat menata dapur.

Pilih rak susun yang terbuat dari bahan kayu yang halus sehingga akan memudahkan Anda dalam membersihkannya. 

Itulah beberapa tips memilih rak susun kayu minimalis yang bisa Anda coba sebelum memutuskan rak mana yang akan Anda pilih. Selanjutnya di bawah ini ada berbagai inspirasi rak susun kayu minimalis yang siap membuat dapur Anda makin cantik. 

Inspirasi Rak Susun Kayu Minimalis yang Bikin Dapur Makin Cantik

Berbagai model rak susun kayu minimalis yang ada di pasaran bisa jadi membuat Anda bingung menentukan pilihan, bukan? Tak perlu bingung, berikut beberapa inspirasi rak susun kayu bergaya minimalis yang bisa jadi pilihan:

Rak susun kayu minimalis nuansa biru

rak susun kayu nuansa biru

Credit: brilio.net

Rak susun kayu minimalis berikut ini terlihat klasik namun balutan cat warna birunya cocok juga dipadukan dengan interior modern.

Jika ingin menambah kesan klasik dan elegan Anda bisa menambahkan tirai transparan pada rak susun kayu  ini. Tirai juga berfungsi agar peralatan makan yang Anda simpan tetap bersih. 

Rak susun kayu minimalis banyak tingkat

rak susun kayu minimalis bertingkat

Credit: brilio.net

Jika dapur Anda termasuk luas, Anda bisa menggunakan rak susun kayu minimalis yang satu ini. Rak susun kayu ini terdiri dari lima tingkat dengan ukuran yang cukup panjang. Sehingga Anda bisa menyimpan lebih banyak peralatan makan di dalamnya.

Rak susun kayu minimalis tempat bumbu

rak susun kayu minimalis untuk bumbu

Credit: brilio.net

Bagi Anda yang hobi masak pastinya butuh nih rak susun kayu seperti ini. Rak susun kayu minimalis ini didesain khusus untuk menyimpan aneka bumbu dapur kegemaran Anda.

Desain latar belakang kayu membuat rak susun ini terlihat sangat unik, bukan?

Rak susun kayu minimalis ukuran mungil

Rak susun kayu mungil

Credit: brilio.net

Pemilik dapur mungil memang harus kreatif dalam menata barang-barang agar selalu tampak rapi. Nah, Anda bisa gunakan rak susun kayu minimalis berukuran mungil seperti ini. Rak susun kayu ini dijamin tak akan menghabiskan banyak tempat.

Anda bisa memasangnya di sudut tembok ataupun di samping jendela dapur. Voila! Dapur Anda pun seketika jadi lebih rapi dan menarik dengan adanya rak susun kayu ini. 

Rak susun kayu minimalis nuansa modern klasik

Rak susun kayu minimalis modern

Credit: brilio.net

Kalau rak susun kayu minimalis yang satu ini, lebih cocok bagi Anda pemilik ruang dapur yang cukup luas. Rak susun kayu ini bisa Anda fungsikan untuk menata aneka bumbu dapur hingga koleksi peralatan makan. Dengan rak susun kayu terbuka seperti ini tampilan dapur jadi lebih atraktif. 

Rak susun kayu minimalis seperti apa yang jadi favoritmu? Yuk, manfaatkan rak susun kayu untuk membuat dapur Anda jadi lebih rapi dan cantik 🙂 

Referensi: brilio.net

Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Penulis Konten Website & Sosial Media Contact me at: arifah.abdulmajid@gmail.com

Continue Reading

Populer