Opini

Politik Ala Jagongan Angkringan

Meminjam untaian kalimat dari sahabat saya, Cak Riomandha, antropolog militan yang hampir wisuda S-2.

Pulitik itu soal srawung, performa, dan sponsor iklan, asyik dan cihuy jika prosesnya menyenangkan.

Jagongan khas ala angkringan ini terkesan sok mekedel. Tapi kalau mau diresapi dan diresepi, tentu akan menimbulkan taste yang gimana gitu. Rasa nikmat yang hanya dapat dirasakan dengan penuh ikhlas oleh penikmatnya. Sebagaimana perokok lintingan yang merasakan kenikmatan lebih, dibandingkan menghisap cerutu. Padahal aslinya sih, urusannya dengan banderol. Hahaha…

Tapi benar lho. Perilaku berpolitik yang dilakukan oleh politikus tak lepas dari tiga (3) hal tersebut di atas. Politikus harus pandai srawung (bergaul). Jelas. Politikus tentu harus memiliki performa yang meyakinkan. Tentu saja. Politikus juga harus pandai-pandai mencari sponsor, agar dapat mengiklankan dirinya di hadapan khlayak. Wah, ini tak bisa ketinggalan tentu saja.

Mari kita coba uraikan satu per satu dengan kepala yang dingin dan hati yang riang!

Srawung

Siapapun yang mau terjun ke dunia politik, pastikan bahwa Anda bisa ngomong. Bisa bicara. Meskipun Anda tidak hobi untuk berbicara. Sebab akan terasa aneh saja saat Anda berkumpul dengan orang lain dan ingin menyampaikan visi misi, tapi Anda diam saja. Minimal, Anda tersenyum. Ucapkan ah, ih, uh, sambil sodorin beberapa slop rokok atau uang recehan. Wah, money politic itu.

Wani politik, ya harus moni to? Masak kumpul-kumpul atau mengumpulkan sejumlah orang hanya disuguhi angin? Yang benar saja. Minimal disuguh (dijamu) kopi atau teh, sambil ditemani pohung (ketela pohon) goreng. Atau kalau mau sedikit-dikit ngutang di bank, bisa ditambah dengan sepiring nasi soto atau nasi gudeg.

Dengan srawung, politikus bisa membuat apa saja. Mulai dari menambah jaringan calon pemilih atau jaringan bandar taruhan. Syukur-syukur bagi politikus yang lajang, bisa dapat jodoh dari pengagumnya. Lumayan kan? Meski nantinya tidak jadi anggota dewan atau petinggi partai, minimal sudah bisa jadi suami.

Performa

Kalau ini sih jelas. Meski tidak ganteng dan bodi atletis. Atau wajah tak cantik  dan bodi yang tak aduhai. Bila performa atau penampilan meyakinkan, orang lain pasti akan termehek-mehek juga. Tidak percaya? Coba cek anggotaa dewan yang terhormat itu. Apakah yang laki-laki penampilannya seperti Adjis Masaid (alm.) semuanya? Atau yang perempuan seperti Angelina Sondakh semua? Tidak bukan?

Sikap diri dan pembawaan (kewibawaan) dalam menghadapi lawan bicara tentu akan akan berpengaruh. Sampai-sampai untuk mendapatkan ‘aura’ kewibawaan, hal-hal yang tak masuk akal pun dilakukan. Berendam di sungai keramat, pasang susuk, merapal mantera atau jampi-jampi, sampai dengan melakukan tapa brata di hutan angker pun dilakukan. Tak kurang dan tak lebih, mereka dapat memperoleh wahyu ‘kawibawan’ tersebut. Orang-orang yang terlihat rasional ternyata amat tak rasional dalam praktiknya.

Oleh karena itu, sosok selebritis saat ini berlomba-lomba terjun ke dunia politik praktis. Baik itu mengejar target sebagai anggota dewan, petinggi partai, hingga kepala daerah (kabupaten/kota/provinsi). Satu faktor keunggulan yang sangat mempengaruhi karir politik mereka sudah dipegang. Sebab tanpa banyak mengeluarkan jurus dan strategi tampilan atau sosoknya sudah menorehkan ‘kesan mendalam’ pada diri calon pemilihnya.

Sponsor Iklan

Jangan kaget, jangan heran, dan jangan bingung. Menjelang pilihan apa saja, media konvensional (koran, radio, televisi), maupun media daring akan dipenuhi spot iklan.  Untuk urusan iklan, pastikan Anda tidak suka baperan. Lho, apa hubungannya? Nih contohnya. Bila Anda sedang asyik-asyiknya nonton sinetron anjal, eh Anak Jalanan maksudnya. Tiba-tiba nongkrong iklan wajah seseorang yang amat Anda benci. Apa tevenya langsung Anda lempar gawai. Nyesek kan?

Ini adalah salah satu jurus pamungkas bagi mereka yang berduit. Srawungnya kurang, performa apalagi. Untuk mendongkrak kedua faktor tersebut, maka banyak duit akhirnya harus sang politikus keluarkan untuk memperkenalkan dirinya ke khalayak. Bila perlu, media milik lawan politiknya pun akan disodori wajahnya. Tentu saja pakai duit yang tak sedikit lho.

Kebutuhan untuk beriklan kadang begitu tak rasional. Sehingga bagian sebagian politikus yang kurang modal (duit), dicarilah sponsor. Dari merekalah kekurangan biaya beriklan disokong. Tentu saja dengan imbal balik. Tidak gratis. Konsinyasinya sih jelas. Kalau sang tokoh tersebut jadi, maka harus ada ‘biaya’ atau ongkos politik yang harus dibayarkan.

Makanya, biar tak banyak keluar duit. Jadilah artis atau selebritis dulu. Jadi, kalau sudah terkenal, tak usah banyak ongkos untuk bayar iklan bukan? Bahkan, calon pemilih akan datang berduyun-duyun minta welfie atau tanda tangan kaos kampanye saat Anda datang. Asyik bukan?

Asyik dan Cihuy Jika Prosesnya Menyenangkan

Bangun…bangun… Anda mimpi ya, Bro?

 

 

 

Mas Nuz

Pecinta keluarga yang kadang suka nulis dan jalan-jalan.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Alhamdulillaah, Jum'at Mubarak 😍 Hari yang paling baik untuk melakukan amal kebaikan, termasuk beraktivitas yang bernilai ibadah 😉
.
Guys, ngomong-ngomong soal website nih ya, udah mobile responsive (mobile friendly) belum sih websitemu? 😎 Soalnya ini penting banget lho untuk diperhatikan
.
Berdasarkan survey, website yang gak mobile responsive bakal bikin pengunjung "gak jadi" mengunjungi websitemu 😆 Ya iyalahhh malesin kan ya kalau harus ribet dengan tampilan web saat kamu buka lewat hp 😅 Sementara saat ini, kebanyakan user menggunakan hp untuk mengakses internet, termasuk untuk membuka web..
.
Tuh guys, kalau kamu gak pengen web-mu sepi pengunjung gara-gara gak mobile responsive, buruan deh di upgrade supaya lebih mobile responsive 😁
.
#indoblognet #mbcommunication #jumatberkah #jumatmubarak #followme #tips #viral #website #survey

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top