Ekonomi

Produk UKM Indonesia, Go Global! (Smesco Digipreneurday)

Ekonomi digital menjadi salah satu isu penting dalam masyarakat Ekonomi ASEAN 2025. Presiden Jokowi dalam Special ASEAN-US Summit awal Februari 2016, menegaskan komitmen Indonesia, untuk memprioritaskan kerja sama UMKM dan teknologi di era ekonomi yang semakin mendigitalisasi.

Mengapa UMKM? Karena sektor ini terbukti ampuh menjadi penopang perek­­­­­­­­onomian negara di saat krisis mendera. Meski begitu, Presiden Jokowi mengakui, untuk melesatkan potensi UMKM ini, kerap kali menghadapi berbagai tantangan. Di antaranya, kualitas SDM dan manajemen, akses modal dan pendanaan alternatif, serta akses pasar global serta akses teknologi. Sementara di satu sisi, internet sudah demikian masif merayapi sendi kehidupan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini tembus ke angka lebih dari 80 juta orang. Hingga menobatkan Indonesia dalam peringkat kedelapan negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia.

Tentu saja, ini menjadi paradoks. Di tengah perkembangan internet yang melesat di negeri ini, rupanya UMKM kita masih terkendala akses informasi. Ya, ini memang menjadi tantangan yang harus disinergikan, khususnya kepada anak-anak muda yang notabene menjadi pemain terbesar internet.

Asosasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII, 2015) mencatat, 80 % pengguna internet di tahun 2015 adalah penduduk berusia remaja mulai dari  usia 15 – 19 tahun. Sebagian besar untuk aktivitas media sosial, dan facebook mengambil porsi terbesar (peringkat ke-4 dunia).

Fakta lain tentang gaya hidup dunia digital masyarakat Indonesia, menurut  riset Google bersama TNS Australia, disebutkan bahwa aktivitas internet melalui gadget banyak dilakukan untuk mengambil foto, pencarian informasi dan komunikasi. Dibandingkan dengan 8 negara yang diriset Google (Indonesia, Jepang, Australia, Taiwan, Hongkong, Korea, dan Singapura), pengguna gadget Indonesia didominasi aktivitas googling dan belanja online, disamping untuk hiburan dan travel.

Ini menjadi peluang yang harus kita gerakkan (drive) untuk memajukan UMKM Indonesia. Bagaimana promosi produk UMKM kita bisa lebih menyebar dan viral di ranah media sosial, seperti youtube, Instagram, Facebook, Pinterest, twitter dan blogging. Ekonomi digital sejatinya adalah bagaimana membuat segala sesuatu berjalan dengan penuh efisiensi waktu dan biaya, tetapi dampaknya dapat melompati hasil  maksimal (low cost, high impact).

Besarnya jumlah anak muda dan usia produktif masyarakat Indonesia saat ini, banyak dinilai sejumlah kalangan sebagai pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan dan diharapkan bisa membawa perubahan besar. Namun di sisi lain, jika tidak dikelola dengan baik, justru akan membuat Indonesia terpuruk, tertinggal dengan negara tetangga. Ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan segera.

Usia produktif senang mengeksplorasi dan kreatif demi eksistensi, dan dunia digital memberikan ruang yang sangat luas bagi generasi muda untuk eksplorasi. Makanya tak heran, saat ini bermunculan anak-anak muda kreatif yang menjalani profesi sebagai digitalpreneur. Mereka membuat content-content kreatif untuk game, ecommerce, musik, dan berbagai aplikasi yang membuat hidup manusia makin praktis.

Perkembangan digitalpreneur saat ini diharapkan dapat memberikan dampak besar terhadap perekonomian Indonesia. Seperti penciptaan lebih banyak lapangan kerja, masuknya investasi, meningkatkan pendapatan ekspor, dan sebagainya. Selain itu, digitalpreneur pun diharapkan tetap bisa menjaga identitas budaya nasional dengan menciptakan konten yang menarik, menghibur, mendidik, dan mencerdaskan.

Direktur Utama, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mengatakan, “Ada dua hal penting yang ingin kami kontribusikan. yaitu memajukan UKM dan UMKM dengan semangat digitalisasi, dan mengoptimalkan digitalpreneur untuk berkolaborasi memajukan UKM di pasar global”.

Smesco Rumahku sebagai laboratorium produk UKM berkualitas dan etalase pemasaran produk UKM, tertantang untuk menjadi yang terdepan dan kiblat bagi kemajuan UKM di tanah air. Karena itulah, Smesco Indonesia menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu promosi produk-produk UKM terpilih dari 34 paviliun Indonesia yang ada di Smesco Indonesia.

SmescoDigipreneuerDay : The Power of Content

Smesco DigipreneurDay merupakan bagian dari kegiatan sosialiasasi dan promosi produk UKM terpilih dari 34 paviliun yang ada di Smesco Rumahku. “Smesco Digipreneur diharapkan menjadi wadah sekaligus arena bagi para kalangan preneur di industri digital agar memiliki kepedulian terhadap produk hasil karya pengrajin yang ditampilkan  di Galeri Indonesia Wow – Smesco Rumahku”, ungkap Zabadi.

Kegiatan Smesco Digitalpreneur diselenggarakan di Galeri Indonesia Wow, Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, dirancang secara berseri, dengan bidang mencakup fotografi, video youtube, vlogger, blogger, netpreneur (SEO, internet marketeers), dan sejumlah marketeer digital lainnya.

Seri pertama, kami mengangkat tema “Exploring The Power of Content” yang dapat menentukan konversi di era digital yang kini makin masif pertumbuhannya. Menghadirkan sejumlah tokoh fotografer dan produksi content, seperti Ferry Ardianto (fotografer), Farchan Noor Rahman, copy writing dan blogger (Efenerr.com), dan Putra Agung (fotografer Instagram – TheFoodExplorer).

Peserta coaching clinic fotografer terdiri dari fotografer, pemain sosmed Instagram,  netizen-blogger dan pebisnis UKM yang ingin mempelajari lebih dalam tentang  fotografi produk untuk marketing di era digital.

Selama dua hari ini, berlangsung serangkaian kegiatan, di antaranya lomba fotografi yang dikoneksikan ke FB bertagar #SmescoDigipreneurDay, live tweet competition, dan sebagainya. Dimeriahkan pula dengan hadiah uang tunai, voucher dan bingkisan menarik lainnya.

Khusus di hari kedua, 20 April 2016, kami berkolaborasi dengan Bdigital menggelar talkshow bertema “Be Smart, Be Digital” yang menghadirkan pembicara :

  1. Jose Ricardo Santos (Co-Founder Bdigital: Online Business Builder for UKM
  2. Andi Silalahi (Digital Practitioner): The Winner of Google Awards Asia Tenggara tahun 2010
  3. Andi Wiryawan, UKM Business Owner (Carystyle.co.id)

Profil EO

MB Communication

Sejak 2013, MB Communication hadir menjadi bagian kegiatan promosi dan branding yang dilakukan sejumlah perusahaan dan pemerintahan (brand awareness and brand activation).

Sebagai agensi komunikasi dengan berbagai layanan jasa copywriting, konten, media relation dan digital me dia, MB Communication kerap bekerja sama dengan sejumlah perusahaan EO, kementerian dan swasta untuk menyukseskan penyelenggaraan suatu event. Salah satu kekuatan jasa brand awareness MB Communication adalah dengan pengoptimalan netizen dan blogger yang kini menjadi bagian penting kegiatan branding.

Indoblognet.com adalah bagian dari MB Communication, tempat dimana netizen dan blogger bisa eksis mengekspresikan karya dalam bentuk tulisan, foto, dan video.

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ah, siapa sih ya yang gak suka dikasih produk gratis, seperti hampers product, goodie bag, tester product, maupun jenis promotional products lainnya. Ini lebih menarik perhatian konsumen dibanding iklan produk di internet 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #hampers #goodiebag #testerproduct #iklan #produkgratis

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top